Tanpa Wiljan Pluim, Ini Harapan Pelatih PSM Makassar Saat Hadapi Persis Solo

Pelatih PSM Makassar mengungkapkan beberapa harapannya untuk pertandingan melawan Persis Solo ketika timnya tak diperkuat Wiljan Pluim.

 Willem Jan Pluim (tengah) saat membela PSM Makassar menghadapi Persija Jakarta di Stadion Gelora B.J. Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Jumat (5/8/2022). Wiljan Pluim tak bisa memperkuat PSM Makassar menghadapi Persis Solo, Kamis (29/9/2022). (Antara/Abriawan Abhe)

SOLOPOS.COM - Willem Jan Pluim (tengah) saat membela PSM Makassar menghadapi Persija Jakarta di Stadion Gelora B.J. Habibie, Pare-Pare, Sulawesi Selatan, Jumat (5/8/2022). Wiljan Pluim tak bisa memperkuat PSM Makassar menghadapi Persis Solo, Kamis (29/9/2022). (Antara/Abriawan Abhe)

Solopos.com, SOLO – Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, mewaspadai Persis Solo saat kedua tim berhadapan di pekan ke-11 Liga 1 2022/2023, Kamis (29/9/2022) sore WIB. Meski tanpa Wiljan Pluim, PSM Makassar siap memberikan perlawanan kepada Persis Solo.

Tavares juga sempat mengungkapkan keresahannya karena Pluim mendapat sanksi lima kali larangan bermain setelah pertandingan melawan Persik Kediri. Akibat sanksi PSSI tersebut Pluim harus absen dalam laga melawan Persis Solo.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Dalam jumpa press di Stadion Manahan Solo, Rabu (28/9/2022) , Tavares sangat heran dengan hukuman yang diterima Pluim. Dia menyebut bahwa hukuman tersebut tidak fair dikarenakan banyak pelanggaran-pelanggaran yang lebih brutal tetapi mendapatkan hukuman yang lebih ringan.

Pada dua pertandingan away terakhir, dia menilai banyak kesalahan perangkat pertandingan. Dia pun tidak mengerti aturan mana yang digunakan. Ia menyebutkan Kenzo ditendang dari belakang dan masih banyak insiden. Padahal di lapangan banyak wasit yang menyaksikan tapi nyaris tak ada reaksi.

“Ini lah konsekuensinya, penonton tidak bisa menyaksikan Pluim. Tontonan apa yang bisa diberikan Pluim. Kalau saya jadi wasit, saya tidak akan membuat kesalahan yang akan merugikan tim anaknya Presiden,” katanya.

Baca Juga: Terbaru! Pelatih Persis Solo Dipastikan Bukan Paulo Gomes

Dia berharap wasit di laga Persis Solo Vs PSM Makassar nanti berlaku adil. Bernardo mengungkapkan bahwa wasit harus memberi keputusan yang fair sebagai wujud respek untuk kedua kesebelasan baik itu untuk pemain dan seluruh staf.

“Saya berharap besok (Kamis) saya tidak akan berkomentar di luar performa tim saat bermain,” terang dia.

Tavares juga mengaku telah menyusun komposisi pemain terbaik mengingat absennya Pluim dan kondisi Yakob Sayuri yang baru kembali setelah bermain penuh saat Indonesia menghadapi Curacao.

Baca Juga: Persis Solo Siap Pertahankan Coach Rasiman hingga Pekan Depan

Dia sangat bangga Yakob bisa bermain pernuh di Timnas Indonesia. Tavares berharap penyusunan jadwal pertandingan untuk diperhatikan benar-benar. Jeda laga Timnas Indonesia dan PSM Makassar tidak sampai 48 jam.

“Kami sudah siapkan komposisi terbaik dan semoga besok kami bisa meraih hasil maksimal,” kata dia.

Namun demikian, ambisi Bernardo untuk memperpanjang catatan tidak terkalahkan tidaklah mudah. Persis Solo memiliki catatan mentereng saat menjamu tim papan atas Liga 1.

Baca Juga: Prediksi Susunan Pemain Persis Solo Vs PSM Makassar dan Jadwal Siaran Langsung

Persis berhasil menumbangkan pemuncak klasemen sementara Madura United 1-0 dan menundukkan perlawanan juara musim lalu Bali United 2-0.

Pemain PSM Makassar, Akbar Tanjung mengamini bahwa tidak mudah menang di kandang Persis Solo. Menurutnya, Persis Solo  punya materi pemain yang bagus.

“Kami akan berusaha dan bekerja keras untuk melawan Persis Solo,” tutupnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Mantap! 2 Tunggal Putra Indonesia Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022

      Anthony Ginting menjadi juara dan Jonatan Christie menempati posisi runner up klasemen akhir Grup B BWF World Tour Finals 2022.

      Data dan Fakta Menarik Perempat Final Kroasia vs Brasil: Selecao Pantas Pede

      Data dan fakta Kroasia vs Brasil pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Hasil BWF World Tour Finals 2022 Hari Ini: Gregoria dan Apriyani/Fadia Terhenti

      Gregoria dan Apriyani/Fadia telah kalah dua kali dari tiga pertandingan yang harus di jalani pada fase penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022.

      Jadwal Liga 1 Hari Ini: Rans vs Persikabo, PSIS vs Borneo FC

      Jadwal Liga 1 2022-2023 hari ini memainkan dua pertandingan di Stadion Maguwoharjo Sleman yaitu Rans Nusantara FC vs Persikabo 1973 dan PSIS Semarang vs Borneo FC Samarinda.

      Bisakah Skenario Messi vs Ronaldo Tercipta di Final Piala Dunia 2022?

      Skenario pertarungan pamungkas Piala Dunia 2022 antara dua pemain hebat di senja karier spektakuler mereka, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

      Jadwal Siaran Langsung Pertandingan BWF World Tour Finals 2022 Hari Ini

      Wakil Indonesia akan menjalani pertandingan penentuan hari ini untuk bisa lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

      Jadwal Piala Dunia 2022 Malam Ini: Kroasia vs Brasil, Belanda vs Argentina

      Piala Dunia 2022 kembali bergulir malam setelah rehat dua hari jelang laga perempat final yang mempertemukan Kroasia vs Brasil dan Belanda vs Argentina.

      Louis van Gaal: Total Football atau Winning Football?

      Louis van Gaal dikritik karena permainan Belanda membosankan, namun sepak bola yang eye-catching bukanlah jaminan mendapatkan gelar.

      Jelang Perempat Final Inggris vs Prancis, Walker: Jangan Hanya Fokus Mbappe!

      Jelang babak perempat final Piala Dunia 2022 Inggris vs Prancis, Kyle Walker mengatakan timnya tidak boleh terlalu fokus mengawal Kylian Mbappe.

      Persis Solo Kirim Perwakilan ke Resepsi Pernikahan Kaesang, Ini Alasannya

      Skuad Persis Solo siap memberikan hasil positif dalam pertandingan yang berbarengan dengan resepsi pernikahan Kaesang, Minggu (11/12/2022).

      Skuad Persis Solo Tak Bisa Hadiri Tasyakuran Pernikahan, Ini Pesan Kaesang

      Laga Persis Solo Vs Arema FC berbarengan dengan resepsi pernikahan Kaesang Pangarep yaitu pada Minggu (11/12/2022).

      32 Tim Sekolah Dasar Berebut Gelar Juara Milku Futsal Tournament, Ini Daftarnya

      Milku Futsal Tournament di lapangan futsal Budi Langgeng, Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali,  pada 10-11 Desember 2022, diikuti tim-tim terbaik dari sekolah dasar di Soloraya.

      Hasil Liga 1: Hajar Bhayangkara FC 3-0, Bali United Tempel PSM Makassar

      Bali United FC terus menempel PSM Makassar di puncak klasemen Liga 1 2022-2023 seusai menang telak atas Bhayangkara FC 3-0 pada pekan ke-13 di Stadion Manahan. 

      Klasemen Lengkap BWF World Tour Finals 2022, Ganda Putra Indonesia Berkuasa

      Indonesia punya harapan besar dari klasemen sektor tunggal putra dan ganda putra untuk lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022.

      Hasil Liga 1: PSS Sleman Kalah Lagi, Seto Sebut Alarm Bahaya

      PSS Sleman kembali menelan kekalahan di ajang Liga 1 2022-2023 seusai dikalahkan Madura United 0-1.