Sidak, Legislator DPRD Solo Temukan Sederet Masalah Ini Di Pasar Klewer Solo

Wakil Ketua DPRD Solo Sugeng Riyanto mengidentifikasi sejumlah masalah yang membuat kondisi Pasar Klewer sepi dan memprihatinkan.

 Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Sugeng Riyanto (kanan), berbincang dengan pedagang saat inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Klewer, Solo, Rabu (5/5/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua DPRD Kota Solo, Sugeng Riyanto (kanan), berbincang dengan pedagang saat inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Klewer, Solo, Rabu (5/5/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Wakil Ketua DPRD Solo dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Sugeng Riyanto, menemukan sejumlah masalah yang membuat kondisi Pasar Klewer Solo memprihatinkan saat inspeksi mendadak, Rabu (5/5/2021).

Salah satu masalah tersebut adalah keberadaan pedagang di luar area pasar yang membuat para pembeli memilih tidak masuk area pasar. Akibatnya, kondisi di dalam pasar sepi pembeli.

“Ada banyak persoalan saya tangkap. Salah satunya pengunjung yang semestinya masuk Klewer sudah diadang pedagang-pedagang di luar pasar,” ujarnya kepada Solopos.com, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Waduh! Legislator DPRD Solo Sebut Pasar Klewer Memprihatinkan Dan Terancam Mati

Terkait masalah pedagang yang berjualan di luar area Pasar Klewer, Solo, Sugeng tidak adanya langkah sistematis dari Pemkot untuk menyelesaikannya. Masalah pedagang di luar pasar itu sudah berlangsung bertahun-tahun.

Pemkot melalui Satpol PP sebenarnya juga sudah berkali-kali melakukan pemantauan dan razia dan beberapa kali pula memberi sanksi kepada pedagang itu. Namun, hingga kini masalah itu belum juga tuntas.

"Kegiatan penertiban pedagang yang dilakukan Satpol PP Solo bersama instansi terkait belum efektif. Kalau seperti ini Klewer tinggal menunggu ajal saja," ujar Sugeng.

Baca Juga: 7 KA Ini Siap Melayani Perjalanan Mendesak Dari Solo Selama Larangan Mudik

Kondisi Bangunan

Masalah lain yang membuat Pasar Klewer Solo lesu, menurut Sugeng, terkait kondisi bangunan terutama di sisi utara dan selatan. Setiap turun hujan, tempias air masuk ke dalam gedung dan membasahi kios.

Para pedagang juga mengeluhkan sinyal Internet di dalam pasar yang ternyata lemah sehingga mereka kesulitan berjualan online. "Semestinya Dinas Kominfo kan bisa tampil berperan di sini, membantu sinyal agar bisa dimanfaatkan,” kata Sugeng.

Sebagaimana diinformasikan, momentum Ramadan atau menjelang Lebaran mestinya menjadi masa panen bagi para pedagang Pasar Klewer. Penjualan kain dan pakaian jadi biasanya akan meningkat tajam menjelang Lebaran.

Baca Juga: Solo Ternyata Punya Linmas Pariwisata Loh, Apa Saja Tugasnya?

Namun, menjelang Lebaran tahun ini, kondisinya berbanding terbalik. Bukannya ramai pembeli, dagangan mereka justru jarang laku. Masalah di Pasar Klewer Solo yang merupakan pasar kain terbesar di Jawa Tengah ini sudah terjadi beberapa bulan terakhir. Sejumlah pedagang di lantai atas pasar tersebut mengaku tidak bisa berbuat banyak dengan kondisi itu.

“Satu kata dari saya, prihatin. Saya dari kantor menuju ke sini membayangkan akan menyaksikan istilahnya bagi petani itu panen raya, momentum sepekan sebelum Lebaran. Tapi saya masih bertemu ibu-ibu sembilan hari belum laku,” terang Sugeng Riyanto.

Politikus PKS itu mengatakan berdasarkan sidak yang ia lakukan bersama rekannya dari Fraksi PKS Abdul Ghofar Ismail dan pengurus Himpunan Pedagang Pasar Klewer, itu ada pedagang yang hanya bisa jual satu potong baju dalam sepekan.


Berita Terkait

Berita Terkini

Muncul Klaster Covid-19 di Sekolah Solo, Tes Acak bakal Diperluas

Satgas Penanganan Covid-19 Solo bakal memperluas tes acak di sekolah lain yang menyelenggarakan PTM untuk antisipasi dini klaster penularan virus corona.

Peringatan Maulid Nabi ala SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen

Siswa SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menulis sosok kisah Nabi Muhammad dan akan membukukan karya murid tersebut.

Tak Ada Temuan Siswa Positif Covid-19 saat PTM di Sragen

Disdikbud Sragen mengusulkan menambah durasi jam pelajaran untuk PTM yang semula tiga jam menjadi empat jam/hari untuk mengejar ketertinggalan materi.

Keren, STT Warga Vaksinasi Ribuan Warga Sukoharjo

STT Warga mendapat apresiasi dari Polres Sukoharjo karena membantu percepatan vaksinasi Covid-19, tidak hanya warga kampus tapi juga masyarakat umum.

Pemkab Wonogiri Atur Strategi Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Akhir Tahun

Selain masalah kesehatan, Pemkab Wonogiri perlu memperhatikan aspek ekonomi, pendidikan, budaya, dan sosial.

Event Pameran Dongkrak Transaksi Solo Great Sale 2021

Penyelenggaraan event pameran seperti Ekraf Mart 2021 dan BUMN-UMKM Great Sale 2021 turut mendongkrak transaksi Solo Great Sale.

PTM SMA/SMK di Wonogiri Pedomani Prosedur Provinsi

Di Kabupaten Wonogiri ada empat SMA yang sudah pernah menggelar uji coba, yakni SMAN 1-3 Wonogiri dan SMAN 1 Wuryantoro.

Rock in Solo Digelar Indoor, Down for Life Dipastikan Tampil

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan event Rock In Solo 2021 akan digelar Indoor namun masih merahasikan lokasinya.

Ketemu Atta Halilintar Seusai Laga PSG Pati Vs PSIM, Gibran Bilang Gini

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ketemu Atta Halilintar seusai pertandingan AHHA PS Pati vs PSIM Jogja di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Ingin Toilet Umum Sebersih di Hotel, Ini Langkah The Sunan Hotel Solo

Toilet umum seringkali menjadi titik lemah dari kawasan pariwisata. Padahal toilet memiliki pengaruh yang cukup besar bagi citra pariwisata daerah.

Muncul Klaster Covid-19, Aturan PTM di Sekolah Solo Berubah?

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru tentang PPKM level 2 yang berlangsung mulai 19 Oktober hingga 1 November, aturan PTM berubah?

Bos Arisan Online asal Mojolaban Sempat Ngumpet di DIY Sebelum Terciduk

Ibu rumah tangga asal Cangkol, Mojolaban, Sukoharjo, yang menjadi pelaku penipuan berkedok arisan online sempat sembunyi di Sleman, DIY.

AHHA PS Pati Kalah Lagi, Reaksi Atta Halilintar di Luar Dugaan

Klub AHHA PS Pati atau PSG Pati kembali menelan kekalahan melawan PSIM Jogja dalam laga lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Selasa.

Polisi Wonogiri pun Dilatih Berkendara yang Aman

Polisi yang sudah dilatih diminta melatih warga di wilayah tugas masing-masing untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

Klaten Hari Ini: 19 Oktober 2013, Diler Terbakar, 13 Motor Hangus

Delapan tahun lalu, 13 sepeda motor hangus dalam insiden kebakaran sebuah diler yang ada di Sutran, Bolali, Wonosari, Klaten ludes dilalap api, Jumat (18/10/2013) malam.