Tutup Iklan
Tegur Bupati Brebes Hadiri Gowes Massal, Ganjar: Mending Tes Covid-19 Massal
Gubenur Jateng Ganjar Pranowo (Instagram—Ganjar_pranowo)

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menegur Bupati Brebes, Idza Priyanti, yang tidak mengindahkan protokol pencegahan Covid-19 saat menghadiri acara gowes massal di Kecamatan Tonjong, Minggu (12/7/2020).

Terlebih lagi saat ini kondisi Jawa Tengah (Jateng), termasuk Brebes belum bisa dikatakan aman dari wabah virus corona atau Covid-19.

“Barusan saya dilapori teman-teman di Brebes, ada masyarakat dan kades yang lapor saya. Langsung saya lihat berita dan videonya. Lho, Itu kan berbahaya,” kata Ganjar, Minggu (12/7/2020).

Senin Besok Objek Wisata Pura Mangkunegaran Dibuka Lagi, Ini Harga Tiketnya

Ganjar pun meminta Bupati Brebes untuk tidak menggelar acara massal dulu. Hal itu dikarenakan persebaran kasus positif Covid-19 masih fluktuatif. “Ini kan di Jawa masih berkembang [Covid-19]. Hampir semua titik di Jateng, Jabar, Jatim, dan DIY juga masih terjadi. Maka ayo kita punya sense soal itu,” imbuhnya.

Tes Covid-19

Daripada menggelar acara yang mengundang kerumunan massa, Ganjar meminta Bupati Brebes untuk memperbanyak pemeriksaan Covid-19 secara massal, baik melalui rapid test maupun PCR test.

“Testing-testing massal ini sebenarnya aktivitas yang didorong. Saya minta coba lakukan tes masif dulu di seluruh wilayah Brebes agar mengetahui petanya seperti apa. Menurut saya itu jauh lebih baik,” tegasnya.

Apabila Brebes sudah melakukan tes masif seperti Kota Semarang, maka akan diketahui bagaimana kondisinya. Apakah Brebes masuk zona merah, kuning atau hijau, bisa diketahui.

“Dengan cara itu, maka kita bisa mengetahui kondisi sebenarnya. Kalau mau ada event, ya dipilih mana yang hijau, kecamatan mana, desa mana, yang boleh ikut siapa, protokol kesehatannya seperti apa. Untuk mengetahui mana-mana daerah merah, kuning hijau itu hanya bisa melalui tes massal,” ujar Ganjar.

Pelonggaran Ekonomi Sukoharjo Gagal Bendung Gelombang PHK, Sudah 5.204 Buruh Jadi Korban

Sebelumnya, Bupati Brebes, Idza Priyanti menghadiri acara gowes bersama di Kecamatan Tonjong. Acara yang dihelat di salah satu lapangan dengan hiburan dangdut itu dihadiri ribuan orang.

Namun, acara yang sejatinya digelar untuk menyambut tatanan kehidupan baru atau new normal itu jauh dari penerapan protokol pencegahan Covid-19. Dari foto dan video yang beredar di media sosial, banyak warga yang hadir tidak memakai masker maupun menerapkan physical distancing.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho