Sungai Sempor Sleman Kerap Jadi Tempat Outbound, Ini Penampakannya
Kegiatan outbound di Sungai Sempor, Turi, Sleman. (dukuhsempor.wordpress.com)

Solopos.com, SOLO -- Susur sungai yang dilakukan ratusan siswa SMPN 1 Turi, Sleman, DIY, di Sungai Sempor, Jumat (21/2/2020), berujung petaka.

Hingga Jumat malam, terdapat enam korban meninggal dan lima lainnya masih dicari.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Joko Suprianto menyebutkan insiden tersebut bermula saat 250 murid SMP Negeri 1 Turi melakukan kegiatan pramuka dengan menyusuri Sungai Sempor di Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Sleman, DIY.

Korban

Ketika melakukan penyusuran tersebut, arus air tiba-tiba deras dan volume air meningkat akibat kiriman dari hulu sungai. Data terakhir menyebutkan ada enam siswa meninggal, enam lain mengalami luka ringan, sedang 5 lain masih dalam pencarian.

Pengakuan Pembina Pramuka SMPN 1 Turi Sleman: Tak Ikut Susur Sungai karena Hujan

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam siaran persnya di laman BNPB menyatakan insiden ini menjadi pembelajaran bersama.

Apabila akan melakukan kegiatan penyusuran sungai, ini harus dilakukan oleh orang dewasa dan terlatih.

Hati-hati, Ini Bahaya Minum Air Panas!

”Anak-anak dan remaja dilarang untuk melakukan penyusuran sungai mengingat sangat berisiko tinggi. Perlu juga memberitahu aparat pemerintah dan keamanan setempat. Di samping itu, aktivitas penyusuran dilakukan pada saat musim kemarau,” sebut dia.

Masih Bingung? Ini Perbedaan Homeschooling dengan Sekolah Formal

Ketika dilakukan pada musim hujan, risiko air menjadi tinggi mengingat apabila hujan terjadi di sekitar hulu sungai akan berdampak pada arus dan volume air sungai hingga ke bagian hilir.

Wisata

Sungai Sempor menjadi salah satu potensi wisata di desa itu.

Sebagaimana dikutip dari laman Desa Wisata Dukuh Sempor disebutkan Sungai Sempor adalah sungai alami yang berhulu dari kaki Gunung Merapi.

Sungai Sempor
Kegiatan outbound di Sungai Sempor, Turi, Sleman. (dukuhsempor.wordpress.com)

Di sungai ini akan banyak ditemui pemandangan yang menyegarkan dan dapat digunakan untuk kegiatan treking menyusuri sungai di samping areal persawahan dan pemukiman warga.

Sungai Sempor
Kegiatan outbound di Sungai Sempor, Turi, Sleman. (dukuhsempor.wordpress.com)

Disebutkan Dusun Dukuh merupakan salah satu dusun di Desa Donokerto, Kecamatan Turi atau sekitar 12 Km arah utara pusat Kota Yogyakarta.

Di laman itu dimuat banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan termasuk outbound di Sungai Sempor.

Sungai Sempor
Kegiatan outbound di Sungai Sempor, Turi, Sleman. (dukuhsempor.wordpress.com)

Ada banyak foto yang dipasang di laman itu khususnya kegiatan di Sungai Sempor baik berupa outbound atau susur sungai.

Kata Pakar

Pakar Manajemem Sungai UGM Agus Maryono prihatin dengan peristiwa susur sungai yang menyebabkan 6 siswa SMPN 1 Turi meninggal.

Wisata Jogja Lainnya, Klik di Sini!

Dia mengatakan kegiatan susur sungai ada standarnya, antara lain tidak boleh dilakukan anak hingga remaja dan hanya boleh dilakukan oleh kalangan profesional seperti TNI atau anggota Mapala.

Tak Disangka! Ini Tanda-Tanda Rumah Dihuni Makhluk Halus Versi Indigo

"Tidak boleh anak ikut, remaja juga tidak boleh ikut susur sungai, hanya TNI, Mapala dan kalangan profesional yang sudah punya pengalaman susur sungai. Dan susur sungai itu tidak di dalam sungai tetapi di luar mengamati tidak di dalam sungai," ujar dia.

Berita Kecelakaan Terbaru, Klik di Sini!

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho