Solopos Hari Ini: PPKM Turun Bertahap

Presiden Jokowi memperpanjang PPKM dengan penurunan level hingga 30 Agustus. Topik ini menjadi berita utama dalam Koran Solopos hari ini, Selasa (24/8/2021).

 Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (24/8/2021). (dok)

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (24/8/2021). (dok)

Solopos.com, SOLO — Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (24/8/2021) hadir dengan sajian utama berjudul Turun Bertahap. Berita ini mengulas tentang perpanjangan PPKM untuk kali ke sekian oleh Presiden Joko Widodo.

Selain berita tersebut, ada berita menarik lain yang bisa Anda baca di Koran Solopos hari ini. Berikut cuplikan sejumlah beritanya:

Turun Bertahap

JAKARTA-Pemerintah pusat kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 30 Agustus 2021 dengan penurunan level di sebagian daerah. Pakar kesehatan. menyarankan PPKM tak dilonggarkan begitu saja.

Perpanjangan PPKM tersebut diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan melalui siaran langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (23/8/2021) malam. Salah satu alasan perpanjangan PPKM adalah pandemi Covid-19 yang belum selesai dan gelombang ketiga di berbagai negara dengan penambahan kasus signifikan.

Jokowi meminta masyarakat waspada dan menyebut pemerintah sedang berusaha keras melaksanakan kebijakan yang tepat untuk mengendalikan pandemi. Meski demikian, dia kasus di Indonesia saat ini telah turun hingga 78% sejak puncak kasus pada 15 Juli 2021.

Baca Juga: Alhamdulillah, Ribuan Buruh Pabrik Wonogiri Sudah Dapat Vaksinasi Covid-19

“Angka kesembuhan secara konsisten juga lebih tinggi dibandingkan penambahan kasus konfirmasi positif selama beberapa minggu terakhir. Hal ini berkontribusi secara signifikan terhadap penurunan keterisian tempat tidur [BOR] nasional yang saat ini berada pada angka 33%,” kata Presiden.

“Untuk itu, pemerintah memutuskan mulai tanggal 24 Agustus hingga 30 Agustus 2021, beberapa daerah bisa diturunkan levelnya dari Level 4 ke Level 3.”

Potret Warga yang Tertinggal Pembangunan Kota

Kebingungan tengah melanda para penghuni Rumah (Rusunawa). Mereka harus angkat kaki sementara di tengah sulitnya bertahan hidup akibat pandemi Covid 19.

Pikiran Kahono, 68, juga tengah diisi keresahan. Penghuni Rusunawa Semanggi itu sudah dirumahkan dari bengkel tempatnya bekerja sejak hampir satu tahun ini. Di usia lanjut, sulit baginya untuk mencari pekerjaan pengganti. Sehari-hari, dia bersama sang istri, Kusmariati, 63, hanya beraktivitas di rusunawa.

Untuk bertahan hidup, dia mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Itu pun hanya menjadi bantalan selama krisis akibat pandemi yang berkepanjangan.

Baca Juga: Terpidana Korupsi Djoko Tjandra Dapat Remisi, Pengamat Hukum UNS Solo Sebut Aneh

Akhir Agustus Sekolahan Tak Dipakai Isolasi

SOLO-Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tidak menggunakan lagi sekolahan sebagai gedung isolasi terpusat mulai akhir Agustus nanti.

Dalem Priyosuhartan dan Grha Wisata Niaga dipersiapkan sebagai penggantinya menyusul terus turunnya kasus Covid 19 di Kota Bengawan. Keduanya dipilih lantaran sudah pernah digunakan dan strategis. Selain keduat tempat itu, Pemkot bakal lebih mengoptimalkan Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali.

Pelaksana Harian Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo, Nicol Agus Putranto, mengatakan saat ini gedung sekolah yang masih digunakan adalah SMPN 25, SD Cengklik, dan SD Panularan. Seluruh penghuninya merampungkan masa isolasi pada akhir Agustus. Setelah itu, gedung isolasi tersebut ditutup.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa Anda simak diĀ Espos Premium.

Berita Terkait

Espos Plus

Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

+ PLUS Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

QZRUH yang pada era 1980-an hingga 1990-an dikenal sebagai geng remaja anarkistis di Kota Jogja kini mengubah citra menjadi geng dengan aneka kegiatan sosial. QZRUH Reborn berusaha mengubah citra geng ini menjadi lebih humanis.

Berita Terkini

Sejarah Hari Ini: 24 Januari 1848 Mulai Penambangan Emas di California

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 24 Januari.

Menpan RB: Pemda Jangan Lagi Rekrut Tenaga Honorer

Tjahjo menegaskan larangan bagi instansi pemerintah untuk merekrut tenaga honorer tersebut juga telah diatur dalam peraturan pemerintah.

Pemerintah Bakal Rekrut Lebih Banyak PPPK Daripada PNS

Formasi CPNS akan ditiadakan penerimaannya pada tahun 2022.

TNI: Poster Babe Haikal Isi Pengajian di Yonif Raider Hoaks

Yonif Para Raider 502/UY telah meminta Tim Ustadz Babe Haikal untuk menghapus poster tersebut guna menghindari kesalahpahaman di masyarakat.

Yusuf Mansur: Tak Salat Aja Boleh Minta, Masak yang Salat Tidak Boleh

Yusuf Mansur mengatakan tidak ada yang salah jika seseorang menunaikan salat untuk meminta rezeki kepada Allah SWT.

Setor Rp12 Juta, Mimpi Umi Nginap di Hotel Yusuf Mansur Tak Kesampaian

Perempuan yang kini berusia 77 tahun itu adalah salah pengagum Ustaz Yusuf Mansur.

Iran akan Punya Hak Suara Lagi di PBB Setelah Tunggakan Dilunasi Korsel

Iran akan mendapatkan kembali hak suaranya di PBB setelah Korea Selatan (Korsel) membayar tunggakan iuran Tehran ke badan dunia itu.

+ PLUS Pembangunan Kawasan Inti Ibu Kota Baru Masih Menunggu Alokasi Biaya

Realisasi pembangunan infrastruktur di kawasan inti ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur masih menunggu alokasi anggaran dan perintah Presiden Joko Widodo. Seluruh lahan bakal lokasi ibu kota baru adalah tanah negara.

Tak Peduli Bisnis, Umi Sepuh Hanya Ingin Nginap di Hotel Yusuf Mansur

Umi tertarik ikut investasi karena ingin merasakan tidur di hotel yang saat itu dikampanyekan Yusuf Mansur milik umat Islam dan untuk jemaah haji.

Tak Menuntut Yusuf Mansur, Umi Sepuh Pilih Curhat kepada Allah

Umi tertarik ikut investasi karena ingin merasakan tidur di hotel yang saat itu dikampanyekan Yusuf Mansur milik umat Islam dan untuk jemaah haji.

5 Mobil Arteria Dahlan Pakai Pelat Nomor Sama, Apa Sanksinya?

Mempunyai pelat mobil ganda dapat dikenai sanksi penilangan bahkan pemalsuan identitas, karena setiap kendaraan memiliki plat nomor berbeda.

5 Mobil Ini Tidak Dilaporkan Anggota DPR Arteria Dahlan ke KPK

Meskipun diakui miliknya, 5 mobil tersebut tak dimasukkan dalam catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per Desember 2019.

+ PLUS SAFEnet Luncurkan Platform Pengaduan Pelanggaran Hak-Hak Digital

Mengakses Internet dengan aman dan nyaman adalah hak asasi setiap orang. Negara harus memenuhi hak itu. Perlindungan data pribadi menjadi bagi penting dari pemenuhan hak asasi digital warga negara.

Puspo Wardoyo: Sedekah & Investasi Yusuf Mansur Rugikan Umat

Pengusaha Wong Solo Group, Puspo Wardoyo, menilai apa yang dilakukan Ustaz Yusuf Mansur terkait investasi dan sedekah merugikan umat.

Dikhianati Soal Mobil, Puspo Wardoyo Dendam ke Ustaz Yusuf Mansur?

Puspo Wardoyo menilai apa yang dilakukan Ustaz Yusuf Mansur terkait sedekah dan investasi itu menyesatkan serta merugikan umat.

+ PLUS "Nobel Vietnam" untuk Terobosan Sains dan Teknologi bagi Kemanusiaan

Yayasan VinFuture yang berbasis di Hanoi, Vietnam, memberikan penghargaan kepada para ilmuwan di dunia yang berprestasi bagi kemanusiaan. Penentuan ilmuwan penerima hadiah diputuskan sebuah komite khusus.