SOLOPOS.COM - Joki kuda saat berpacu dalam kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II di Lapangan Tegalwaton Kabupaten Semarang, Minggu (25/9/2022). (Solopos.com – Hawin Alaina)

Solopos.com, SEMARANG — Ratusan joki kuda mengikuti Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Danjen Kopassus Cup Nusantara Derby 2022 Round II, Minggu (25/9/2022).

Kejuaraan yang digelar di Lapangan Pacuan Kuda Tegalwaton, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, itu, menarik minat penonton. Bahkan lokasi pacuan kuda sudah dipadati penonton sejak Minggu pagi.

Promosi Keren, Klaster Usaha Binaan BRI ini Sukses Sulap Batok Kelapa Jadi Kerajinan

Walaupun cuaca sekitar pacuan kuda panas, namun tidak menyurutkan semangat para penonton untuk melihat kejuaraan tersebut.

Danjen Kopassus, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan, mengatakan bahwa kejuaraan ini merupakan program teritorial dari Kopassus.

Baca Juga: Korban Meninggal dalam Kecelakaan Tol Semarang-Solo Bertambah, Total 6 Orang

“Penyelenggaraan kejuaraan nasional pacuan kuda ini adalah salah satu bentuk program pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh Kopassus dan juga merupakan bentuk apresiasi secara langsung terhadap prestasi atlet-atlet pacuan kuda di Indonesia,” kata Iwan, Minggu (25/9/2022).

Menurut dia dengan digelarnya kejuaraan ini juga untuk memupuk tali silaturahmi serta kebersamaan sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Melalui kejuaraan pacuan kuda ini untuk mencari bibit dan melatih kuda pacu dari seluruh Indonesia yang berpotensi untuk dapat berprestasi sampai dengan tingkat Internasional,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya kejuaraan ini dapat menarik minat dan penggemar olahraga berkuda di Indonesia.

Baca Juga: Polisi Periksa 7 Pengemudi Mobil dalam Kecelakaan Beruntun Tol Pejagan-Pemalang

“Semoga kedepan kejuaraan seperti ini dapat digelar secara rutin setiap tahunnya,” imbuhnya.

Ada sepuluh race pacuan utama dan delapan race pacuan tambahan dari jarak 1.000 meter sampai 2.200 meter.

“Dalam pelaksanaan Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Nusantara Derby 2022 Round II di Tegalwaton Kabupaten Semarang mengikutsertakan 122 ekor kuda,” terangnya.

Dalam perlombaan ini terdapat sepuluh Kontingen yang terdiri dari beberapa Provinsi, seperti Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Yogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat.

“Kedepannya Kopassus bisa turut serta menyelenggarakan lomba pacuan kuda dalam rangka HUT Kopassus tiap tahunnya,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya