Tanpa Wiljan Pluim, Ini Harapan Pelatih PSM Makassar Saat Hadapi Persis Solo

Pelatih PSM Makassar mengungkapkan beberapa harapannya untuk pertandingan melawan Persis Solo ketika timnya tak diperkuat Wiljan Pluim.

Rabu, 28 September 2022 - 19:25 WIB Penulis: Ichsan Kholif Rahman Editor: Tri Wiharto | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Willem Jan Pluim (tengah) saat membela PSM Makassar menghadapi Persija Jakarta di Stadion Gelora B.J. Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Jumat (5/8/2022). Wiljan Pluim tak bisa memperkuat PSM Makassar menghadapi Persis Solo, Kamis (29/9/2022). (Antara/Abriawan Abhe)

Solopos.com, SOLO – Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, mewaspadai Persis Solo saat kedua tim berhadapan di pekan ke-11 Liga 1 2022/2023, Kamis (29/9/2022) sore WIB. Meski tanpa Wiljan Pluim, PSM Makassar siap memberikan perlawanan kepada Persis Solo.

Tavares juga sempat mengungkapkan keresahannya karena Pluim mendapat sanksi lima kali larangan bermain setelah pertandingan melawan Persik Kediri. Akibat sanksi PSSI tersebut Pluim harus absen dalam laga melawan Persis Solo.

Dalam jumpa press di Stadion Manahan Solo, Rabu (28/9/2022) , Tavares sangat heran dengan hukuman yang diterima Pluim. Dia menyebut bahwa hukuman tersebut tidak fair dikarenakan banyak pelanggaran-pelanggaran yang lebih brutal tetapi mendapatkan hukuman yang lebih ringan.

Pada dua pertandingan away terakhir, dia menilai banyak kesalahan perangkat pertandingan. Dia pun tidak mengerti aturan mana yang digunakan. Ia menyebutkan Kenzo ditendang dari belakang dan masih banyak insiden. Padahal di lapangan banyak wasit yang menyaksikan tapi nyaris tak ada reaksi.

“Ini lah konsekuensinya, penonton tidak bisa menyaksikan Pluim. Tontonan apa yang bisa diberikan Pluim. Kalau saya jadi wasit, saya tidak akan membuat kesalahan yang akan merugikan tim anaknya Presiden,” katanya.

Baca Juga: Terbaru! Pelatih Persis Solo Dipastikan Bukan Paulo Gomes

Dia berharap wasit di laga Persis Solo Vs PSM Makassar nanti berlaku adil. Bernardo mengungkapkan bahwa wasit harus memberi keputusan yang fair sebagai wujud respek untuk kedua kesebelasan baik itu untuk pemain dan seluruh staf.

“Saya berharap besok (Kamis) saya tidak akan berkomentar di luar performa tim saat bermain,” terang dia.

Tavares juga mengaku telah menyusun komposisi pemain terbaik mengingat absennya Pluim dan kondisi Yakob Sayuri yang baru kembali setelah bermain penuh saat Indonesia menghadapi Curacao.

Baca Juga: Persis Solo Siap Pertahankan Coach Rasiman hingga Pekan Depan

Dia sangat bangga Yakob bisa bermain pernuh di Timnas Indonesia. Tavares berharap penyusunan jadwal pertandingan untuk diperhatikan benar-benar. Jeda laga Timnas Indonesia dan PSM Makassar tidak sampai 48 jam.

“Kami sudah siapkan komposisi terbaik dan semoga besok kami bisa meraih hasil maksimal,” kata dia.

Namun demikian, ambisi Bernardo untuk memperpanjang catatan tidak terkalahkan tidaklah mudah. Persis Solo memiliki catatan mentereng saat menjamu tim papan atas Liga 1.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Persis Solo Vs PSM Makassar dan Jadwal Siaran Langsung

Persis berhasil menumbangkan pemuncak klasemen sementara Madura United 1-0 dan menundukkan perlawanan juara musim lalu Bali United 2-0.

Pemain PSM Makassar, Akbar Tanjung mengamini bahwa tidak mudah menang di kandang Persis Solo. Menurutnya, Persis Solo  punya materi pemain yang bagus.

“Kami akan berusaha dan bekerja keras untuk melawan Persis Solo,” tutupnya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif