Kategori: Solo

Tempat Wisata Solo Buka Saat Lebaran, Orang Luar Soloraya Bawa SIKM Tetap Dilarang


Solopos.com/Mariyana Ricky P.D

Solopos.com, SOLO -- Selain tetap mengizinkan mudik lokal, Pemkot Solo juga membolehkan tempat wisata buka saat Lebaran. Namun demikian, Pemkot tetap memberlakukan sejumlah pembatasan bagi orang yang ingin berwisata ke Solo.

Salah satu pembatasan itu yakni hanya warga Soloraya yang boleh berkunjung ke objek wisata tersebut. Warga luar Soloraya tidak diizinkan berwisata ke Solo meski membawa surat izin keluar masuk atau SIKM. Apalagi jika daerah asal wisatawan itu masuk zona merah risiko Covid-19.

“Orang Jakarta dan luar Jawa ke sini pakai SIKM buat piknik atau pariwisata, itu enggak boleh. Kalau orang Soloraya silakan,” jelas Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan di Balai Kota Solo, Jumat (6/5/2021).

Baca Juga: Tetap Bolehkan Mudik Lokal Soloraya, Ini Pertimbangan Wali Kota Solo Gibran

Tempat wisata Kota Solo yang bakal tetap buka selama libur Lebaran antara lain Taman Balekambang dan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Gibran menegaskan pelaku perjalanan wisata berbekal SIKM dari zona merah bakal tetap dilarang.

Jumlah Pengunjung Diatur

Ia meminta SIKM hanya dimanfaatkan untuk perjalanan penting dan mendesak. Perjalanan penting dimaksud seperti melayat keluarga inti yang meninggal, melahirkan, perjalanan dinas yang mendesak, dan sejenisnya.

Baca Juga: 5 Pemudik Asal Tangerang Lolos Penyekatan Masuk Solo, 2 Orang Positif Covid-19

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengaku bakal meningkatkan pengawasan terhadap objek-objek wisata yang buka selama Lebaran. Jumlah pengunjungnya pun telah diatur agar tak lebih dari 50 persen dari total daya tampung.

Selain itu, destinasi wisata diizinkan buka asal tidak menggelar kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Salah satunya, acara Syawalan di Taman Satwa Taru Jurug. "Syawalan tidak boleh. Wisata yang reguler saja yang boleh," ungkapnya.

Baca Juga: Sidak, Legislator DPRD Solo Temukan Sederet Masalah Ini Di Pasar Klewer Solo

Sebagaimana diinformasikan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengambil kebijakan membolehkan tempat wisata buka saat Lebaran. Selain itu, berbeda dengan keputusan pemerintah pusat, Gibran juga tidak melarang mudik lokal Soloraya.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih