Target 60 Emas, Atlet Indonesia Ditarget Finis 2 Besar SEA Games 2019
Logo SEA Games 2019. (Instagram)

Solopos.com, JAKARTA – Menpora Zainudin Amali merevisi target emas kontingen Indonesia di SEA Games 2019. Dia menaikkan patokan emas menjadi 60 keping.

Perubahan target itu dipicu instruksi Presiden Jokowi agar Indonesia masuk dua besar SEA Games 2019. Sebab, skuat yang dibawa cukup besar dengan 841 atlet. Para atlet tersebut mengikuti 52 cabang dari 56 yang dipertandingkan.

Jumlah medali emas itu meningkat dibandingkan patokan awal, yakni 45 keping. Itu pun sudah hasil revisi dan keinginan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dengan tim monitoring dan Chief de Mission yang mematok target 54 medali emas.

"Jadi, target yang disampaikan Presiden tentu beliau sudah memantau dan mengetahui informasi kesiapan kontingen kita. Informasi yang masuk ke kita bisa jadi tak hanya Menpora tapi KOI, bisa jadi beliau memantau dari hal lainnya, dan beri target kepada kontingen Indonesia. Bagaimana caranya itu yang harus kami pikirkan," kata Amali dalam jumpa pers di Hotel Diamond Manila Sabtu (30/11/2019), seperti dilansir Detik.com.

Pada SEA Games 2015 dan 2017 Indonesia berada di peringkat V. Kala itu, Indonesia belum menjadi tuan rumah Asian Games.

"Tapi lompatan luar biasa saat kita menjadi tuan rumah Asian Games dan itu harus jadi pertimbangan. Tapi kami koordinasi terus dengan cabor-cabor. Bagaimana yang disampaikan Bapak (Raja Sapta) Oktohari (ketua umum KOI), bisa jadi cabor sampaikan target tetapi belum dibuka semua. Artinya yang disampaikan target minimal, belum maksimal," sambung dia.

Zainudin Amali optimis Indonesia bisa menambah perolehan emas di SEA Games 2019. Dia mencontohkan tim polo air putra yang sebenarnya tidak dipatok mendapat emas. Justru ternyata mampu mempersembahkan emas pertama untuk Indonesia.

"Polo air tak masuk target emas karena ia sepanjang sejarah pasti emas yang dapat Singapura. Itu contoh, ketika kita berkumpul ke pelatnas renang itu sama. Mudah-mudahan target yang disampaikan cabor masih target yang minimal tapi dalam realisasinya kita dapat hasil maksimal," ujarnya.

Meski demikian, Menteri Pemuda dan Olahraga asal Gorontalo itu mengakui target tersebut cukup. Sebab, Indonesia harus menambah 15 hingga 20 emas dari target awal yang hanya 45 keping.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom