Tutup Iklan

Tajir Banget, Pria 29 Tahun Ini Punya Harta Rp319 Triliun Berkat Kripto

Kekayaan Sam sebagian besar berasal dari bursa kripto miliknya, yang memungkinkan pedagang untuk membeli dan menjual aset digital seperti Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH).

  Sam Bankman Fried. (Alameda Research)

SOLOPOS.COM - Sam Bankman Fried. (Alameda Research)

Solopos.com, SOLO — Forbes memasuskan nama CEO FTX, Sam Bankman Fried, dalam daftar 400 orang Amerika Serikat (AS). Kini pria itu resmi menjadi orang termuda yang masuk dalam daftar orang paling tajir.

Sam yang berumur 29 tahun itu sebelumnya terkenal karena mengumpulkan kekayaan US$22,5 miliar atau setara dengan Rp319 triliun berkat pertumbuhan pesat FTX, bursa kripto yang ia dirikan dua tahun lalu dan dari investasi kriptonya sendiri.

Sam dengan capaiannya itu kemudian disandingkan dengan pemilik Facebook, Mark Zuckerberg, salah satu orang berusia muda dengan kekayaan fantastis.

“Tujuan saya adalah bagaimana pencapaian saya memiliki dampak sosial,” kata Sam Bankman Fried soal tujuannya mendirikan FTX seperti dilansir suara.com, Minggu (10/10/2021).

Baca juga: OJK Dorong Anak SMP Punya Tabungan Digital, Ini Tujuannya

Kekayaan Sam, melansir dari Blockchainmedia, sebagian besar berasal dari bursa kripto miliknya, yang memungkinkan pedagang untuk membeli dan menjual aset digital seperti Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH).

Selain itu, FTX juga melayani trading derivatif yang ingin membeli aset seperti Bitcoin options dan memungkinkan pengguna untuk memperdagangkan token saham.

Bursa tersebut juga telah berhasil mengumpulkan US$900 juta pendanaan dari Coinbase Ventures dan SoftBank pada Juli 2021 dengan valuasi US$18 miliar.

Semenara itu, perusahaan perdagangannya, Alameda Research, turut membukukan laba US$1 miliar tahun lalu.

Baca juga: Waduh, Indonesia Terancam Rugi Rp408 Triliun Akibat Perubahan Iklim!

Kripto adalah salah satu satu investasi pada aset crypto atau cryptocurrency yang kini populer. Banyak orang penasaran dengan uang kripto yang dianggap baru ini, sehingga sempat menjadi trending di berbagai media sosial.

Sisi Positif dan Negatif

Secara sederhana, seperti dikutip okezone.com, uang kripto dapat diartikan sebagai uang digital. Di antara pendapat banyak orang tentu saja ada yang pro dan ada juga yang kontra.

Bagi yang pro dengan uang kripto menilai sisi positifnya yakni terhindar dari inflasi, biaya transaksinya murah, praktis, dan cepat, fleksibel atau tak berafiliasi dengan bank, serta keuntungannya jelas.

Baca juga: Yes! 40 Rumah Produksi akan Dapat Bantuan Promosi Film, Segini Nilainya

Sedangkan mereka yang kontra berpendapat kripto berarti fluktuasi tinggi, tidak ada aturan perihal pemberhentian perdagangan sementara, tidak memiliki underlying asset, serta tidak memiliki legalitas bank sentral.

Bank Indonesia (BI) melihat dampak perdagangan aset kripto terhadap stabilitas sistem keuangan di Indonesia masih terbatas.

“Perdagangan aset kripto saat ini masih bersifat early stage, fasilitas yang dimiliki pedagang masih terbatas pada spot trading dengan jumlah transaksi aset kripto yang masih kecil, bila dibandingkan dengan transaksi saham,” tulis bank sentral dalam Kajian Stabilitas Keuangan no. 37 yang diluncurkan Rabu (6/10/2021).


Berita Terkait

Berita Terkini

Astra Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama Jelang HUT ke-65

Peringatan HUT ke-65 Astra akan menghadirkan kegiatan dengan konsep virtual exhibition, virtual event, dan virtual movement bersama seluruh lapisan masyarakat sepanjang tahun 2022.

Putusan MK Soal UU Cipta Kerja Tak Berdampak Pada Investasi 2021 Tapi..

Bahlil mengatakan Presiden Jokowi sudah memberi arahan kepada para jajaran menteri agar penyelesaian revisi UU Cipta Kerja sebagaimana diamanahkan MK bisa dikebut lebih cepat.

Masih Pandemi, Kunjungan Wisman ke RI Naik Tapi Tak Signifikan

Berdasarkan data yang dilansir BPS, terlihat belum terjadi kenaikan kunjungan wisman secara signifikan sepanjang 2021, karena kendala kesehatan dan pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Kekuatan Pasar Batu Bara Terus Topang Kinerja PT Adaro Energy Tbk

Kondisi pasar batu bara yang kondusif semakin meningkatkan profitabilitas Adaro Energy pada periode laporan ini.

Kelola 61 Hotel, CEO Azana Hotels Yakin Industri Perhotelan Menggeliat di 2022

Masih ada sekitar 18 hotel lagi yang akan dioperasionalkan oleh Azana Hotels & Resorts pada 2022.

DEN & Ganjar Pranowo Sepakat Dorong Literasi Terkait Manfaat EBT

Ganjar Pranowo bersama DEN mendorong secara masif melakukan literasi informasi dan sosialisasi mengenai manfaat EBT, isu lingkungan, dan transisi energi dengan target anak-anak muda.

Tak Main-Main! Anak Muda Punya Peran Besar Tentukan Arah Presidensi G20

Kesempatan memperkuat perannya dalam Presidensi G20 kian besar karena penduduk Indonesia didominasi usia produktif.

HM Sampoerna Realisasi Investasi Rp2,3 Triliun, Ini Pesan Menko Airlangga

Penerimaan cukai sepanjang tahun 2020 mencapai Rp205,68 triliun dengan proporsi terbesar Cukai Hasil Tembakau sebesar Rp170,24 triliun atau naik sebesar 3,24%.

Kontribusi MMKSI Bagi Perjalanan Hidup Anak Panti Asuhan Saat Pandemi

Mitsubishi Children Program (MCP) adalah salah satu pilar dari tiga pilar CSR MMKSI yang membawahi program sosial MMKSI untuk kesejahteraan anak-anak, khususnya yang berada di panti asuhan.

Lebih Ngirit dan Aman, Ini Lur Sederet Keunggulan Kompor Induksi

Tidak hanya memberi banyak manfaat bagi rumah tangga, penggunaan kompor induksi juga dampak positif kepada pengurangan impor LPG.

Kinerja BPR dan BPRS Tetap Cemerlang Meski Pandemi

Industri BPR dan BPRS semakin selektif dalam penyaluran kredit atau pembiayaan di tengah persepsi tingginya risiko kredit, seiring dampak pandemi Covid-19.

7 Cara Jitu Bertransaksi Digital Biar Gak Kena Serangan Siber

Saat ini masih banyak masyarakat belum memahami bahaya serangan digital terutama di kehidupan finansialnya, padahal mereka tidak tahu kapan akan menjadi target serangan siber.

Beban Multipel Generasi Sandwich Atur Keuangan di Masa Pandemi

Orang tua yang tidak memiliki perencanaan finansial yang baik untuk masa tuanya akan berpotensi besar untuk membuat sang anak menjadi generasi sandwich berikutnya.

Gak Menang Aja Dapat Hadiah, Yakin Tak Mau Ikut Lomba Astra Ini?

Yuk ikuti Lomba Foto Astra 2021 dengan beragam hadiah menarik. Tenang, yang enggak menang juga dapat hadiah kok!

Prospek Cerah Bank Digital di Tengah Gurihnya Pasar Milenial

Bank digital diprediksi bakal berkembang signifikan seiring dengan kemudahan masyarakat dalam mengakses teknologi, sebaliknya jumlah bank konvensional diprediksi akan semakin sedikit.

Rp262,95 Triliun KUR Tersalurkan ke 6.962.882 UMKM

Realisasi KUR yang telah diberikan kepada 6.962.882 debitur ialah KUR Super Mikro sebesar Rp9,71 triliun kepada 1.104.567 debitur, KUR Mikro sebesar Rp165,86 triliun kepada 5.410.536 debitur.