Solopos Hari Ini: Aglomerasi Transportasi

Moda transportasi dengan wilayah operasi aglomerasi Soloraya membuka harapan sejumlah pihak, salah satunya pelaku wisata.

 Harian Solopos edisi Rabu (6/7/2022).

SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Rabu (6/7/2022).

Solopos.com, SOLO — Moda transportasi dengan wilayah operasi aglomerasi Soloraya membuka harapan sejumlah pihak, salah satunya pelaku wisata. Moda transportasi, termasuk Batik Solo Trans (BST), diharapkan bisa memperluas jangkauan dan makin menghubungkan Soloraya.

Bagi Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Lilik Tri Wahyuni, perluasan wilayah operasional BST diyakininya membawa dampak positif. Seperti harapannya Kebun Raya Indrokilo semakin dikenal dan semakin mudah diakses.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Sepanjang itu semakin meramaikan kebun raya, dan semakin banyak orang yang mengenal kami,” kata Lilik kepada Espos, Selasa (5/7/2022). Perluasan operasi BST diakui menunjukkan dampak kesadaran warga menggunakan transportasi publik.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Sukoharjo, Agus Eko Budiyono, menyatakan tingkat keterisian penumpang, BST koridor 5 atau load factor menunjukkan peningkatan setiap bulan. Awalnya, kata Agus, banyak masyarakat yang hanya mencoba naik BST menuju Kota Solo.

Kini, tak sedikit masyarakat yang menjadi penumpang langganan naik BST hampir setiap hari. Meskipun demikian, Dishub Sukoharjo belum berencana menambah koridor dan memperluas jangkauan BST ke daerah lain di Sukoharjo.

Baca juga: Masterplan BST, Prioritaskan Wilayah Soloraya

“Saya pikir dua koridor BST yang melewati kawasan Solo Baru dan Mojolaban sudah cukup. Memang dulu sempat ada pengin agar BST melewati Solo Baru hingga Terminal Sukoharjo. Jadi melewati ruas jalan utama di Sukoharjo. Tentunya, harus ada kajian rute perjalanan apakah menguntungkan atau tidak,” kata dia.

Agus tak mengelak rute ke desa wisata di Sukoharjo bisa berdampak positif. Namun dia tak mau tutup mata jalur perdesaan di Sukoharjo cukup sempit dilalui bus. BST juga telah masuk ke wilayah Satelit Kota Solo, salah satunya di Kecamatan Colomadu, Karanganyar. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Rabu (6/7/2022).

Delegasi TIIWG Disambut di Sasana Andrawina

SOLO—Sejumlah delegasi dan tamu undangan Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty (G20) mengikuti welcome dinner di Keraton Solo Hadiningrat (Keraton Solo), Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Selasa (5/7/2022) petang.

Mereka disambut suasana redup senja setelah kompleks keraton diguyur hujan. Berdasarkan pantauan Solopos pukul 17.00 WIB, petugas gabungan bersiaga menunggu para delegasi serta undangan di sekitar Kori Kamandungan, bagian terdepan Keraton Solo.

Para delegasi serta tamu tiba di Keraton Solo dari Hotel Alila Solo dengan sejumlah kendaraan Toyota Hiace warna putih sekitar pukul 17.24 WIB. Kondisi cuaca hujan waktu itu. Namun, atraksi musik drumband oleh abdi dalem menyambut kedatangan mereka di Kori Kamandungan.

Baca juga: Awali Pertemuan TIIWG, Delegasi G20 Hadiri Jamuan Makan di Keraton Solo

Para tamu kemudian masuk melalui pintu Kori Kamandungan menuju Sasana Andrawina, tempat welcome dinner. Makan malam bersama tersebut merupakan rangkaian pertemuan kedua TIIWG dengan tuan rumah Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPM) bersama dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

The second TIIWG meeting itu digelar di Kota Solo, Selasa-Kamis (5-7/7/2022). Sebagai informasi, pertemuan pertama TIIWG juga digelar di Solo, Maret 2022 lalu. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Rabu (6/7/2022).

Dua Lahan Alternatif SMAN di Pasar Kliwon

SOLO — Pemerintah Kecamatan Pasar Kliwon menyediakan dua opsi lahan untuk lokasi pembangunan SMAN selain di HP 00001 Kelurahan Mojo. Kedua alternatif tersebut adalah Lapangan Kenteng di Semanggi dan Pasar Ayam.

“Kami hanya mengusulkan, termasuk kemarin juga saat rapat kami mengusulkan lahan lain [HP001], mungkin nanti bekas Pasar Ayam kalau jadi dipindah,” jelas Camat Pasar Kliwon, Ahmad Khoironi, saat ditemui Solopos di Kantor Kecamatan, Selasa (5/7/2022).

Selain Pasar Ayam, lahan lain yang diusulkan adalah lapangan Kenteng di selatan RSUD Bung Karno. “Lapangan Kenteng di Mojo itu juga kami usulkan. Nanti beberapa alternatif, itu yang terbaik yang mana, nanti mangga disinkronkan bersama. Dan kami sudah menyediakan beberapa alternatif.” tambah dia.

Baca juga: Hampir Penuh, 33 Siswa Pasar Kliwon Daftar Kelas Virtual SMAN 2 Solo

Sebelumnya, lahan HP001 atau eks HP16 tidak memenuhi kriteria syarat minimal luas lahan. Namun, rencana pembangunan kampus II SMAN 2 Solo jalan terus dengan mencari lahan yang lain. Roni mengungkapkan Pasar Ayam menjadi rekomendasi pertama lokasi pembangunan SMAN di Pasar Kliwon.

Menurutnya, lokasi Pasar Ayam strategis. Namun, rencana tersebut membutuhkan proses yang panjang karena masih wacana. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Rabu (6/7/2022).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Optimistis Bangkit Lebih Cepat

      Bangsa Indonesia ini masih memiliki tantangan besar saat memperingati ulang tahun ke-77 Proklamasi Kemerdekaan.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), bisa disimikan pada artikel ini.

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.