Kategori: Klaten

Solutif! 4 RS di Klaten Bakal Jadi Tempat Persalinan Khusus Bumil Positif Covid-19


Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso

Solopos.com, KLATEN — Sebanyak empat rumah sakit di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dipastikan sudah menyiapkan tempat khusus untuk persalinan bagi ibu hamil (bumil) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klaten, Sujarwanto Dwiatmoko, mengatakan bumil menjadi salah satu kelompok rentan. Untuk memastikan kondisi kesehatan mereka dari Covid-19, ada swab test yang diberlakukan kepada mereka.

"Kami majukan di pekan ke-35 [ibu hamil] harus dilakukan swab test," kata Sujarwanto saat ditemui wartawan di rumah dinas Wakil Bupati Klaten, Senin (30/11/2020).

Bumil diwajibkan mengikuti swab test sebulan sebelum persalinan untuk memastikan proses persalinan yang dijalani ibu hamil aman dari Covid-19.

Ketika hasil swab test ada bumil yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 bisa segera melakukan penanganan khusus dan menjadwalkan lokasi persalinan khusus ibu hamil terkonfirmasi positif Covid-19.

Hiburan di Tengah Pandemi, Cabup Klaten Sri Mulyani Sapa Pemancing di Kali Glogok

"Dengan begitu maka bisa merekomendasikan agar kehamilannya sehat dan partusnya sehat," kata Sujarwanto.

RS Mana Saja?

Sujarwanto mengatakan sudah ada rumah sakit yang disiapkan khusus melakukan proses persalinan bagi bumil terkonfirmasi positif Covid-19.

Ada empat rumah sakit yakni RSUP dr Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten, RSD Bagas Waras, RSU Islam Klaten, dan PKU Muhammadiyah Delanggu.

"Kalau kehamilan tanpa Covid-19 bisa melahirkan dimanapun. Kalau positif ada empat rumah sakit yang siap melakukan pertolongan partus bagi ibu hamil yang Covid. Pertolongan khusus itu tidak harus operasi. Kalau pernapasannya masih baik, bisa melahirkan normal tetapi tetap protokol kesehatan. Kalau dipandang ada gangguan pernapasan dan terlalu berisiko dengan persalinan normal, dianjurkan melalui operasi. Karena saat melaihrkan itu napas menjadi faktor penting," jelas dia.

Jantan! Heboh Video Viral Cowok Nikah dengan 2 Cewek Sekaligus

Direktur RSD Bagas Waras Klaten, Limawan Budi Wibowo, mengatakan sudah menambah ruang operasi khusus bagi mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 termasuk bumil.

"Itu bangunan lama yang kami rehab untuk ruang operasi khusus. Kalau ada yang positif dan membutuhkan operasi terutama ibu hamil, kami tempatkan di sana. Itu sudah kami siapkan sejak lama dan saat ini sudah melakukan operasi empat sampai enam orang termasuk [operasi cesar] ibu hamil [terkonfirmasi positif Covid-19]. Yang penting petugasnya tetap mengenakan APD lengkap," kata Limawan.

Share
Dipublikasikan oleh
Ginanjar Saputra