SOLOPOS.COM - Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar di Balai Kota Solo, Kamis (20/10/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo dipilih menjadi lokasi event Youth 20 atau Y20 Indonesia 2022 untuk mendiseminasikan hasil KTT Y20 di Jakarta dan Bandung pada Juli lalu. Salah satu alasannya karena kepala daerah Solo, yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, tergolong muda.

Hal itu disampaikan Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar kepada wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (20/10/2022). Kegiatan bertajuk Gaung Muda Indonesia Y20 Indonesia 2022 itu bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober dan rencananya berlangsung tiga hari.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Adapun hasil KTT Y20 Presidensi G20 Indonesia berfokus pada empat isu, yakni planet yang berkelanjutan dan layak huni, ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, dan keberagaman dan inklusi.

“Kami sudah membikin acara di Jakarta, Bandung, dan kami akan membuat acara di Jateng. Di Jateng dari kota-kota yang kami lihat, Kota Solo menarik karena pemimpinnya muda,” kata Michael mengenai alasan memilih Solo untuk lokasi Y20 Indonesia 2022.

“Mas Gibran merupakan tokoh muda yang sangat  relevan dengan Youth 20 Indonesia. Kami mendorong pemuda berani menjadi pemimpin di daerah masing-masing dan punya gagasan yang bisa diwujudkan,” lanjutnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, dan Sandiaga Uno akan Hadiri Youth 20 di Solo

Dia berharap kegiatan itu menjadi momentum para anak muda memikirkan kembali negara yang telah merdeka. Indonesia yang menjadi Presidensi G20 harus membangkitkan kepercayaan diri anak muda menjadi pemimpin dunia.

“Pemuda Indonesia jangan puas menjadi pemimpin di daerahnya saja. Tentu itu langkah yang baik namun bersiap menjadi pemimpin nasional dan global karena telah dilakukan Presiden Jokowi dengan Presidensi G20,” imbuhnya.

Pemaparan Ide dan Gagasan Peserta Y20

Dia menjelaskan menyelenggarakan sejumlah kegiatan Y20 Indonesia 2022 di berbagai daerah di Indonesia namun kegiatan terbesar dilakukan di Kota Solo. Para peserta yang akan memaparkan ide atau gagasan telah melewati seleksi yang ketat.

Baca Juga: Y20 Harus Mendorong Kolaborasi Banyak Pihak Mewujudkan Transisi Energi

“Kami meminta para peserta mengambil bagian poin kesepakatan KTT Y20 Indonesia. Para pemuda mesti menerjemahkan, ide besar itu kan abstrak. Para peserta dengan gagasannya harus dibuat jadi relevan bagi masyarakat,” ungkapnya.

Rangkaian acara dimulai 28 Oktober 2022 dengan mengumpulkan 10.000 pelajar di Stadion Manahan Solo. Penyelenggara menyampaikan  kesepakatan Y20 Indonesia 2022. Acara disiarkan langsung melalui RRI seluruh Indonesia.

Kegiatan berikutnya merupakan pemaparan ide dari para pemuda terpilih mengenai implementasi kebijakan dari KTT Y20 Indonesia di Solo. Menurut Michael, sejumlah panelis dihadirkan, di antaranya Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Baca Juga: Solopos Goes to Campus Bagi Tips Manfaatkan Dunia Digital Khusus Anak Muda

Selanjutnya ada acara seremonial makan malam di Pura Mangkunegaran yang bakal dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kepala Bersama Divisi Program dan Event Y20 Indonesia Rana Baswedan menjelaskan selain tiga kegiatan itu, rangkaian kegiatan berupa communiqué  journey di Balai Kota Solo sampai 30 Oktober 2022.

Y20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog. Y20 mendorong para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya