SOLOPOS.COM - Tak hanya dengan nilai atau IQ tinggi, banyak yang beranggapan orang yang cerdas memiliki kepribadian yang aneh (ilustrasi/freepik)

Solopos.com, SOLO – Kecerdasan seseorang sebenarnya dapat dilihat dari berbagai hal. Namun kebanyakan orang sering mengaitkannya dengan nilai tinggi aatu IQ di atas rata-rata.

Tak hanya dengan nilai atau IQ tinggi, banyak yang beranggapan orang yang cerdas memiliki kepribadian yang aneh. Hal ini didukung dengan perilaku mereka yang tak seperti orang pada umumnya. Melansir dari Listverse yang dikabarkan Liputan6.com, belum lama ini berikut 4 alasan mengapa orang cerdas kerap dianggap aneh.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Serapan Tenaga Kerja Program Padat Karya Pamsimas Dan Sanimas Kementerian PUPR Capai 100%

Sensitif dengan kebisingan

Orang yang punya tingkat kecerdasan sangat sensitif dengan suara yang mereka anggap berisik. Meskipun, suara itu buat kebanyakan orang itu adalah suara yang sangat kecil dan tidak mengganggu.

Misalnya, saat sedang berada di dalam perpustakaan. Meskipun, sudah berbicara dengan volume kecil, seseorang di perpustakaan akan tetap memberi teguran karena merasa terganggu dengan kebisingan dan butuh konsentrasi. Banyak orang jenius dalam catatan sejarah yang mengalami ini, termasuk Marcel Proust dan Charles Darwin.

Cepat cemas

Banyak peneliti telah meneliti hubungan antara kecemasan dan kecerdasan, dan sebagian besar menemukan bahwa keduanya berkorelasi. Satu teori menjelaskan bahwa kecenderungan ini disebabkan karena otak yang terlalu berkinerja tinggi. Pola perilaku ini dimungkinkan oleh kecerdasan tinggi yang mengarah ke lebih banyak kecemasan.

Ingin Berhasil Dalam Hidup, 6 Kebiasaan Orang Sukses Ini Bisa Anda Tiru

Penyendiri

Manusia adalah makluk sosial yang membutuhkan orang lain dan hidup berdampingan serta harus bersosialisasi. Namun, apa yang dilakukan orang cerdas biasanya bertolak belakang. Mereka akan lebih nyaman untuk tinggal menyendiri tanpa berinteraksi banyak. Tak heran jika banyak orang yang merasa jika orang-orang cerdas ini aneh dan tidak suka bergaul.

Tidak Religius

Ada beberapa orang yang sangat cerdas melebihi orang tercedas, kerap dianggap tidak memiliki keyakinan (agama). Beberapa akademisi menegaskan bahwa penelitian menunjukkan IQ tinggi dikaitkan dengan religiusitas yang lebih rendah.

Yang lain berpendapat bahwa ada terlalu banyak variabel yang berperan untuk menarik koneksi linier seperti itu. Namun, masyarakat tampaknya setuju, bahwa IQ tinggi dikaitkan dengan keinginan untuk mempertanyakan intuisi dan asumsi. Hal ini juga bisa membuat seseorang lebih cenderung skeptis terhadap agama, di antara banyak manusia lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya