Tempat Isoman Terpusat di Klaten Terisi Tapi Belum Maksimal, Polisi Siap-Siap Jemput Pasien Covid-19

Hasil inventarisi jumlah keterisian isoman terpusat di Klaten hingga Kamis (22/7/2021), dari 913 kapasitas tempat tidur baru terisi 128 orang.

 GOR Gelarsena Klaten sudah dilengkapi bilik untuk tempat tidur pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (15/7/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

SOLOPOS.COM - GOR Gelarsena Klaten sudah dilengkapi bilik untuk tempat tidur pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (15/7/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – -Sejumlah tempat isolasi mandiri (isoman) terpusat di tingkat kabupaten dan kecamatan di Klaten, Jawa Tengah, mulai terisi sejak Kamis (22/7/2021). Jumlah keterisian paling banyak berada di GOR Gelarsena Klaten tapi juga belum maksimal.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, di GOR Gelarsena Klaten yang memiliki kapasitas 101 tempat tidur baru diisi 19 orang. Selanjutnya di Panti Semedi Klaten Utara yang memiliki 35 tempat tidur baru diisi 10 orang. Sedangkan di Edotel Klaten yang memiliki 28 tempat tidur baru diisi 10 orang.

Jumlah keterisian di tempat isoman terpusat tingkat kecamatan dinilai juga belum maksimal. Di antaranya di Klaten Utara yang memiliki 25 tempat tidur baru terisi lima orang.

Baca juga: Warga Positif Covid-19 Mulai Berdatangan Ke GOR Gelarsena Klaten

Di Klaten Tengah dengan 30 tempat tidur baru terisi dua orang. Belum maksimalnya keterisian tempat isoman terpusat di tingkat kecamatan juga terjadi di kecamatan lainnya di Klaten. Total kecamatan di Klaten mencapai 26 kecamatan.

“Hasil inventarisi jumlah keterisian isoman tepusat di Klaten hingga, Kamis (22/7/2021), dari 913 kapasitas tempat tidur [di berbagai daerah di Klaten], baru terisi 128 orang. Jumlah yang belum terisi mencapai 785 tempat tidur,” kata Tim Ahli Satgas PP Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito, kepada Solopos.com, Jumat (23/7/2021).

Penataan Kendaraan

Terpisah, jajaran Polres Klaten langsung menggelar apel di halaman mapolres setempat, Jumat (23/7/2021). Aparat polisi di Klaten telah bersiap-siap melakukan instruksi kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi yang memberlakukan manajemen kontingensi di Kabupaten Bersinar.

“Persiapan apel penjemputan pasien Covid-19 di depan Mapolres Klaten. Ini baru penataan kendaraan. Apel dipimpin kapolres Klaten,” kata Kasubaghumas Polres Klaten, Iptu Nahrowi.

Baca juga: Mulai Besok, Warga Klaten Terpapar Covid-19 Dijemput ke Tempat Isolasi Terpusat

Sebagaimana diketahui, duet Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen Rudianto bakal memimpin manajemen kontingensi guna menekan ledakan kasus Covid-19 di Klaten, Jumat (23/7/2021).

Langkah itu diambil menyusul bakal diberlakukannya opsi penjemputan ke sejumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 agar bersedia menempati tempat isolasi mandiri terpusat di tingkat provinsi hingga desa.

“Kami akan kumpulkan dan obati [warga terpapar virus corona di tempat isoman terpusat]. Dalam dua pekan semoga sembuh. Enggak usah takut,” kata Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat ditemui wartawan di Mapolres Klaten, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Klaten Masuk PPKM Level 4, Ketentuan Pembatasan Ini Berlaku hingga 25 Juli 2021

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan di Kabupaten Bersinar masih terdapat penambahan 427 kasus Covid dalam sehari, Kamis.

Di sisi lain, terdapat 428 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan penambahan 62 kasus kematian karena terpapar virus corona.

“Jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 25.899 kasus. Sebanyak 4.658 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 19.526 orang dinyatakan sembuh. Sebanyak 1.715 orang telah meninggal dunia,” kata Cahyono Widodo.


