SOLOPOS.COM - Belasan liter ciu, petasan, dan long bumbung disita Polsek Baki, Sukoharjo, dalam operasi Pekat selama sepekan terakhir. Foto diambil Senin (3/5/2021) di Mapolsek Baki. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Aparakt Polsek Baki, Sukoharjo, menyita belasan liter minuman keras jenis ciu. Polisi juga mengamankan petasan dan long bumbung dalam operasi penyakit masyarakat (pekat) yang digelar selama sepekan terakhir.

Kapolsek Baki AKP Riyadi Supriyadi mengatakan operasi pekat gencar dilaksanakan dalam upaya cipta kondisi khususnya peredaran miras dan petasan. Selain itu, operasi dilakukan guna mendukung pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

"Dalam operasi pekat yang kami laksanakan satu pekan ini petugas berhasil mengamankan miras jenis ciu," kata dia kepada Solopos.com, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Soal Vaksinasi Gotong Royong, Apindo Sukoharjo Dorong Perusahaan Lakukan Ini

Miras jenis ciu disita aparat Polsek Baki, Sukoharjo, dari sejumlah warga yang tengah asyik berpesta miras di saat bulan suci Ramadan. Barang bukti yang disita meliputi 10 botol ciu ukuran 1.500 ml/botol dan 10 botol ciu masing-masing berukuran 600 ml.

Selain miras, polisi juga menggelar operasi pekat dengan menyasar warga yang bermain petasan dan long bumbung. Sejumlah anak kedapatan tengah bermain petasan dan long bumbung.

Baca Juga: Dicopot Karena Pungli, Lurah Gajahan Solo Ternyata Pernah Bongkar Praktik Pungli Uang Keamanan

Bermain Petasan

"Total petasan yang kami sita empat bungkus, long bumbung ada delapan, korek gas empat, spiritus empat botol spray," kata Kapolsek.

Menurut Kapolsek, anak-anak yang kedapatan bermain petasan dan long bumbung rata-rata masih di bawah umur. Mereka bermain tanpa pengawasan orang dewasa.

Baca Juga: Ditangkap Saat COD Di Solo, Pemuda Grogol Ini Ternyata Simpan Puluhan Botol Miras Oplosan

Kemudian, oleh petugas anak-anak tersebut diberikan pembinaan agar tidak mengulangi perbuatan itu lagi. Sedangkan barang bukti kemudian dibawa ke Polsek Baki, Sukoharjo.

Polsek Baki akan terus melakukan operasi pekat dalam upaya cipta kondisi selama bulan puasa hingga Lebaran. Kapolsek juga mengimbau masyarakat khususnya anak-anak untuk tidak membunyikan long bumbung selama bulan puasa ini.

Baca Juga: Kecewa Lurah Gajahan Solo Dipecat, Sejumlah Warga Galang Spanduk Dukungan

"Bermain petasan dan long bumbung sangat berbahaya. Bisa meledak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya