Ilustrasi marah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Marah adalah emosi yang normal. Hampir semua orang pernah bahkan sering merasakannya. Tapi, terkadang amarah muncul tanpa alasan yang jelas.

Bisa saja seseorang mendadak ingin membentak orang lain di sekitarnya. Bisa juga orang itu merasa tidak nyaman sehingga dikuasai emosi negatif.

Sebenarnya ada sederet hal yang memicu amarah. Salah satunya adalah batasan lemah yang dimiliki seseorang. Hal itu terjadi saat bibir berkata iya, padahal sebenarnya otak menolak.

Bisa juga seseorang melakukan sesuatu yang tidak nyaman demi membuat orang lain senang. Dalam kondisi semacam itu, dia sebenarnya sedang merasa sangat lelah dan kosong.

Lantas, tahukah Anda apa penyebab dari masalah tersebut? Dikutip dari The Independent, Rabu (20/11/2019), berikut beberapa penyebab orang mendadak marah:

Kurang tidur

Tubuh yang lelah akibat kurang tidur dan tuntutan pekerjaan menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi gampang marah. Kurang tidur membuat kinerja otak menurun sehingga sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih. Kondisi ini semakin berbahaya jika orang tersebut mengalami stres akibat tumpukan pekerjaan. Dia akan menjadi sangat sensitif.

Merasa diabaikan

Merasa diabaikan atau tidak dipedulikan oleh orang-orang sekitar apalagi yang dicintai membuat seseorang mudah marah. Sebab, pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang butuh kasih sayang dan perhatian. Mudah marah bisa jadi luapan emosi akibat pengendalian sesuatu atau mendapatkan hal di luar harapan.

Depresi

Selain menyebabkan sedih dan putus asa, depresi juga bisa menjadi penyebab orang gampang marah. Orang yang dalam kondisi depresi bisa merespons sesuatu dengan kasar. Depresi juga membuat perilaku tidak terkontrol.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten