SOLOPOS.COM - Petugas memvaksin karyawan di PT Liebra Permana, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, belum lama ini. (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Polres Wonogiri turut menggenjot capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Wonogiri khususnya untuk kalangan buruh pabrik, Sabtu-Minggu (21-22/8/2021).

Ribuan karyawan telah divaksin dosis pertama menggunakan vaksin Moderna. Polres Wonogiri masih akan menggencarkan vaksinasi dengan sasaran yang sama menyesuaikan permohonan dari perusahaan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kegiatan ini bagian dari Vaksinasi Merdeka Candi 2021. Sebelumnya, Polres Wonogiri menggelar kegiatan yang sama di sejumlah tempat dengan sasaran masyarakat umum, orang lanjut usia (lansia), dan difabel. Saat itu ribuan orang mendapat vaksin.

Baca Juga: Jalan Raden Mas Said Simpang Tiga Klampisan Wonogiri Ditutup Lagi Saat Malam Hari

Ekspedisi Mudik 2024

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Polres Wonogiri, Senin (23/8/2021), vaksinasi Covid-19 untuk buruh pabrik itu digelar di dua lokasi.

Keduanya yakni PT Liebra Permana, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri dan PT Top and Top Apparel, Desa Gedong, Kecamatan Ngadirojo. Aparat TNI turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Polres Wonogiri menyiapkan 80 vial vaksin Moderna atau lebih kurang 1.200 dosis vaksin untuk karyawan PT Liebra Permana, pada Minggu. Sasaran yang tervaksin sebanyak 1.187 orang.

Baca Juga: Pria Paruh Baya Tertabrak Truk saat Menyeberang Jalan di Purwantoro Wonogiri

Mendekati Target

Pada Sabtu, target sasaran lebih kurang 600 orang. Jumlah buruh pabrik yang mendapat vaksinasi Covid-19 di Wonogiri mendekati target.

Sementara saat kegiatan di PT Top and Top Apparel, Minggu, Polres Wonogiri menyiapkan 40 vial vaksin. Karyawan tervaksin sebanyak 576 orang.

Selain karyawan perusahaan setempat, mereka adalah karyawan PT Naga Buana, Toserba Baru, Luwes, dan warga sekitar. Pada Sabtu target sasaran sebanyak 670 orang. Sasaran tervaksin hampir mendekati target.

Baca Juga: Alhamdulillah, Bantuan PKH di Wonogiri Bisa Dicairkan Mulai Hari Ini

Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, mengatakan ada puluhan buruh pabrik yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 namun tak lolos skrining, sehingga tak bisa divaksin.

Mereka tak lolos skrining karena memiliki penyakit penyerta, seperti asma, tekanan darah tinggi/hipertensi, diabetes melitus, mag, lupus, dan komplikasi.

“Karyawan yang sudah divaksin akan mendapatkan vaksin dosis kedua 28-30 hari setelah vaksin dosis pertama. Vaksinasi akan digelar di tempat yang sama,” kata Kapolres.

Baca Juga: LSM di Wonogiri Kritik Kebijakan Penutupan Jalan dan Pemadaman PJU saat PPKM

Memetakan Sasaran

Vaksinasi Covid-19 dengan sasaran buruh pabrik di Wonogiri masih akan dilakukan. Kegiatan menyesuaikan permohonan dari pihak perusahaan. Surat permohonan itu sebagai dasar pelaksanaan kegiatan.

Polres Wonogiri masih memetakan sasaran dan jumlah kebutuhan vaksin. Apabila ke depan kondisi sudah memungkinkan digelarnya pembelajaran tatap muka (PTM), tidak menutup kemungkinan Polres Wonogiri akan menyasar pelajar.

“Kami membantu Pemkab [Pemerintah Kabupaten] Wonogiri mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi. Kodim 0728/Wonogiri juga melaksanakan vaksinasi,” imbuh Kapolres.

Baca Juga: Meski Enggak Untung, Warung Kuliner Kawasan WGM Wonogiri Tetap Buka saat PPKM

Ia menambahkan Polres Wonogiri masih memiliki stok vaksin lebih dari 1.000 vial. Estimasinya satu vial terdapat 14 dosis.

Stok itu akan digunakan untuk memvaksin sasaran secara lengkap, yakni vaksin dosis pertama dan kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya