SOLOPOS.COM - Sukarelawan Solo Hebat mengikuti pelatihan kampanye door to door dengan menerapkam protokol kesehatan di Posko Relawan Solo Hebat di Banyuagung, Solo, Jumat (9/10/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Sekitar 500 sukarelawan pendukung Gibran Rakabuming Raka mengikuti pelatihan kampanye door to door dengan standar protokol kesehatan atau prokes guna mencegah persebaran Covid-19, Jumat (9/10/2020) hingga Minggu (11/10/2020).

Pelatihan dilakukan secara bergelombang dalam beberapa sesi selama tiga hari untuk membatasi jumlah orang yang berkumpul. Dengan mengikuti pelatihan tersebut mereka diharapkan bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan kampanye menyambangi rumah warga.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Pelatihan Relawan Solo Hebat, Stefanus Gusma menjelaskan pelatihan dilakukan sebagai bentuk komitmen mematuhi ketentuan pemerintah dan KPU. Kondisi pandemi Covid-19 membuat sukarelawan tidak bisa bergerak seenak sendiri.

PDIP Jateng Ingin Menang di 15 Daerah

Mereka harus mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencegah kerumunan dan rajin mencuci tangan. “Hampir 500 relawan ikut pelatihan ini. Setelah pelatihan mereka akan bergerak masif di lapangan,” ujar dia.

Menurut Gusma metode mendatangi langsung rumah warga (door to door) sengaja dipilih untuk mencegah kerumunan warga. Selama dua bulan ke depan, 500 sukarelawan Solo Hebat akan menyasar 95.000 rumah warga Kota Bengawan.

“Mereka ini lah yang akan bergerak secara masif dan berkelanjutan selama dua bulan ke depan mendatangi rumah warga. Target cakupan pergerakan mereka di angka 95.000 rumah. Mudah-mudahan lancar dan tidak ada masalah,” kata dia.

Bawaslu: Taati Prokes Saat Kampanye Pilkada Cegah Klaster Baru

Alat Pelindung Diri

Gusma menerangkan, selain mensosialisasikan visi-misi dan program kerja Gibran-Teguh Prakosa, 500 sukarelawan akan menjelaskan tentang tahapan Pilkada 2020. Mereka juga akan mengajak masyarakat untuk aktif di setiap tahapan pilkada.

“Pelatihan ini sekaligus untuk memetakan lima wilayah kecamatan. Mereka akan dibekali secara khusus kemampuan untuk melakukan itu oleh mentor-mentor berpengalaman. Kami datangkan ahli door to door champaign dari Jakarta,” urai dia.

Kompak, 12 Pasien Positif Covid-19 di Klaten Sembuh Bareng

Sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan, menurut Gusma, para sukarelawan akan dibekali alat pelindung diri (APD) lengkap seperti pelindung wajah, masker dan hand sanitizer. Selama pelatihan pun mereka sudah mengenakan APD tersebut.

Sedangkan Ketua Relawan Solo Hebat, Maria Magdalena Blegur menambahkan sukarelawan yang berkampanye door to door akan dibekali surat tugas. “Unsurnya macam-macam, ada anak muda, ibu-ibu dan dari berbagai unsur lain,” tutur dia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya