SOLOPOS.COM - Sejumlah pengendara sepeda motor diperiksa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotornya di Pertigaan Ngembalrejo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa (5/11/2019). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — Satlantas Polres Kudus sepanjang Operasi Zebra Candi 2019 menindak pelanggar lalu lintas dengan mengeluarkan surat tilang untuk 2.800 pengendara/pengemudi kendaraan bermotor. Penerima surat tilang didominasi pelanggaran tanpa surat izin mengemudi (SIM).

"Jika dibandingkan dengan hasil operasi yang sama tahun sebelumnya, jumlah pelanggar yang ditilang meningkat karena tahun lalu hanya 2.600 kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega Ferdiansyah di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (5/11/2019).

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Dengan adanya operasi tertib lalu lintas, dia berharap masyarakat semakin sadar untuk menaati tata tertib berlalu lintas. Sementara tingkat kecelakaan selama Operasi Zebra, kata dia, justru semakin menurun dibandingkan tahun lalu karena tahun ini tercatat hanya 11 kasus kecelakaan, sedangkan tahun sebelumnya mencapai 14 kasus kecelakaan.

Operasi Zebra Candi 2019 digelar mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019, sedangkan hari terakhir operasi digelar secara gabungan sekaligus pelanggar sidang di tempat.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi Satlantas Polres Kudus Iptu Upoyo menambahkan dari ribuan pelanggar, sekitar 90%nya merupakan pengendara roda dua, selebihnya roda empat atau lebih. Sementara dominasi pelanggarannya, meliputi tidak bisa menunjukkan SIM, kemudian diikuti kelengkapan surat-surat kendaraan lainnya, seperti STNK, menunggak pajak, tidak memakai helm, serta lampu utama tidak dinyalakan.

Pelanggaran karena tidak menyalakan lampu utama, katanya, mulai berkurang karena sepeda motor yang terbaru lampunya langsung menyala.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya