Solopos Hari Ini: Janji Struktur Upah Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akhirnya menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 tak jauh dari kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang hanya 0,78%.

 Harian Solopos edisi Kamis (2/12/2021).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Kamis (2/12/2021).

Solopos.com, SOLO – Walau sudah menetapkan UMK 2022 tak jauh dari UMP Jateng yang hanya 0,78%, Gubernur Ganjar Pranowo meminta perusahaan memberi upah buruh di atas UMK.

Harian Solopos edisi Kamis (2/12/2021) menyajikan headline terkait kenaikan UMK 2022 yang tak jauh dari UMP.

Janji Struktur Upah Ganjar

SOLO-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akhirnya menetapkan upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2022 tak jauh dari kenaikan upah minimum provinsi (UMP) yang hanya 0,78%.

Namun, Ganjar menekankan agar perusahaan memberikan upah di atas UMK. Penetapan UMK tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 561/39 tentang Upah Minimum pada 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022. Penetapan UMK Jawa Tengah 2022 itu mendasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 36/2021 tentang Pengupahan yang sejak awal ditolak serikat buruh.

Dalam keterangan yang dirilis melalui laman resmi jatengprov.go.id, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menekankan penetapan UMK berdasarkan formula baku. Pemprov ingin menunjukkan nilai angka UMK itu berasal dari PP No. 36/2021 tak bisa diutak-atik.

Baca Juga: Sebut Penetapan UMK 2022 Jateng Inkonstitusional, Buruh Siapkan Gugatan

“UMK berdasarkan perhitungan formula dan PP 36/2021 pasal 26 dan angka dari BPS [Badan Pusat Statistik], sesuai surat Menteri Ketenagakerjaan kepada para gubernur se-Indonesia No. B-M/383/H1.01.00/XI/2021 tanggal 9 November 2021, tentang Penyampaian Data Perekonomian dan Ketenagakerjaan dalam Penetapan Upah Minimum Tahun 2022,” bunyi keterangan resmi Pemprov Jawa Tengah, Selasa (30/11/2021).

Meski menetapkan kenaikan upah yang lebih rendah daripada rata-rata kenaikan nasional 1,09%, Ganjar beralasan upah minimum adalah batas terendah upah bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Sedangkan upah bagi pekerja lebih dari satu tahun, katanya, harus melalui penghitungan Struktur dan Skala Upah (Susu) dengan memperhatikan minimal inflasi sebesar 1,28% dan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 0,97%.

Masih di halaman depan, Harian Solopos menyajikan berita terkait kemunculan varian baru virus corona, Omicron.

Kian Dekat Perbatasan Indonesia

JAKARTA — Varian baru virus SARS-CoV-2, Omicron, belum terpantau masuk ke Indonesia meski sudah masuk ke Papua Nugini. Di tengah terbatasnya kemampuan genomic seguencing, Indonesia segera menghadapi mobilitas pada periode Natal dan tahun baru.

“Varian Omicron belum masuk ke Indonesia,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk penanganan Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi ketika dihubungi Bisnis Indonesia, Rabu (1/12/2021).

Kemenkes menyatakan per Selasa (30/11/2021), terdapat 23 negara yang melaporkan kasus dani varian Omicron atau B.1.1.529. Negara-negara tersebut di antaranya Austria, Austrahia, Belgia, Botswana, Kanada, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Hong Kong, Israel, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swiss, dan Inggris.

Baca Juga: Jumlah Harian Cetak Rekor, Korsel Laporkan Lima Kasus Varian Omicron

Nadia mengatakan konfirmasi kasus varian Omicron tengah mengalami peningkatan dari 161 menjadi 249 kasus secara global. Adapun, varian Omicron di Afrika Selatan banyak terdeteksi pada orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang belum divaksinasi.

Namun, apabila merujuk ke Tanah Air hingga saat ini, kasus Covid-19 pada ODHA cukup rendah. Penyebabnya, kata Nadia, mayoritas ODHA di Tanah Air telah mendapatkan vaksinasi Covid 19 pada Juni 2021.

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan berita terkait perpanjangan jam operasional sejumlah mal dan pusat perbelanjaan di Kota Solo pada momen Natal dan Tahun Baru.

Nataru, Jam Buka Mal Diperpanjang

SOLO-Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal memperpanjang jam buka mal dan pusat perbelanjaan pada momen Natal dan Tahun Baru atau tepatnya saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Jika biasanya jam operasional dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 21.00 WIB, saat momen itu diperpanjang yang dimulai pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB.

Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengatakan perpanjangan jam operasional dilakukan agar pengunjung tak berkerumun di jam-jam tertentu. “Ya, harapannya biar tidak berkerumun. Waktu buka lebih panjang Kalau diperpendek malah khawatirnya bikin kerumunan,” kata dia kepada wartawan, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Jam Buka Mal Solo Justru Ditambah saat Momen Nataru, Ini Alasan Pemkot

Kendati begitu, Ahyani memastikan tak ada event khusus selama libur Nataru. Pihaknya sudah meminta pengelola mal membatalkan agenda khusus perayaan di dua hari kbur nasional itu. la kemudian meminta warga tak bepergian ke luar kota, namun sejumlah destinasi wisata kota tetap dibuka dengan pembatasan jumlah pengunjung.

Aparatur sipil negara (ASN), khususnya, yang diharapkan tak mengambil cuti selama momen tersebut. “Ya, kami tidak menutup tempat wisata, pertimbangannya kan memang ada pembatasan, tapi tetap ada ruang untuk berkegiatan. Intinya tetap di dalam Solo, tidak ke mana-mana. Mungkin untuk asal Soloraya tetap diperbolehkan karena kita kan aglomerasi atau regional,” kata dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Mengenal Primata Endemik Pulau Jawa yang Dikenal Cerdas Namun Pemalu

Lutung jawa merupakan satwa endemik Pulau Jawa yang dikenal cerdas namun memiliki sifat pemalu.

Bupati Langkat Pejabat Terkaya, Lebih Kaya dari Jokowi

Total harta kekayaan Bupati Langkat ternyata melebihi Presiden Joko Widodo.

+ PLUS Spekulasi Penundaan Pemilu dan Perpanjangan Jabatan Presiden Tamat

Spekulasi tentang penundaan Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo telah tamat. Tahapan Pemilu 2024 selanjutnya akan dibahas dan ditetapkan oleh anggota baru KPU.

Profil Bupati Langkat, Pemilik Kerangkeng Manusia

Berikut profil Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-Angin, yang menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Misteri Brankas Pengusaha Terkaya ASEAN di Semarang, Apa Isinya?

Pengusaha terkaya se-Asia Tenggara di zaman Belanda, Oei Tiong Ham, meninggalkan dua brankas di Kota Semarang, Jawa Tengah.

+ PLUS WHO: Jutaan Orang Meninggal Akibat "Dapur Ngebul"

WHO menyebut jutaan orang meninggal belum waktunya akibat dapur ngebul alias polusi dalam rumah tangga.

+ PLUS Menanti Transformasi Balap Liar Menuju Tontonan Menarik dan Menghibur

Aksi balapan liar yang selama ini bercitra buruk di mata masyarakat bakal disulap menjadi tontonan menarik oleh Polri.

Mitos Hamil Anggur Bagi Perempuan Banjar yang Melanggar Pamali

Menurut kepercayaan masyarakat Banjar, perempuan yang melanggar pamali dapat hamil anggur.

Begini Kata Polisi Soal Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan, menyebut kerangkeng di rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin, dibuat sejak 10 tahun lalu atas inisiatifnya.

+ PLUS Kebocoran Data Bank Indonesia Momentum Mempercepat Pengesahan RUU PDP

Pengesahan RUU PDP menjadi undang-undang penting untuk mengatur perlindungan data pribadi. Sejauh ini tak pernah ada transparansi dari pengelola data tentang pengelolaan data-data pribadi yang bocor.

17 Pegawai Pengadilan Negeri Depok Terpapar Covid-19, Begini Kondisinya

PN Kota Depok menutup sementara semua pelayanan dan aktivitas selama lima hari kerja, mulai Selasa hingga Senin (25-31/1/2022) karena 17 pegawai terpapar Covid-19.

+ PLUS Heboh Pelat Nomor Dewa, Begini Aturan Terkait Nomor Khusus dan Rahasia

Peraturan Polri No. 7/2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor atau Regident Ranmor mengatur ketentuan penggunaan pelat nomor khusus dan rahasia.

+ PLUS Desain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

Desain dan konsep Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sepenuhnya kota masa depan. Infrastrukturnya belum pernah ada di kota-kota masa kini.

Turun Tipis Nih! Simak Yuk Harga Emas Pegadaian, Selasa 25 Januari 2022

Pergerakan harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Selasa (25/1/2022) terpantau turun tipis untuk emas Antam dan UBS ukuran tertentu.

10 Berita Terpopuler: Waspada Begal Payudara dan Polemik Yusuf Mansur

Ulasan aksi begal payudara di 2 lokasi Kabupaten Sragen dan polemik sedekah-investasi ala Yusuf Mansur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Selasa (25/1/2022).