SOLOPOS.COM - Fotografer dan pengunjung Supermall Pakuwon Indah, memotret aksi robot Asimo produksi Honda Motor Co Ltd, saat Asimo World Tour di Surabaya, Jumat (25/7). (Foto Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Robot canggih Asimo Honda Motor Co. mengawali debutnya pada 2000. Kini setelah menjalani peran sebagai simbol dari perintis teknologi robot Jepang selama 20 tahun, akan segera pensiun.

Robot humanoid Asimo Honda Motor Co. akan pensiun pada Kamis (31/3/2022), setelah memukau publik dengan demonstrasi berjalan dan menari di ruang pamer di markas besar pembuat mobil di Tokyo.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Asimo menjadi terkenal ketika memamerkan kemampuannya berlari, melompat dengan satu kaki, berbicara bahasa isyarat menggunakan lima jari dan menuangkan kopi ke dalam cangkir kertas dari sebuah tumbler.

Baca juga: Jelang Lebaran, Ini 5 HP Dengan Kamera Terbaik Harga Rp2 Jutaan

Dikutip dari Antara, Senin (28/3/2022), Honda sebenarnya pada 2021 memberikan upgrade terakhir untuk memberikan kemampuan membuat keputusan otonom seperti menghindari menabrak seseorang saat berjalan. Bakal pensiunya Robot Asimo, mulai muncul pada September 2021.

Saat itu Honda mengumumkan rencana untuk mengembangkan robot avatar, yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikannya secara virtual dari lokasi yang jauh. Dilengkapi dengan tangan multi-jari dan fungsi remote control asli yang didukung AI.

Menjelang penampilan terakhir Asimo, para penggemar termasuk orang tua dengan anak-anak mengunjungi showroom Honda. Mereka ingin bertemu dan berpamitan dengan robot berukuran anak-anak yang terlihat seperti mengenakan pakaian luar angkasa.

Baca juga: Awal 2022 Lebih dari 3.000 Phising di Indonesia, Sasar Sektor Keuangan

Honda mengatakan akan melanjutkan penjualan barang Asimo setelah robot pensiun, menjaga karakter tetap aktif. Asimo adalah singkatan dari Advanced Step in Innovative Mobility.

Asimo juga telah menunjukkan kemampuannya yang seperti manusia di luar negeri. Pada tahun 2002, tahun yang menandai peringatan 25 tahun pencatatan Honda di Bursa Efek New York, Asimo membunyikan bel pasar saham untuk membuka sesi perdagangan.

Pada tahun 2014, ketika Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi Jepang, robot berkaki dua itu menyapanya dalam bahasa Inggris dan memamerkan gerakan termasuk menendang bola dan melompat di Museum Nasional Sains dan Inovasi Baru di Tokyo.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya