Simak! Ini Cara Dapat Token Listrik Gratis Selama Darurat Corona
Ilustrasi aplikasi listrik pintar. (Twitter)

Solopos.com, JAKARTA – Sebanyak 24 juta pelanggan listrik 450 VA PLN bakal mendapat layanan gratis selama tiga bulan, April-Juni 2020. Selain itu, 7 juta pelanggan listrik 900 VA juga bakal mendapat diskon 50 persen.

Angka tersebut diperoleh PLN berdasarkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Pelanggan listrik 450 VA pascabayar bakal bebas tagihan sesuai batas pemakaian.

Lantas, bagaimana dengan pengguna token atau listrik prabayar? Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana, menyebut pihaknya akan menyiapkan sosialisasi listrik gratis melalui aplikasi.

Khawatir Kena Corona? Yuk Deteksi Dini di Sini

Dengan demikian, pelanggan listrik prabayar (token) tidak bingung bagaimana cara mendapat listrik gratis dan diskon tarif 50%.

"Jadi sudah ada aplikasinya dan tinggal kita sosialisasikan. Di mana token nantinya akan diberikan setiap bulan. Dan tidak langsung tiga bulan," ujar dia pada telekonferensi di Jakarta, Rabu (1/4/2020), seperti dikabarkan Okezone.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi, mengatakan PLN sempat memberikan kompensasi saat blackout 4 Agustus 2019.

"Maka itu sudah ada aplikasi tinggal masing-masing konsumen masukan ID pelanggan saja. Nantinya dia sudah langsung klik dapat kode voucher sejumlah," terangnya.

Data Terkini: 1.677 Orang Positif Corona di Indonesia, 104 dari Jateng

Setiap ID pelanggan sudah terekam di database PLN. Misalnya seorang pelanggan pemakaian 3 bulan terakhirnya maksimal 100 kwh, dia akan otomatis mendapat 100 kwh listrik gratis.

"Saya rasa sudah cukup valid diimplemenasikan di kompensasi blackout, tinggal masukkan ID pelanggan saja," tandasnya.

Cara Dapat Token Gratis

Prediksi Corona Indonesia Maksimal 6.174 Kasus, Bisa Reda Juni 2020

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian ESDM akhirnya mengeluarkan skema penerapan listrik gratis untuk masyarakat tiga bulan selama  masa pandemi corona.

PT PLN (Persero) akan menjalankan skema tersebut karena mendapatkan kompensasi sebesar Rp3,5 triliun.

Warga Semanggi Solo Meninggal Tertabrak KA Batara Kresna

Skema pertama yakni 24 juta pelanggan 450 WA pascabayar gratis biaya rekening listrik selama tiga bulan. Sementara untuk pelanggan prabayar (token) akan diberikan token gratis untuk pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Sementara, untuk 7 juta pelanggan 900 VA bersubsidi mendapatkan diskon 50% tarif listrik selama tiga bulan.

Sumber: Okezone


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho