SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja menyelesaikan revitalisasi Taman Pracima - Tuin Lowres di kompleks Pura Mangkunegaran dan rencananya kawasan ini dibuka pada Januari 2023. (Istimewa)

Solopos.com, SOLOTaman Pracima atau Pracima Tuin di kompleks Pura Mangkunegaran Solo akan mulai dibuka untuk masyarakat umum pada 21 Januari 2023. Taman Pracima bakal menjadi salah satu destinasi wisata baru yang menawarkan sensasi seni, budaya, dan kuliner.

Hal itu diungkapkan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunagoro X saat konferensi pers di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (19/12/2022). Menurut Mangkunagoro X, Taman Pracima siap dikunjungi masyarakat mulai pertengahan Januari 2023.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Nanti soft opening Taman Pracima pada 21 Januari 2023. Dari sini perlahan-lahan dibuka untuk masyarakat. Saya berharap pengunjung mendapatkan pengalaman positif dan menyenangkan,” ujarnya.

Beberapa fasilitas yang menjadi daya tarik selain pemandangan Taman Pracima, yakni restoran yang menawarkan beragam menu kuliner khas Mangkunegaran Solo. Para pengunjung bisa mencicipi kuliner khas Mangkunegaran saat sarapan.

Atau bisa juga Royal Dinner di kompleks Pura Mangkunegaran. Jamuan ala kerajaan Jawa itu menjadi salah satu paket wisata menarik bagi pengunjung.

Baca Juga: Unggah Foto Taman Pracima Mangkunegaran Solo, Gibran Sebut Sebentar Lagi Dibuka

Beragam menu kuliner khas Mangkunegaran seperti apam, kolak, dan ketan Mangkunegaran, stik keju dapur istana, urap pitik linting, hingga gudeg jangkep. “Ada restoran yang dibuka permanen setiap hari. Bisa dikunjungi masyarakat setiap hari,” ujar dia.

“Masyarakat bisa menikmati kegiatan seni dan budaya di Taman Pracima sambil memperkenalkan beragam kuliner khas Mangkunegaran Solo. Kami ingin mempertemukan ruang budaya dengan masyarakat. Salah satunya dengan kuliner,” jelas Mangkunagoro X.

Tinggal Finishing

Ada tiga bangunan dan beberapa bangunan di area taman, yakni Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik. Pracimaloka terletak di sisi barat berfungsi mengolah hasil bumi seperti teh dan kopi. Pracimawisik di sisi timur pojok taman berfungsi untuk pengembangan seni dan budaya.

Baca Juga: Eksotisnya Taman Pracima Pura Mangkunegaran Solo saat Malam, Buka Januari 2023

Sementara Pracimasana menjadi bangunan utama taman yang terletak di tengah taman. Fungsinya sebagai tempat kuliner atau menyantap makanan dan minuman. “Sekarang hanya tinggal finishing yang detail-detail. Mungkin, awal Januari sudah rampung dan siap untuk soft launching,” tutur Mangkunagoro X.

Soal keterbukaan Mangkunegaran terhadap masyarakat terutama permintaan hajatan setelah sebelumnya menjadi lokasi pernikahan Kaesang-Erina, Mangkunagoro X menjawab secara diplomatis.

Menurutnya, Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan Jawa harus dijaga dan dilestarikan oleh elemen masyarakat. Hal ini merupakan tanggung jawab elemen masyarakat.

Baca Juga: Potret Cantiknya Taman Pracima Pura Mangkunegaran jadi Wisata Baru di Solo

“Mangkunegaran menjadi wadah bagi setiap seniman dan budayawan. Bagaimana menjaga dan melestarikan kebudayaan yang menjadi tanggung jawab bersama. Bagaimana eksklusivitas dijaga tapi juga mengedepankan inklusivitas untuk masyarakat luas,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya