SOLOPOS.COM - Kapolres Karanganyar, AKBP Dr Leganek Mawardi memipin rakor lintas sektoral Operasi Lilin Candi 2020. (Karanganyarkab.go.id)

Solopos.com, KARANGANYAR – Polres Karanganyar akan memantau 4 exit tol guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Aparat Polres Karanganyar akan menegakkan penerapan protokol kesehatan dalam pemantauan tersebut.

Mengutip laman Karanganyarkab.go.id, keempat exit tol yang akan dipantau oleh anggota Polres Karanganyar adalah exit Tol Ngasem, Klodran, Gondangrejo dan Kebakramat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Jangan Lupa Protokol 3M! Sanksi 8 Jam Bersihkan Benteng Vastenburg Solo Berlaku Mulai Hari Ini

Kasatlantas Karanganyar, AKP Maulana Ozar, mewakili Kapolres Karanganyar AKBP Leganek Mawardi mengatakan pemantauan itu bersifat normatif dan dikhususkan berlaku pada kendaraan dengan pelat nomor luar kota.

Dia menerangkan fokus pemantuan itu pada ketaatan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Polisi akan mencegat pengendara yang kedapatan melanggar protokol kesehatan.

Ingin UMKM Dipedulikan, Muhammadiyah Kaji Tarik Dana di Bank Syariah Indonesia

AKP Maulana menyebut petugas pemantauan itu meliputi TNI/Polri, Dinkes, Dishub dan dari dinas terkait. Adapun secara teknisnya, petugas memantau arus lalu lintas di 4 exit Tol tersebut dengan cara memantau. Jika terdapat kendaraan yang tidak mentaati protokol kesehatan maka akan dihentikan untuk disarankan agar mentaati protokol kesehatan.

“Jika ada yang ketahuan tidak pakai masker misalnya, nanti kita hentikan dan disarankan memakai masker. Jika tidak punya masker akan kita beri gratis,” papar Kasatlantas.

Pesta Perayaan Pergantian Tahun Tak Boleh Digelar, Hotel Berbintang di Solo Pilih Lakukan Ini

Untuk kendaraan luar kota yang melintas juga dihentikan sejenak untuk dipantau ketaatan protokol kesehatannya. “Jika yang diperiksa sudah taat protokol kesehatan maka silahkan lanjutkan perjalanan,” lanjut AKP Maulana.

Kasatlantas menegaskan di Karanganyar tidak diberlakukan karantina bagi pemudik sehingga pemudik jangan takut melintasi wilayah Kabupaten Karanganyar. Tapi tentunya tetap mentaati protokol kesehatan. “Ingat petugas hanya memantau dan bukan meminta untuk karantina,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya