SOLOPOS.COM - Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Wonogiri, Wiyanto, disuntik vaksin Covid-19 di Gedung Giri Wahana Kompleks Gor Giri Mandala Wonogiri, Rabu (24/2/2021). (Solopos.com-M. Aris Munandar)

Solopos.com,WONOGIRI Vaksinasi kedua bagi petugas pelayan publik di Wonogiri dimulai, Selasa (9/3/2021). Pemerintah Kabupaten Wonogiri menjamin kesiapan infrastruktur pendukung penyuntikan vaksin tahap kedua bagi petugas pelayan publik itu hingga beberapa waktu ke depan.

Penyuntikan kedua itu sesuai dengan prosedur vaksinasi. Setelah 14 hari penyuntikan pertema, penyuntikan kedua kembali dilaksanakan bagi penerima yang memiliki usia di bawah 60 tahun. Pada tahap kedua, Wonogiri mendapatkan jatah awal vaksin sebanyak 8.500 dosis yang bisa digunakan untuk 4.250 orang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Adapun lokasi vaksinasi masih dipusatkan di Gedung Giri Wahana Kompleks Gor Giri Mandala Wonogiri. Penyuntikan kedua bagi petugas pelayan publik itu dijadwalkan mulai Selasa hingga  Jumat (12/3/2021).

Baca Juga: Partai Demokrat Jateng Utuh Tolak Hasil KLB

"Suntikan kedua ini tujuannya untuk booster, memperkuat vaksinasi yang pertama. Selama 14 hari lalu kan mereka [pelayan publik], sudah divaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri,  Adhi Dharma kepada wartawan, Selasa.

Adhi mengatakan ada beberapa petugas pelayanan publik yang  tertunda vaksinasinya pada dua pekan lalu. Mereka belum disuntik karena sedang menjalani tugas kedinasan, sakit dan halangan kehadiran lain.

Ada Vaksinasi Pertama

"Yang sempat tertunda dua pekan lalu ikut disuntik hari ini, namun baru penyuntikan pertama. Untuk penyuntikan kedua nantinya bisa disesuaikan di faskes yang melayani penyuntikan di lokasi terpusat saat ini. Jika saat ini dilayani di petugas RSUD, penyuntikkan kedua dilakukan di RSUD," kata Adhi.

Ia menjelaskan, jumlah total petugas pelayanan publik yang divaksin sebanyak 26.025 orang. Puluhan ribu orang itu terdiri dari pegawai pemerintah, pegawai BUMN, penyuluh atau petugas lapangan, sukarelawan dan lain-lain.

Baca Juga: Bertahan di Peluang Bisnis Nasi Biryani

"Intinya sasaran itu untuk para golongan yang sering berkontak dengan banyak orang. Namun penyuntikan vaksin dilakukan secara bertahap. Tergantung kuota atau jatah vaksin yang tiba di Wonogiri," kata Adhi.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, infrastruktur pendukung vaksinasi di Wonogiri telah siap. Mulai dari fasilitas kesehatan hingga vaksinator atau petugas yang akan menyuntikkan vaksin. Saat ini ada 399 vaksinator di Wonogiri yang tersebar di 34 lokasi vaksinasi.

“Kami pastikan program vaksinasi sesuai kebijakan dari pemerintah pusat dan diselenggarakan dengan sebaik-baiknya. Tentunya setiap daerah mempunyai strategi berbeda-beda. Strategi kami menyiapkan infrastruktur pendukungnya agar suksesi program vaksinasi itu bisa dipertanggungjawabkan," kata Joko Sutopo.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya