Sering Minum Multivitamin Setiap Hari? Waspadai Efeknya

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka.

 Ilustrasi minum multivitamin setiap hari. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum multivitamin setiap hari. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit orang sudah sering minum suplemen multivitamin atau vitamin sejak kecil.Kebiasaan itu bisa jadi terus berlanjut hingga mereka dewasa.

Tak sedikit orang berpikir bahwa minum multivitamin setiap hari bermanfaat untuk kesehatan tubuh mereka. Padahal sebetulnya belum tentu. Simak penjelasannya.

Sebenarnya perlu enggak sih kita minum multivitamin setiap hari? Biasanya kita mengonsumsi suplemen ini untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mikro. Namun banyak juga yang rutin minum multivitamin setiap hari untuk mencegah kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Karena multivitamin hanya bersifat sebagai tambahan zat gizi mikro yang sebenarnya sudah terkandung dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari, para ahli mendebatkan apakah seseorang bisa mengalami overdosis multivitamin. Sejauh ini memang belum ada kasus overdosis multivitamin. Akan tetapi, kelebihan vitamin-vitamin tertentu dalam jangka panjang ternyata bisa meningkatkan risiko Anda terserang beberapa penyakit tertentu seperti kanker atau penyakit jantung. Maka, Anda sebaiknya waspada terhadap efek minum multivitamin setiap hari.

Baca Juga: Tidak Ada Riwayat Sakit Seperti Tukul Arwana, Berapa Besar Risiko Terkena Pendarahan Otak?

Multivitamin asalnya diracik untuk orang-orang yang kekurangan nutrisi, sedang sakit, atau membutuhkan suplementasi vitamin tertentu. Namun, saat ini berbagai jenis multivitamin telah berkembang menjadi suplementasi untuk daya tahan tubuh, meningkatkan konsentrasi, mencegah penuaan, hingga menurunkan berat badan. Padahal, jika pola makan Anda sudah mencukupi kebutuhan gizi, Anda sebenarnya tak perlu mengonsumsi multivitamin lagi. Pasalnya, berbagai jenis vitamin dan mineral yang ada dalam multivitamin Anda bisa ditemukan pada sumber-sumber alami seperti sayur dan buah-buahan.

Suplementasi multivitamin juga tidak dimaksudkan sebagai pengganti nutrisi yang diperlukan tubuh Anda. Ini karena struktur vitamin dalam pil atau tablet multivitamin Anda sedikit berbeda dengan vitamin asli yang bisa Anda dapatkan dari alam. Jadi sebisa mungkin usahakan untuk mencukupi kebutuhan gizi Anda dari sumber yang alami. Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi multivitamin ternyata tidak meningkatkan performa atau kondisi kesehatan seseorang. Pada orang-orang yang nutrisinya sudah tercukupi, multivitamin bersifat tidak lebih dari obat kosong (efek plasebo).

Dosis multivitamin yang aman

Perhatikan anjuran pemakaian pada label produk multivitamin yang Anda konsumsi atau tanyakan pada dokter Anda. Jangan melebihi dosis yang dianjurkan dan jangan dikonsumsi melampaui waktu yang ditentukan oleh dokter. Terutama bagi ibu hamil, jangan minum multivitamin apa pun sebelum berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Baca Juga:  Alas Bedak Mengandung SPF, Efektifkah Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Efek minum multivitamin setiap hari ternyata tidak bisa disepelekan. Mengutip laman hellosehat.com, Jumat (24/9/2021), sebuah studi dalam Journal of the American Medical Association pada 2007 dan penelitian lain dalam jurnal medis Inggris tahun 2004, Lancet, mengemukakan hasil yang cukup mengejutkan tentang bahaya multivitamin. Dari ratusan ribu pasien yang diteliti, mereka yang minum multivitamin setiap hari menunjukkan angka harapan hidup yang lebih rendah.

Hasil riset lain yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada 2007 membuktikan bahwa wanita yang minum suplemen multivitamin dengan kandungan vitamin C, E, beta karoten, selenium, dan zat besi semakin berisiko menderita kanker kulit. Karena itu, perhatikan lagi kandungan multivitamin yang Anda konsumsi setiap hari dan bahaya yang mungkin mengintai. Biasanya multivitamin yang tersedia di apotek atau pusat kesehatan mengandung zat-zat berikut ini.


Berita Terkait

Berita Terkini

Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

Ada sejumlah kebiasaan makan yang dapat membantu Anda melawan peradangan.

Doa Agar Hubungan Rumah Tangga Langgeng dan Harmonis

Berikut ini terdapat doa agar hubungan berumah tangga tetap langgeng dan harmonis menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya.

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.

7 Alasan Medis Wanita Jalani Pengangkatan Rahim Seperti Melanie Subono

Prosedur medis pengangkatan rahim pada wanita disebut histerektomi.

Viral Aksi Selfie di Tempat Berbahaya, Warganet: Auto Kaki Gemetaran

Meski insiden kecelakaan saat melakukan aksi selfie di tempat berbahaya sudah sering terjadi, namun masih ada orang berani menantang bahaya demi mendapatkan foto epic.

Duh! Gegara Penyiksaan Anjing, Pria di Magelang Doakan Aceh Tsunami

Pemilik akun Twiter yang diduga berasal dari Magelang, Jawa Tengah, mendapat kecaman netizen seletah mendoakan Provinsi Aceh terjadi tsunami.

Mengisi Waktu Senggang dengan Mewarnai bersama AnaKrea

Melalui program AnaKrea "Ayo Mewarnai", anak mendapatkan sarana mewarnai pada gambar yang telah di sediakan. Kegiatan ini sangat cocok sebagai pengisi waktu luang yang bermanfaat di masa pandemi.

Viral Kalimat Salam dari Binjai, Ternyata Video Ini Penyebabnya

Kalimat Salam dari Binjai viral di media sosial setelah aksi pemuda dalam video ini.

Kementerian Kesehatan Israel: Subvarian Delta AY4.2 Lebih Menular

Subvarian Delta yang kali pertama diidentifikasi di Inggris saat ini tidak dianggap sebagai varian minat atau perhatian dan belum secara resmi dinamai huruf alfabet Yunani.

8 Cara Mudah Stock Opname Inventaris Kantor

Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk menjalankan stock opname inventaris kantor.

Doa Telinga Kanan atau Kiri Berdenging Menurut Islam

Berikut ini terdapata bacaan doa ketika telinga kanan atau kiri berdenging menurut Islam yang diungkap oleh Nahdlatul Ulama (NU).