SOLOPOS.COM - Sungai Tamborasi, sungai terpendek di dunia ada di Sulawesi Tenggara (indonesia.go.id)

Solopos.com, SOLO — Sungai Tamborasi di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara diklaim menjadi sungai terpendek di dunia. Hal ini dikarenakan panjang sungai tersebut hanya 20 meter dan lebar 15 meter saja.

Dengan panjang 20 meter, Sungai Tamborasi mengalahkan beberapa sungai lainnya di dunia, seperti Sungai Kovvaselva di Norwegia yang mengalir sepanjang 22 meter. Bahkan, pendeknya aliran Sungai Tamborasi juga mengalahkan aliran Reprua di Georgia sejauh 27 meter.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Mengutip dari Indonesia.go.id, sungai sepanjang 20 meter ini lebih mirip seperti aliran air laut yang menembus dan merobek bibir pantai serta menerpa tebing kapur putih. Air sungai ini juga terbilang cukup jernih dengan warna hijau toska di bagian hulunya.

Sungai yang diklaim terpendek di dunia ini memiliki suhu yang cukup dingin. Tetapi, semakin mendekati muara di Laut Flores, suhunya menjadi hangat dan terasa asin khas air laut. Hanya beberapa meter dari aliran sungai tampak terbentang pantai berpasir putih bersih, yang dinamakan Pantai Tamborasi.

Baca Juga: Cek Sekarang! Ini 41 Obat Tradisional yang Berbahaya dan Dilarang BPOM 2022

Lokasi Sungai Tamborasi terbilang cukup jauh dari ibu kota Kolaka, yakni 80 kilometer atau membutuhkan waktu berkendara kurang lebih dua jam. Bagi Anda yang ingin menuju sungai ini, cukup berkendara menuju utara, melewati jalan lintas provinsi di ruas Ranteangin-Kolaka.

Jika dari ibu kota provinsi di Kendari, untuk menuju Sungai Tamborasi membutuhkan waktu sekitar empat jam dengan jarak 300 km.

Baca Juga: Cara Bikin Pesan atau Chat Otomatis di WhatsApp, Gampang Kok Lur!

Waktu yang pas untuk mengunjungi sungai terpendek di dunia ini adalah menjelang Matahari terbenam, yakni sore hari. Semburat warna oranye keemasan dan merah penanda sang surya akan menghilang, tampak indah disaksikan dari sungai ini. Siluet puluhan pengunjung dengan kamera ponsel di tangan merekam peristiwa alam juga memberikan pemandangan tersendiri. Tak perlu khawatir akan kemalaman, karena tak jauh dari obyek wisata ini terdapat beberapa pondokan yang dikelola warga setempat.

Sebagai informasi, Sungai Tamborasi ini juga pernah menjadi nominasi destinasi unik pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Daftar Kosmetik Berbahaya dan Ilegal Temuan BPOM 2022, Total Ada 16

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya