SOLOPOS.COM - Garda Relawan Indonesia Semesta (Garis) Klaten menggelar kegiatan panen bersama di salah satu sawah di Desa Trasan, Kecamatan Juwiring, Jumat (26/11/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Garda Relawan Indonesia Semesta (Garis) Klaten menggelar aksi panen padi bersama di lahan pertanian wilayah Desa Trasan, Kecamatan Juwiring, Jumat (26/11/2021). Aksi itu para sukarelawan dari wilayah Soloraya.

Garis merupakan kelompok sukarelawan yang memberikan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Dukungan agar Ganjar menjadi capres itu dideklarasikan pada 10 November 2021 lalu.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ketua Garis Klaten, Hariyanto, mengatakan kegiatan panen bersama tersebut dilakukan sebagai bentuk membantu para petani dalam proses panen.

Baca Juga: Covid-19 Melandai, PGRI Klaten Berharap Sekolah Gelar PTM secara Penuh

“Menurut informasi lahan ini merupakan lahan yang dikelola kelompok tani. Kami ikut membantu panen. Dari mulai memetik hingga menjadi dalam bentuk gabah. Seluruh hasilnya kami serahkan ke pengelola. Kegiatan ini diikuti garda dari Soloraya dengan masing-masing wilayah mengirimkan 10 orang,” kata Hariyanto saat ditemui Solopos.com di sela kegiatan.

Selain puluhan sukarelawan, panen itu melibatkan 20 buruh tani. Selain panen, mereka juga menggelar tradisi wiwitan yang merupakan tradisi sebagai ungkapan rasa syukur sebelum panen.

Hari menjelaskan kegiatan sosial tak hanya dalam bentuk kegiatan panen padi. Rencananya, Garis bakal menggelar kegiatan sosial saban Jumat. “Ada juga kegiatan tanam padi. Selain itu ada kegiatan membangun masjid dan lain-lain. Intinya, setiap Jumat kami adakan kegiatan yang mengarah pada kegiatan sosial,” ungkap dia.

Baca Juga: Misterius, Makam di Brajan Boyolali Dulu Sering untuk Tirakatan

Hari menjelaskan Garis merupakan sukarelawan pendukung Ganjar sebagai capres pada Pilpres 2024. Dia menuturkan kelompok sukarelawan tersebut sudah terbentuk di seluruh Indonesia termasuk di seluruh wilayah Soloraya. Jumlah sukarelawan di masing-masing wilayah Soloraya diperkirakan sudah ada 200-250 orang dan dipastikan bakal terus bertambah.

Hari mengatakan Garis merupakan unsur sukarelawan yang berlatar belakang masyarakat umum. “Kami jauh dari ranah politik. Tujuan kami hanya ingin Indonesia lebih baik,” urai dia.

Disinggung alasan mendukung Ganjar menjadi capres, Hari menilai selama ini belum ada sosok pengganti Presiden Joko Widodo yang tepat pada 2024 mendatang selain Ganjar.

Baca Juga: Ada Makam Misterius di Brajan Boyolali, Kisahnya Bikin Miris

“Kami dari awal sudah mengetahui Pak Ganjar berpihak ke rakyat kecil dan merangkul semua golongan. Kebetulan kami orang-orang pinggiran, bisa merasakan apa yang sudah dilaksanakan Pak Jokowi. Selain Pak Ganjar, belum ada sosok yang bisa menyamai Pak Jokowi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya