Tutup Iklan

Solopos Hari Ini: Solo Belum Aman

Kondisi pandemi Covid-19 terkini menjadi sorotan Harian Umum Solopos Edisi 22 Juli 2020, khususnya soal lockdown di UNS Solo.

Solopos Hari Ini: Solo Belum Aman

SOLOPOS.COM -

Solopos.com, SOLO — Kondisi pandemi Covid-19 terkini menjadi sorotan Harian Umum Solopos Edisi 22 Juli 2020. Lewat tajuk Solo Belum Aman, Solopos 22 Juli menginformasikan penutupan beberapa kawasan atau lockdown lokal di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS), Kentingan, Jebres, Solo, sejak Senin (20/7/2020).

Salah satu pimpinan universitas negeri di Solo itu dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Rektor UNS Jamal Wiwoho kepada wartawan dalam jumpa pers daring, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, informasi mengenai salah satu jajaran pimpinan kampus yang positif tersebut diketahui pada Minggu (19/7/2020) lalu. “Minggu kami mendapat informasi bahwa salah satu pimpinan positif Covid-19 setelah dilakukan uji swab kepadanya sebelum itu,” ujar Jamal.

Sukabumi Diguncang Gempa Berpusat di Darat

Dalam jumpa pers yang diikuti Direktur Rumah Sakit (RS) UNS Hartono, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Reviono, dan sejumlah pejabat UNS lainnya itu, Jamal menambahkan pihaknya langsung memerintahkan pembekuan aktivitas kampus. Para pegawai diminta bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Berita selengkapnya di E-Paper Solopos.

Klaster Nakes dan Tahu Kupat Solo Dominasi Kasus Positif Covid-19 Karanganyar

Cara Lama Genjot Konsumsi

Solopos Edisi 22 Juli menampilkan cerita di balik langkah pemerintah dalam pencairan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara (ASN) dan anggota Polri/TNI.

Langkah pencairan gaji ke-13 ini dinilai memperlihatkan strategi lama pemerintah, yaitu menggenjot kegiatan ekonomi yang merosot melalui konsumsi para ASN. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan gaji ke-13 untuk ASN/Polri dan pensiunan direncanakan dibayarkan pada Agustus 2020.

Sri Mulyani menjelaskan pembayaran gaji ke-13 tersebut mempertimbangkan terjadinya pandemi Covid-19 yang menyebabkan kegiatan perekonomian tertekan sangat dalam, baik dari sisi permintaan, konsumsi masyarakat, dan investasi.

Berita selengkapnya di E-Paper Solopos.

Paspampres Pengawal Gibran Ditambah Seusai Amankan Rekomendasi Cawali Solo?

Buka Lapak Seusai Uji Lab

Solopos 22 Juli juga memuat kabar dari Pasar Gemolong, Kabupaten Sragen. Sehari menjelang penutupan sementara, aktivitas Pasar Gemolong nyaris tak berubah. Aktivitas orang di pintu gerbang utama Pasar Gemolong, Sragen, masih ramai pada Selasa (21/7/2020) siang.

Pedagang dan pengunjung keluar masuk pasar. Namun, jarang yang memanfaatkan wastafel atau tempat cuci tangan yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen di depan gerbang pasar itu.

Para pengemudi ojek terlihat nongkrong nyaris tanpa jaga jarak di depan pasar itu. Deretan becak juga terparkir rapi di depan pasar. Sementara lalu lalang pengguna jalan di Jalan Raya Sukowati, Gemolong, Sragen, cukup padat siang itu.

Berita selengkapnya di E-Paper Solopos.

Anggota DPRD Kota Madiun Terjaring Razia Balap Liar

Baru Separuh Pedagang yang Berjualan

Di Halaman Soloraya, Solopos 22 Juli mengabarkan kondisi Pasar Harjodaksino atau Gemblegan, Solo, pada hari pertama pembukaan setelah ditutup sepekan.

Seorang pedagang Saiman, 41, menunggu pembeli di los Pasar Harjodaksino, Selasa (21/7/2020) pukul 09.30 WIB. Pedagang buah tersebut sudah melakukan transaksi penjualan dengan pelanggannya yang merupakan pelaku usaha jus sejak pukul 04.00 WIB.

Menikah, Penghuni Gudang Angker Jajar Solo Dapat Hadiah Nginap di Hotel Berbintang

Jumlah transaksi penjualan hanya hitungan jari karena kondisi pasar sepi setelah penutupan sementara. Walau kondisi pasar sepi, warga Kecamatan Grogol, Sukoharjo tersebut bersyukur dapat berjualan kembali di pasar setelah tujuh hari berjualan sementara di rumahnya.

Lurah Pasar Harjodaksino, Listianto, menjelaskan jumlah pedagang yang menempati kios, los, dan pedagang oprokan sebanyak 1.407 orang. Jumlah pedagang pasar yang mulai aktif berjualan setelah penutupan pasar 50 persen.

Berita selengkapnya di E-Paper Solopos.

Berita Terkait

Berita Terkini

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan saat ini tracing diperluas ke Sidomulyo gang 3.

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.

Varian Delta Disebut Lebih Cepat Menular, Ini Penjelasannya

Varian delta disebut menimbulkan gejala sakit kepala, tenggorokan dan pilek hingga flu berat.

Pengusaha Wonogiri Siap Berkolaborasi Atasi Kemiskinan

Para pengusaha di Kabupaten Wonogiri siap berkolaborasi mengatasi kemiskinan sesuai bidang usaha masing-masing.