Tes CPNS 2019 Pemkot Solo Dimulai, Wali Kota: Utamakan Kejujuran
Panitia tes CPNS 2019 melakukan pengamanan di Auditorium UNS Solo, Sabtu (1/2/2020). (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu).

Solopos.com, SOLO – Tes kompetensi dasar (TKD) calon aparatur sipil negara (ASN) formasi 2019 untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dimulai, Sabtu (1/2/2020) pagi di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Tes yang akan digelar hingga Selasa (4/2/2020) itu menggunakan sistem computer assisted test (CAT) atau berbasis komputer. Materi TKD meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Peserta tes yang nilainya di atas passing grade untuk seluruh materi berpeluang lolos dan mengikuti ujian selanjutnya yaitu tes kompetensi bidang (TKB). Peserta yang dinyatakan lolos maksimal tiga kali lipat dari jumlah formasi yang tersedia.

Gunungan Sampah Cemari Jl. Ring Road Mojosongo Solo

“Misalnya ada 100 formasi dan yang nilainya di atas passing grade 500 orang, berarti diambil 300 peserta terbaik,” tutur Deputi Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) BKN, Haryomo Dwi Putranto diwawancara wartawan di UNS Solo.

Sedangkan passing grade TWK yaitu 65, TIU 80, dan TKP 126. Haryomo menjelaskan, passing grade TKD dalam perekrutan CASN kali ini sudah diturunkan dibandingkan perekrutan sebelumnya. Dengan begitu diharapkan semua formasi terisi.

Tidak seperti saat perekrutan sebelumnya di mana tidak semua formasi CASN terisi. Tapi menurut dia penurunan passing grade tidak sampai mengurangi kualitas tes.

“Yang perekrutan CASN sebelumya kan tak semua formasi terisi,” imbuh dia.

Tabrak Loper Koran hingga Meninggal, Sopir di Semarang Parkirkan Truk Lalu Kabur

Haryomo menerangkan secara nasional formasi CASN 2019 yang dibuka sebanyak 197.111 dengan pendaftar lebih dari tiga juta orang. Untuk tes di UNS Solo akan diikuti pendaftar dari enam kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng).

Tes berlangsung selama 22 hari dengan bergantian per daerah dan diawali oleh Solo sebagai tuan rumah. Haryomo menilai persiapan yang dilakukan Solo terbilang yang terbaik dibandingkan belasan lokasi lain penyelenggara ujian CASN 2019.

“Saat ini adalah ujian untuk formasi 2019. Tes dilakukan saat ini karena kami lakukan penundaan karena ada Pilpres 2019. Kami tidak ingin terjadi kegaduhan saat itu [yang dapat mengganggu tahapan Pilpres],” urai dia.

Warga Demo Tolak Natuna Dijadikan Tempat Isolasi WNI dari China

Haryomo mengatakan pemerintah pusat akan kembali melakukan perekrutan CASN untuk formasi tahun 2020. Tapi kapan tahapan perekrutan dilakukan dan berapa formasi yang akan diberikan kepada daerah belum diputuskan pusat.

“Yang tidak lolos seleksi formasi 2019 bisa melamar kembali sepanjang memenuhi syarat. Salah satunya usia,” terang dia.

Sementara itu Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, melalui Sekda Solo, Ahyani, meminta para peserta mengutamakan kejujuran. Sebab kejujuran merupakan modal penting seorang ASN.

“Manfaatkan tes ini sebaik-baiknya dan utamakan kejujuran. Bila tahap awal sudah tidak jujur, maka akan berdampak buruk terhadap aspek kinerja di masa mendatang,” tutur dia.

Kematian Lina Mantan Istri Sule Dipastikan karena Sakit, Begini Komentar Rizky Febian

Sedangkan Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPD Solo, Lisino Soares mengatakan formasi CPNS Pemkot Solo 2019 yang diberikan pemerintah pusat hanya 407.

Tapi pendaftar yang ikut tes CAT jumlahnya 8.373 orang. Sebanyak 407 formasi terdiri 137 posisi guru, 135 tenaga kesehatan dan 125 tenaga teknis.

“Tahun 2020 kami sudah diminta untuk mengajukan lagi permohonan formasi CASN. Rencana kami usulkan total kekurangan ASN Solo,” urai dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho