Tutup Iklan

Alas Bedak Mengandung SPF, Efektifkah Lindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Saat ini sudah banyak alas bedak memiliki kandungan SPF, sehingga praktis dipakai.

 Ilustrasi memakai alas bedak mengandung SPF. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memakai alas bedak mengandung SPF. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Saat ini sudah ada banyak produk kecantikan seperti alas bedak hingga bedak padat dan tabur mengandung SPF dengan kandungan SPF 15 hingga 20. Masalahnya benarkah produk tersebut efektif melindungi kulit dari sinar matahari?

Seorang dermatologi asal India, dr. Jushya Bhatia Sarin mengatakan menjelaskan bahwa SPF 30 ketika dicampur ke dalam alas bedak tidak seefektif tabir surya SPF 30 murni.  Dia menyarankan penggunaan tabir surya diperlukan meski berada di dalam ruangan.

Jika akan pergi ke luar rumah, setidaknya dibutuhkan tabir surya dengan kadar SPF 30 untuk melindungi diri mulai dari kepala hingga ujung kaki secara memadai.  “Ini berarti alas bedak sebanyak 1 sampai 1,5 sendok teh diperlukan untuk seluruh wajah dengan asumsi bahwa alas bedak tersebut benar-benar SPF 30, namun kebanyakan formula yang digunakan pada make-up tidak seperti itu,” ujar Sarin seperti dilansir Indian Express dan Antaranews.com pada Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Bermanfaat bagi Tubuh, Bikin Smoothie Bowl untuk Sarapan Yuk!

Tabir surya harus bisa menutupi semua bagian kulit yang terbuka termasuk pada garis rambut dan leher serta tempat-tempat lain yang mungkin terlewati oleh riasan. Menurut Sarin bahwa alas bedak dengan SPF sama sekali tidak efektif melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

“Memiliki lebih banyak perlindungan dari matahari bukanlah hal yang buruk. SPF akan selalu kehilangan efeknya sepanjang hari, itulah mengapa harus menerapkan ulang setiap dua-tiga jam sekali sangat penting,” kata dr. Sarin.

“Jadi memiliki alas bedak yang mengandung SPF membuatnya lebih mudah untuk mengaplikasikan ulang SPF yang sudah mulai luntur fungsinya,” lanjutnya.

Sarin juga menyarankan untuk tetap menggunakan produk khusus tabir surya sebelum memakai alas bedak, kemudian lapisi dengan foundation yang mengandung SPF sebagai perlindungan tambahan.

Berikut ini cara memakai tabir surya di wajah yang telah dibubuhi make up seperti dikutip dari alodokter.com, Kamis (23/9/2021):

1. Pilih sunblock wajah dengan SPF minimal 30

Untuk aktivitas sehari-hari, cukup gunakan tabir surya dengan SPF 30. Apabila Anda akan beraktivitas sepanjang hari di tempat yang terkena sinar matahari langsung, gunakan sunblock wajah dengan SPF 50.

Baca Juga: Kontroversi MSG, Berbahaya atau Tidak untuk Tubuh?

Tetap gunakan sunblock wajah meski Anda beraktivitas di tempat teduh atau di dalam ruangan. Ini karena sinar matahari tetap dapat memancarkan radiasi. Jadi, saat beraktivitas, bagaimana pun cuacanya, tetap gunakan sunblock yang dilengkapi SPF.

2. Oleskan sunblock ke seluruh area sekitar wajah

Sebelum menggunakan make up, oleskan sunblock ke seluruh wajah. Pastikan Anda benar-benar mengoleskannya secara merata, termasuk daerah leher dan telinga. Gunakan sunblock setidaknya 15 – 30 menit sebelum beraktivitas ke luar.

Baca Juga: Jadi Produk Keluarga Broken Home, Anak Ikke Nurjanah Buktikan Tidak Broken

3. Aplikasikan make up

Pada umumnya, masalah yang akan dihadapi adalah terjadinya penumpukan antara lapisan sunblock dan alas bedak sehingga wajah terkesan tebal dan tampak seperti mengenakan topeng. Agar hal ini tidak terjadi, pakailah alas bedak (foundation) bertekstur ringan. Setelah itu, lanjutkan dengan bedak padat karena partikelnya dapat menahan sunblock dan pelembap pada tempatnya. Anda juga dapat memilih bedak padat yang mengandung SPF.

4. Jangan lupa bibir

Bibir juga butuh perlindungan. Sinar UV tidak hanya berdampak buruk pada kulit, tapi juga bibir. Oleskan pelembap bibir atau lipstik yang memiliki kandungan SPF 15 untuk menghalau sinar UVA dan UVB. Jika beraktivitas di luar ruangan, pilihlah yang memberikan hasil akhir matte. Pasalnya lipstik atau lip gloss yang mengkilap malah menarik lebih banyak sinar UV.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Ilmuwan: Orang yang Sudah Divaksin Penuh Bisa Kena Varian Omicron

Untuk mencegah terinfeksi varian Omicron, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan semua orang Inggris untuk suntik vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

28 November 2021 Minggu Pon, Begini Wataknya Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mereka yang lahir pada Minggu Pon mempunyai jumlah nilai neptu 12.

Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Memang tidak mudah untuk mendeteksi apakah pria tulus atau tidak mencintai perempuan.

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!

Apa Itu Black Friday? Simak Sejarah dan Kisah Kelam di Baliknya

Momentum Black Friday dimanfaatkan setiap hari Jumat sehari setelah perayataan Thanksgiving.