Berita Terkait

Berita Terkini

Mi Seblak Ada di Tambongwetan Klaten, Rasa Kencurnya Menggugah Selera

Mi seblak bikinan Teh Nita dinilai sangat kuat dengan citarasa ala Jawa Barat (Jabar), yakni kuat dengan resep kencurnya.

Boyolali Genjot Vaksinasi Pelajar, Berharap PTM Digelar Penuh

Cakupan vaksinasi di Kabupaten Boyolali berdasarkan data kartu tanda penduduk (KTP) mencapai 80,14 persen.

DLH Boyolali Dorong Penanganan Sampah Rampung di RT

RT bisa mengelola sampah melalui bank sampah atau membikin galian kecil yang biasa disebut jugangan untuk menampung sampah organik.

9.000 PKL dan Warung di Wonogiri Dapat Bantuan Rp10,8 Miliar

Polres Wonogiri dan Kodim 0728/Wonogiri menjamin penyaluran bantuan senilai Rp1,2 juta/penerima itu tepat sasaran.

Dana Insentif Pemkot Solo Anjlok, dari Rp78 Miliar Jadi Rp21 Miliar

Dana insentif daerah (DID) yang diterima Pemkot Solo sebagai bentuk penghargaan atas raihan opini WTP tahun ini malah anjlok drastis.

Anggota Tikus Pithi Se-Jawa Dilatih Jurnalistik oleh Solopos Institute

Puluhan anggota Tikus Pithi Hanata Baris dari sejumlah wilayah di Jawa mengikuti pelatihan jurnalistik bersama Solopos Institute di Solo.

Kebakaran di Klandungan Sragen Menimpa Dapur Rumah Warga

Kebakaran yang terjadi di Desa Klandungan, Kecamatan Ngrampal Sragen, menimpa dapur warga yang berdekatan dengan lokasi penyimpanan jerami. Kerugian ditaksir Rp10 juta.

SGS 2021 Jadi Harapan Pusat Perbelanjaan Solo untuk Dongkrak Transaksi

Pengelola pusat perbelanjaan di Kota Solo sangat berharap para event Solo Great Sale atau SGS 2021 bisa mendongkrak jumlah kunjungan dan transaksi di mal.

Peralihan Musim, BMKG Jateng: Waspadai Puting Beliung di Soloraya!

BMKG Jateng mengimbau warga wilayah Soloraya termasuk Sukoharjo untuk mewaspadai potensi bencana angin kencang saat peralihan musim kemarau penghujan.

Picu Kerumunan, Padang Rumput Tegalharjo Wonogiri Ditutup

Padang rumput luas di wilayah Desa Tegalharjo ini ramai dikunjungi warga setelah viral di media sosial Instagram.

Hujan Abu Tipis di Selo Boyolali, Aktivitas Warga Tetap Normal

Gunung Merapi mengeluarkan awan panas pada Selasa malam pukul 19.41 dan 19.48 WIB.

11 Siswanya Terpapar Covid-19, Ini Penjelasan Kepala SMPN 8 Solo

Klaster penularan Covid-19 di sekolah yang menggelar PTM di Solo meluas ke jenjang SMP, yakni SMPN 8 dan SMPN 4 dengan total 12 siswa positif.

Tangkarkan Benih Padi, Pria Asal Kajen Klaten Raup Omzet Rp1 M/Tahun

Dalam setahun, omzet yang diperoleh Suwono, 70, bisa mencapai Rp1 miliar dengan pendapatan bersih sekitar Rp500 juta.

Awas Nabrak Lur! Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Depan TSTJ Solo

Warga berharap tiang listrik di tengah jalan depan objek TSTJ, Jebres, Solo, bisa digeser ke tepi jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Wagub Jateng Dorong Adanya Wisata Halal di Tawangmangu, Ini Maksudnya

Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendorong wisata halal di Tawangmangu untuk membidik wisatawan dari negara muslim.