SOLOPOS.COM - Toyota 2000GT (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA-Yamaha yang dikenal utamanya sebagai produsen kendaraan roda dua ternyata pernah mengembangkan mobil.

Yamaha pernah bekerja sama dengan pabrikan mobil terkenal seperti Toyota, Volvo, hingga Ford untuk merancang mobil. Meskipun beberapa mobil yang dirancang Yamaha tak berhasil diterima dengan baik oleh pasar, beberapa mobil yang lain justru jadi koleksi yang harganya makin hari makin mahal. Di antaranya ada Lexus LFA hingga Volvo XC90 V8.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Dilansir dari Carthrottle berikut deretan mobil yang pernah dirancang Yamaha.

1. Lexus LFA

Lexus adalah merek milik Toyota untuk menjangkau pasar Barat yang pernah bekerjasama dengan Yamaha untuk mengembangkan Lexus LFA. Mobil yang hanya diproduksi sebanyak 500 unit ini seluruh mesin hingga kepala silinder untuk N/A V8 Lexus IS-F dirancang oleh Yamaha.

Disebut-sebut mesin V10 4,8 liter racikan Yamaha ini merupakan salah satu mesin mobil jalanan terbaik yang pernah dibuat. Di samping itu keunggulan dari V10 mempunyai suara yang terdengar lebih merdu, banyak yang menyebut suaranya seperti lengkingan malaikat.

2. Toyota Altezza RS200

Jauh hari sebelum mengerjakan proyek IS-F dan LFA, Toyota dan Yamaha sudah mempunyai sejarah yang panjang dalam mengembangkan mobil. Di antaranya mesin 3S-GE inline-four yang dikembangkan bersama oleh Yamaha, yang muncul di Celica, MR2, Rav4 dan bahkan Altezza RS200. Yang menarik dari semua rancangan Yamaha itu adalah Altezza RS200 bermesin 3S-GE itu.

Altezza RS200 merupakan satu-satunya mobil yang dilengkapi dengan unit 3S-GE generasi kelima dan terakhir. Kemudian disebut sebagai BEAMS atau ‘Breakthrough Engine with Advanced Mechanism System’. BEAMS memiliki sistem timing katup variabel, katup titanium, dan tanda tenaga puncak 7600rpm, di mana 207bhp dikirim ke roda belakang.

3. Volvo XC90 V8

V8 Volvo terkenal karena dua alasan utama. Pertama dirancang khusus untuk dipasang melintang, dan kedua, Volvo tidak benar-benar membuatnya – karena rancangan dan produksi dikerjakan oleh Yamaha. Volvo telah memutuskan bahwa XC90 asli benar-benar membutuhkan V8 agar kendaraan tersebut memiliki celah yang tepat di pasar SUV AS, tetapi pabrikan Swedia tidak memiliki banyak pengalaman di bidang ini.

Membeli mesin yang sudah ada dari sumber lain juga tidak akan berhasil, karena delapan banger konvensional akan memakan zona crumple depan XC90. Sebaliknya, Volvo meminta Yamaha untuk mengembangkannya dengan persyaratan yang ketat, dan lahirlah ‘B8444S’. M Mesin yang muncul dari usaha patungan ini sangat kompak, dengan sudut bank silinder sempit 60 derajat daripada 90 derajat yang biasa.

Blok dilemparkan dengan tunggangan pemasangan untuk pendukung sehingga braket penyedot ruang tidak diperlukan, dan bahkan Yamaha mengimbangi bank silinder dengan setengah silinder untuk meningkatkan kesesuaian di ruang mesin XC90. BACA JUGA

Mesin tersebut juga digunakan di S90, sebelum dihentikan pada tahun 2010. Versi yang dimodifikasi besar-besaran akhirnya dipasang di tengah supercar Noble M600.

4. Ford Taurus SH

Ford mengalihkan perhatianya ke Yamaha untuk memastikan ‘Super High Output’ dari Taurus ini tergarap, dan apa yang dibuat oleh perusahaan Jepang itu sangat istimewa. Mesin V6 3.0 liter akan berputar hingga 7300rpm (tetapi ternyata mampu melampaui 8000), dan menghasilkan 220bhp – jumlah tenaga yang tidak masuk akal untuk mesin sebesar itu pada saat itu.

Faktanya, lompatan Taurus ini menyamai dan melampaui keluaran beberapa V8 Foxbody Mustang pada zaman itu. Mesin ini juga dipakai generasi kedua Taurus SHO pada tahun 1992, kemudian diturunkan untuk mobil generasi ketiga 96-on yang mendukung V8 3,4 liter yang dibuat dari blok Cosworth dengan kepala silinder yang berasal dari Yamaha.

5. Toyota 2000GT

Toyota 2000GT melibatkan lebih dari sekadar desain kepala silinder atau bahkan keseluruhan mesin yang dirancang Yamaha. Ada dugaan yang menyebutkan 2000GT ini sebetulnya merupakan proyek Yamaha bersama Nissan.

Namun kesepakatan mereka berakhir, hingga Yamaha beralih ke Toyota untuk mewujudkan impian mobil sport itu. Ingin melepaskan citra yang membosankan, Toyota setuju untuk bergabung, memberikan keleluasaan terhadap Yamaha untuk mengerjakan proyek 2000GT. Hingga akhirnya bentuknya ditulis oleh Satoru Nozaki dari Toyota, tetapi Yamaha memainkan peran utama dalam merancang, merekayasa, dan memproduksi mobil tersebut, menghasilkan 351 contoh selama tiga tahun.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “5 Mobil Ini Ternyata Dikembangkan Yamaha”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya