Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD, Jokowi Sampaikan Tiga Pidato
Jokowi memakai baju adat Sabu saat Sidang Tahunan (Youtube TV Parlemen)

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengikuti sidang tahunan MPR-DPR. Presiden akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam sidang tahunan tersebut.

Jokowi mengenakan pakaian adat NTT baju adat Sabu, tiba di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020) sekitar pukul 08.25 WIB. Dia nampak mengenakan masker.

Mobil yang ditumpangi Jokowi berhenti di lobi Gedung Nusantara atau dikenal dengan Gedung Kura-Kura. Jokowi disambut Wapres Ma'ruf Amin dan Ketua DPR Puan Maharani yang sudah tiba lebih dulu.

Dapat Penghargaan dari Jokowi, Ini Kata Fahri Hamzah dan Fadli Zon

Dalam sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD kali ini, Jokowi dijadwalkan menyampaikan pidato kenegaraan sebanyak tiga kali. Pidato pertama, Jokowi akan menyampaikan Laporan Kinerja Lembaga-lembaga Negara dalam sidang tahunan MPR.

Pidato kedua dilakukan Jokowi saat Sidang Bersama DPR dan DPD. Dalam Sidang Bersama ini, Jokowi akan berpidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Pidato pertama dan kedua akan disampaikan dalam waktu yang tak berselang lama.

Pengamanan Ketat

Pidato terakhir, Jokowi akan menyampaikan pidato dalam rangka Penyampaian RUU APBN Tahun Anggaran 2021 dan Nota Keuangan beserta Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2020-2021. Pidato yang ketiga akan disampaikan setelah jeda Salat Jumat.

Kerap Terjadi Kecelakaan, Tingkat Keselamatan Flyover Manahan Solo Mendesak Diinspeksi

Untuk diketahui, sidang tahun mendengarkan pidato kenegaraan ini digelar berbeda dari tahun sebelumnya. Sidang yang digelar saat pandemi ini akan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sidang tahunan ini hanya akan dihadiri secara langsung oleh sekitar 277 orang dari anggota MPR, DPR, dan DPD.

"Jadi, untuk unsur DPR itu, pimpinan DPR, ketua fraksi, sekretaris fraksi, ketua komisi, dan wakil ketua komisi, serta kapoksi, termasuk ketua AKD (alat kelengkapan dewan) dan wakilnya. Jumlahnya, setelah dibuat matrik sekitar 176 dari DPR," kata Sekjen DPR, Indra Iskandar, kepada wartawan, Kamis (13/8).

Kepala SD di Madiun Meninggal Akibat Covid-19, Diduga Tertular Pelayat Suaminya

Pantauan di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, pengamanan di sekitar gedung DPR sebelum acara pidato kenegaraan dijaga ketat. Sebanyak tiga helikopter TNI AU disiagakan di halaman belakang gedung Nusantara, tempat berlangsungnya sidang tahunan.

Selain itu, tampak kendaraan barracuda juga disiagakan. Akses masuk ke gedung Nusantara pun dibatasi. Hanya tamu VIP dan undangan yang diperbolehkan masuk. Disediakan layar besar di pelataran gedung Nusantara II untuk menyaksikan jalannya sidang.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom