SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video truk terguling di Jalan Solo-Semarang dekat Sirkuit Boyolali, Sabtu (5/2/2022). (Instagram @Boyolali_info)

Solopos.com, BOYOLALI — Dua truk, yakni truk tronton dan truk trailer, yang terlibat kecelakaan di Jalan Raya Solo-Semarang, dekat Sirkuit Boyolali, Sabtu (5/2/2022), telah berhasil dievakuasi oleh pihak kepolisian dibantu pihak terkait. Tak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu.

Kanitlaka Satlantas Polres Boyolali, Ipda Budi Purnomo, saat dihubungi Solopos.com via telepon WA menerangkan kronologi kecelakaan antara truk tronton nopol B 9144 TEV dan truk trailer H 1758 AR tersebut. Dia menjelaskan kecelakaan terjadi sekitar pukul 05.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Truk tronton dari arah Solo ke Semarang sampai di Koramil Mojosongo akan balik arah [di bukaan median jalan] memotong alur utama dari Semarang-Solo, tidak hati-hati, tak utamakan jalan utama, sudah mundur maju lagi. Akhirnya tertabrak oleh kendaraan trailer yang melaju dari arah Semarang,” jelasnya.

Baca juga: Truk Terguling di Jalan Solo-Semarang Dekat Sirkuit Boyolali

Dia menjelaskan akibat kecelakaan itu, truk tronton yang mengangkut muatan permen terguling di tengah jalan. Sedangkan truk trailer yang mengangkut kertas ringsek. “Jadi ini karena kekuranghati-hatian pengemudi tronton saat hendak putar balik,” jelasnya mewakili Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Yuli Anggraeni.

Budi menambahkan akibat kecelakaan itu arus lintas pengguna jalan sempat dialihkan ke jalur alternatif selama beberapa saat. Setelah kedua truk yang terlibat kecelakaan rampung dievakuasi sekitar pukul 09.00 WIB, arus lalu lintas kembali lancar.

Berhati-Hati Saat Berkendara

Lebih lanjut, Budi mengimbau agar pengguna jalan selalu berhati-hati saat berkendara, utamanya saat akan memotong jalan dan memasuki jalur utama. “Utamakan pengendara yang melintas di jalur utama dulu. Jangan main spekulasi karena itu berbahaya,” tegasnya.

Baca juga: Catat Lur, Ini Nomor HP untuk Aduan Warga Langsung ke Kapolres Boyolali

Diberitakan sebelumnya, kecelakaan yang melibatkan dua truk terjadi di Jalan Raya Solo-Semarang di dekat Semar Resto dan Sirkuit Boyolali, wilayah Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Sabtu (5/2/2022). Informasi terkait kecelakaan itu tersebar melalui video dan foto-foto yang diunggah di sejumlah akun Instagram, di antaranya @boyolali_info serta Info Cegatan Solo dan sekitarnya, Sabtu pagi.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @boyolali_info dan dicermati Solopos.com, terlihat dua truk dalam posisi berdekatan, satu di antaranya ringsek di bagian depan, sedangkan satu lagi dalam kondisi terguling di tengah badan jalan. “Hati-hati untuk yang mau ke Solo lewat Mojosongo Boyolali, dikarenakan ada kecelakaan di dekat Semar Resto,” tulis admin @boyolali_info.

Sedangkan akun Instagram Info Cegatan Solo dan Sekitarnya mengunggah foto kolase truk kontainer yang terguling melintang di tengah jalan. “Hindari jln solo byl dpn sirkuit, mau putar balik malah ditabrak truk kontainer,” demikian caption yang disertakan dalam unggahan tersebut.

Baca juga: Kasus Covid-19 Terus Naik, PTM Terbatas Boyolali Tetap Berjalan

Indah Aprina, warga Boyolali yang kebetulan melintas di lokasi kejadian seusai kecelakaan mengaku tak mengetahui pasti kronologi kejadian. “Tadi sekitar jam 06.00 WIB saya melintas dari arah timur tapi dialihkan ke aras selatan di jalan depan Pasar Mojosongo lama. Terus sekitar jam 07.25 WIB saya dari arah barat mau ke Solo melintas depan Polres Boyolali kondisinya masih sama,” jelasnya saat dimintai informasi Solopos.com via pesan Instagram.

Dia menjelaskan posisi truk yang terguling, kepala ada di sebelah utara dan badan truknya di selatan. “Truk yang satunya bagian depan ringsek menghadap ke timur,” beber dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya