Solopos.com, KARANGANYAR — Warga Desa Gondosuli,  Tawangmangu, Karanganyar berkumpul di lapangan desa setempat menyalakan long bumbung (meriam bambu) untuk menyambut Bulan Suci Ramadan dengan, Jumat (1/4/2022).

PromosiKanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Kegiatan ini dikemas dalam Festival Long Bumbung Nasional yang diselenggarakan pengurus Masjid Al Furqon, Gondosuli. Festival tersebut diikuti 50 peserta dari jemaah masjid-masjid yang ada di Gondosuli.

 

Peserta menyulutkan api ke lubang meriam bambu saat Festival Long Bumbung di Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jumat (1/4/2022). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

 

Baca Juga: Meriah! Tradisi Dugderan Sambut Ramadan di Semarang Kembali Digelar

Suasana di lapangan yang jauh dari perkampungan warga ini pun sangat meriah. Suara dentuman dari bambu-bambu besar itu menggelegar berkali-kali.

Para pemain yang sebagian besar berusia remaja itu berulangkali menyalakan long bumbung yang berbahan bakar karbit tersebut.

 

Penonton berlari sambil menutup telinga saat meriam bambu dibunyikan pada acara Festival Long Bumbung di Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jumat (1/4/2022). (Antara/Mohammad Ayudha)

 

Peserta menyiapkan long bumbung (meriam bambu) pada Festival Long Bumbung di Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jumat (1/4/2022). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi