Tutup Iklan
Senin Besok Objek Wisata Pura Mangkunegaran Dibuka Lagi, Ini Harga Tiketnya
Objek wisata Museum Pur Mangkunegaran Solo. (Solopos/Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO – Objek wisata andalan Kota Solo Pura Mangkunegaran kembali dibuka untuk umum pada Senin (13/7/2020). Ada sederet peraturan baru yang wajib ditaati pengunjung sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang berlaku.

Abdi Dalem Pariwisata Pura Mangkunegaran Solo, Joko Pramudyo, mengatakan objek wisata itu ditutup sejak 18 Maret 2020 lalu akibat pandemi Covid-19. Pihaknya kemudian melakukan simulasi penerimaan wisatawan dengan protokol kesehatan yang didukung oleh rekan-rekan Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Solo pada Sabtu (11/7/2020).

25 Dokter Residen UNS Solo di RS Moewardi Positif Covid-19 Tanpa Gejala

“Sebelum dibuka Senin, kami sudah kirim surat kepada Wali Kota Solo dan Dinas Pariwisata Kota Solo terkait rencana pembukaan ini. Beberapa waktu lalu Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sudah datang ke sini untuk mengecek sarana prasarana sehingga diperbolehkan untuk dibuka kembali,” katanya, saat ditemui wartawan.

Joko menjelaskan pada pelaksanaannya nanti pengelola mengedepankan protokol kesehatan agar wisatawan tetap aman dan nyaman saat berkunjung ke Mangkunegaran. Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dimaksud adalah berlaku pembatasan jumlah pengunjung.

Aktor Legend Bollywood Amitabh Bachchan Positif Covid-19

Jika biasanya satu pemandu wisata bisa membawa 40-50 wisatawan. Kini satu pemandu maksimal hanya boleh membawa 10 wisatawan. Anak-anak di bawah usia 15 tahun, ibu hamil, dan manula dilarang memasuki kawasan wisata.

Pengunjung juga wajib memakai masker dan melakukan cek suhu sebelum masuk area wisata. Pengelola menyediakan bak cuci tangan di bagian depan. Sementara bagi pengelola khususnya pemandu wisata wajib mengenakan masker, face shield, hingga sarung tangan.

Asli Sragen dan Berdarah Seniman, Ini Sosok Thathit Paksi Penabuh Gendangnya Dory Harsa

Tiket dan Jam Operasional

Adapun jam operasional wisata Pura Mangkunegaran Solo seperti biasa, yakni pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, kecuali Kamis pukul 08.00 WIB – 14.30 WIB. Sementara sebagai sosialisasi awal, tiket berlaku harga lama Rp10.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp20.000/orang untuk wisatawan mancanegara.

Titik yang boleh dikunjungi para tamu di Mangkunegaran juga dikurangi.  Para wisatawan tidak diperkenankan memasuki ruangan Dalem Ageng. Tetapi pintu tengah dibuka sehingga pengunjung bisa melihat dari luar atau dari Paringgitan.

Selain itu, para pengunjung juga tidak boleh mengambil foto di tempat ini karena cahaya foto (flash) bisa mempercepat proses pelapukan dari benda koleksi serta demi keamanan. Maka sekarang rutenya adalah Pendapa Ageng, Paringgitan, Bale Warni, Taman Bale Warni, Pracimoyoso, dan ruang makan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho