Tangkal Peserta Nunggak Bayar Iuran, Ini Jurus BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan kini tak terlalu dipusingkan dengan tunggakan iuran peserta setelah merasakan dampak positif berbagai inisiatif untuk mendongkrak persentase pengumpulan iuran alias tingkat kolektibilitas.

 Ilustrasi iuran BPJS Kesehatan. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi iuran BPJS Kesehatan. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kini tak terlalu dipusingkan dengan tunggakan iuran peserta setelah merasakan dampak positif berbagai inisiatif untuk mendongkrak persentase pengumpulan iuran alias tingkat kolektibilitas.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menjelaskan setidaknya sudah ada lima inisiatif yang telah terealisasi terkait upaya pengumpulan iuran, salah satunya auto-debit untuk para peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Mandiri.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Terkadang masyarakat itu menunggak hanya lupa. Jadi dengan auto-debit ini, asalkan ada uang saja di rekening [akan terpotong otomatis]. Saat ini, sekitar 7 juta peserta PBPU tercatat sudah memanfaatkan fasilitas auto-debit,” ujarnya dalam paparan publik Pengelolaan Program dan Keuangan BPJS Kesehatan 2021, Selasa (5/7/2022).

Kedua, ada pula program peserta saling membantu peserta PBPU mandiri kelas III yang kurang mampu dan kesulitan membayarkan tunggakannya.

Lewat Program Inovasi Pendanaan Masyarakat Peduli JKN ini, sebanyak 8.190 peserta telah menerima bantuan sepanjang 2021.

Baca Juga: Aset DJS Capai Rp38,7 Triliun, BPJS Kesehatan Raih Predikat WTM ke-30

Inisiatif ketiga, yaitu telecolecting alias penagihan melalui telepon yang dilakukan oleh sekitar 335 petugas BPJS Kesehatan.

Ghufron menyebut upaya ini bertujuan bukan hanya menjaga tingkat kolektibilitas, tetapi juga edukasi kepada peserta.

Keempat, ada program REHAB atau program pembayaran tunggakan iuran secara bertahap, terutama bagi peserta yang menunggak di atas 4 bulan. Program ini mulai meluncur pada Januari 2022.

“Sepanjang tahun berjalan, peserta yang mengikuti program REHAB sudah hampir 125.000. Ini bisa membantu masyarakat yang itu tadi, banyak yang lupa bayar. Sehingga, mohon maaf, ketika ada kecelakaan, sakit, atau keadaan darurat, baru sadar kalau kepesertaannya sudah tidak aktif,” jelasnya.

Baca Juga: KRIS RS Dimulai 1 Juli, Segini Tarif Iuran BPJS Kesehatan

Terakhir, ada sebanyak 2.109 Kader JKN di seluruh Indonesia yang melakukan fungsi edukasi, sosialisasi, pengumpulan iuran, dan fungsi pemasaran program JKN kepada masyarakat.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga menggandeng institusi seperti bank atau lembaga keuangan non-bank, menjadikan karyawan atau tenaga lapangan mereka untuk menjadi agen BPJS Kesehatan yang memperkenalkan program JKN sampai ke pelosok negeri.

Inisiatif ini secara umum membawa total tingkat kolektibilitas iuran BPJS Kesehatan meningkat dari 95,77 persen pada 2020 menjadi Rp97,37 persen pada 2021.

Adapun, nominal iuran pada periode 2021 mencapai Rp143,32 triliun, naik dari periode 2020 senilai Rp139,85 triliun.

Baca Juga: Bisnis Alkes Diprediksi Tumbuh Pesat, Ini Alasannya

Di sisi lain, BPJS Kesehatan mendapatkan predikat Wajar Tanpa Modifikasi (WTM) untuk laporan keuangan tahun 2021. Dana Jaminan Sosial (DJS) di tahun 2021 juga telah dinyatakan positif.

Salah satu bukti keberhasilan yang didapat yaitu BPJS Kesehatan sukses mempertahankan predikat WTM untuk laporan keuangan tahun 2021 dari akuntan publik.

“Berturut-turut sudah delapan tahun BPJS Kesehatan, Program JKN KIS mendapatkan opini WTM. Kalau dijumlah dengan pada waktu masih PT Askes, ini sudah yang ke-30,” kata Ali Ghufron.

Selain itu, Ghufron menyebutkan kondisi Dana Jaminan Sosial (DJS) di tahun 2021 juga telah dinyatakan positif. Hal tersebut dibuktikan dari aset neto yang yang dimiliki hingga tahun 2021 sebesar Rp38,7 triliun. Posisi aset neto tersebut masuk dalam kategori sehat dan mampu memenuhi 5,15 bulan estimasi pembayaran klaim ke depan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      + PLUS Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Berita Terkini

      Prediksi IHSG Terbelah, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

      Prediksi sejumlah analis terbelah terkait pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melanjutkan penguatan Kamis (18/8/2022) hari ini.

      Kian Santer Diperbincangkan, Apakah Harga BBM Pertalite akan Naik?

      Pemerintah saat ini masih membahas rencana kenaikan harga bahan bakar minyak jenis Pertalite sebagai respons atas tingginya harga minyak mentah dunia.

      Tertarik Buka Franchise Alfamart? Yuk Cek Cara hingga Modalnya

      Anda ingin buka usaha franchise Alfamart tapi belum tahu cara, syarat, dan besaran modalnya? Saat ini bisnis waralaba memang masih tetap menjanjikan.

      PLN Bagikan 1.000 Bendera di Jateng-DIY untuk Semarakkan HUT ke-77 RI

      Pembagian bendera yang dilakukan PLN UID Jateng dan DIY ini merupakan bagian dari gerakan 10 juta Bendera Merah Putih yang dicanangkan oleh Kemendagri.

      Semarakan HUT Ke-77 RI, Garuda Indonesia dan KAI Hadirkan Diskon Khusus

      Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia  dan kereta api pun turut semarakkan meriahnya nuansa kemerdekaan dengan promo menarik.

      BRI Resmikan Menara BRILiaN Berkonsep Green & Smart Building

      Bertepatan dengan HUT ke-77 Republik Indonesia, BRI meresmikan gedung baru Menara BRILiaN pada Rabu (17/8/2022).

      Asyik, Mulai 17 Agustus 2022, KRL Solo-Jogja hingga Stasiun Palur

      Pada tahap uji coba ini, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 6 perjalanan KRL tiap harinya yang melayani Stasiun Palur dan Stasiun Solo Jebres.

      Erick Thohir: 3 Faktor Tiket Pesawat Mahal, Begini Langkah Garuda

      Erick Thohir menyatakan peran maskapai penerbangan milik BUMN agar menjadi motor yang mampu menyediakan tiket pesawat murah untuk rakyat.

      Ini Promo Merdeka Bersama AHASS di Jateng

      Ada diskon spesial untuk seluruh konsumen loyal motor Honda program yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77 tahun tersebut, yakni selama periode Agustus 2022.

      Pemerintah Terbitkan Sukuk SR017, Begini Cara Pesannya

      Penerbitan sukuk SR017 sebagai langkah mendukung upaya pendalaman pasar keuangan domestik.

      Subsidi Energi 2023 Turun Jadi Rp336,7 Triliun, Amankah?

      Penurunan subsidi energi 2023 karena proyeksi harga minyak mentah dunia yang turun di bawah US$90 per barel.

      Harga Emas Antam dan UBS Turun, Ayo Borong Lur

      Bertepatan HUT ke-77 RI, harga emas batangan 24 karat di Pegadaian, baik Antam maupun UBS terpantau turun dibandingkan hari kemarin.

      Mendag: Pakaian Thrift Ada Jamur, Pembeli Tak Kehilangan Akal

      Sejumlah langkah dilakukan konsumen thrifting seusai membeli, salah satunya dengan merendam baju dengan air panas.

      Promo Transfer Antarbank Rp77 Hanya 3 Hari, Jangan Terlewat!

      Dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia tahun ini, Bank Indonesia (BI) menghadirkan promo biaya transfer antar bank di Indonesia Rp77 yang hanya berlaku selama tiga hari.

      Penumpang KA Belum Booster Bisa Batalkan Tiket dan Jaminan Uang Kembali

      Penumpang kereta api jarak jauh dengan tiket keberangkatan 15 sampai dengan 17 Agustus 2022 dapat membatalkan tiketnya apabila belum bisa melaksanakan vaksinasi booster sebagai syarat keberangkatan.