Sepekan 9.069 Wong Sukoharjo Disuntik Vaksin Booster

Vaksinasi booster di Sukoharjo dicanangkan saat kunjungan kerja Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Griya Sejahtera, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, pada 19 Januari 2022.

 Ilustrasi vaksin booster. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin booster. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO – Jumlah masyarakat yang disuntik vaksin dosis ketiga atau booster Covid-19 di Sukoharjo dalam kurun waktu sepekan terakhir sebanyak 9.069 atau sekitar 1,26 persen dari target sasaran. Kelompok petugas pelayanan publik dan masyarakat umum menerima vaksin booster jenis Moderna.

Diketahui, vaksinasi booster di Sukoharjo dicanangkan saat kunjungan kerja Ketua DPR RI, Puan Maharani, di Griya Sejahtera, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, pada 19 Januari 2022. Pemberian vaksin booster diprioritaskan untuk kelompok lansia (lanjut usia). Mereka menerima vaksin jenis Sinovac.

PromosiKisah Pilu Medusa, Wanita Cantik Jelita yang Dikutuk Berambut Ular

Kini, target vaksinasi booster juga menyasar kelompok petugas pelayanan publik dan masyarakat umum. Vaksin yang disuntikkan berjenis Moderna yang memiliki efek samping lebih berat dibandingkan vaksin jenis lainnya.

Baca juga: Uji Laboratorium Vaksin Booster, Antibodi Naik 100-800 Kali Lipat

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan upaya percepatan vaksinasi booster tak hanya dilakukan Pemkab Sukoharjo melainkan Polres Sukoharjo dan Kodim 0726/Sukoharjo. Pemerintah bersama para stakeholder terus menggenjot vaksinasi untuk mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Kegiatan vaksinasi digenjot dengan mengoptimalkan fasilitas kesehatan (faskes) di setiap kecamatan. Jumlah masyarakat yang telah disuntik vaksin booster per 24 Januari sebanyak 9.069 orang,” kata dia, kepada Solopos.com, Selasa (25/1/2022).

Efek Samping Vaksinasi Booster

Ada empat jenis vaksin booster Covid-19 yang disiapkan yakni Sinovac, Pfizer, Moderna, dan Astrazeneca. Biasanya, para lansia menerima vaksin booster jenis Sinovac lantaran efek sampingnya cenderung ringan. Sedangkan, vaksin jenis lainnya menyasar kelompok masyarakat lain.

Baca juga: 5 Sampel Swab Satu Keluarga di Sukoharjo Dicek WGS

Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo itu menyampaikan pemerintah juga terus menggenjot capaian vaksinasi anak berusia 6 tahun-11 tahun. Penyuntikan vaksin dilakukan di sekolah-sekolah menyesuaikan jadwal tenaga vaksinator di setiap puskesmas. “Saat ini, capaian vaksinasi anak mencapai 79,72 persen. Sedikit lagi 100 persen. Mudah-mudahan seluruh anak usia 6 tahun-11 tahun segera menerima vaksin,” ujar dia.

Disinggung capaian vaksinasi secara kumulatif, Yunia menambahkan masyarakat yang telah disuntik vaksin dosis pertama sebanyak 567.316 orang atau sekitar 78,82 persen. Sementara jumlah masyarakat yang telah disuntik vaksin dosis kedua sebanyak 525.070 orang atau sekitar 72,95 persen.

Menurut Yunia, akselerasi percepatan vaksinasi menjadi kunci keberhasilan dalam pengendalian pandemi Covid-19 terutama varian Omicron. “Kendati telah menerima vaksin booster, masyarakat tetap harus mengencangkan protokol kesehatan secara ketat. Memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air harus menjadi kebiasaan masyarakat saat beraktivitas di luar rumah,” kata dia.

Baca juga: 506 Anak Sukoharjo Jadi Yatim Piatu Gegara Covid-19 Terima Bantuan Ini

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).

Sukoharjo Targetkan Cetak 1.000 Petani Milenial Tahun Ini

Petani milenial tidak harus turun ke sawah tetapi memiliki ide dan inovasi untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing.