5 Sampel Swab Satu Keluarga di Sukoharjo Dicek WGS

Keluarga tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota, namun berdasarkan hasil swab PCR, CT value mereka kurang dari 30.

 Ilustrasi tes swab. (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes swab. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo menggencarkan pendeteksian dini persebaran varian Omicron di Sukoharjo pasca ditemukannya satu pasien terpapar varian Omicron beberapa waktu lalu. Sebanyak lima sampel uji swab PCR dikirimkan ke laboratorium untuk diuji whole genome sequencing (WGS).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan sampel swab yang dikirimkan ke laboratorium berasal dari salah satu keluarga di Sukoharjo yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, Kamis (20/1/2022).

PromosiSemangat Merdeka Belajar untuk Pemulihan Pendidikan Asia Pasifik

Yunia mengatakan meskipun keluarga tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar kota, namun berdasarkan hasil swab PCR, CT value mereka kurang dari 30. Sehingga sampel swab kembali diteliti lebih lanjut untuk memastikan varian Covid-19 yang dialami oleh satu keluarga tersebut.

Baca juga: 157 Personel Polres Sukoharjo Dites Swab Halau Omicron, Ini Hasilnya

“Sampelnya sudah kami kirim Sabtu [22/1/2022]. Mereka sebenarnya tidak ada perjalanan ke wilayah yang sudah ada kasus Omicron. Tapi karena CT value swab mereka kurang dari 30 kami kirimkan sampelnya untuk dicek WGS,” beber Yunia, Selasa (25/1/2022).

Mengutip laman halodoc.com, CT value secara sederhana adalah banyaknya jumlah siklus yang dihasilkan dalam mencari materi genetik virus dari sampel lendir atau hasil swab pasien Covid-19. melalui uji tersebut, semakin besar angka pada CT value, maka semakin sedikit konsentrasi virus pada sampel tubuh pasien. Artinya, semakin tinggi CT value, maka semakin rendah kemungkinan virus untuk menyebabkan infeksi begitu juga sebaliknya.

Dua Pekan ke Depan

Lebih lanjut, Yunia menambahkan hasil uji WGS baru bisa diketahui sekitar dua pekan ke depan. Selain sampel PCR dengan CT value kurang dari 30, sampel yang dikirim juga merupakan pasien positif Covid-19 yang melakukan perjalanan di daerah ditemukan kasus Omicron dan perjalanan luar negeri.

“Untuk saat ini memang situasi persebaran Covid-19 di Sukoharjo sudah landai. Tapi kami harap masyarakat bisa mengantisipasi dan tetap waspada dengan mematuhi dan disiplin prokes,” beber dia.

Baca juga: Warga Sukoharjo Terpapar Omicron Punya Riwayat Perjalanan ke Luar Kota

Diberitakan sebelumnya, sebanyak sembilan orang di Jawa Tengah (Jateng) terdeteksi terpapar Covid-19 varian Omicron, satu di antaranya berasal dari wilayah Sukoharjo. Total ada empat orang yang dinyatakan terpapar Omicron dari hasil pemeriksaan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Semarang, sementara hasil WGS dari lima pasien lainnya berasal dari RS Bhayangkara Polda Jateng di Semarang, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Pekalongan, RS Pertamina Cilacap, RS Elisabeth Semarang, dan RS dr Oen Solo Baru di Sukoharjo.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, membenarkan varian Omicron sudah terdeteksi di wilayahnya. Ia juga membenarkan ada sekitar sembilan orang di Jateng yang telah terpapar varian Omicron tersebut. “Iya,” jawab Ganjar singkat melalui aplikasi Whatsapp (WA) kepada Solopos.com, Jumat (21/1/2022).

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, ketika dihubungi Solopos.com Jumat siang membenarkan ditemukan kasus pertama varian Omicron di Sukoharjo.

“Benar ada satu orang warga Sukoharjo yang terkena varian Omicron. Sebenarnya yang bersangkutan terdeteksi positif Covid-19 pada Desember 2021. Selama terdeteksi dia menjalani isolasi mandiri. Nah Omicron ini baru diketahui dari WGS dan hasilnya baru muncul hari ini [Jumat]. Tapi yang bersangkutan sudah dinyatakan sembuh per 18 Januari 2022,” jelas dia kala itu.

Baca juga: Pembangunan Utara dan Selatan Timpang Jadi PR Pemkab Sukoharjo

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

12 Klub Ponpes Boyolali Unjuk Gigi dalam Liga Santri Piala Kasad 2022

Liga Santri sekaligus menjadi wadah silaturahmi kebangsaan untuk santri di Boyolali.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini (20/5/2022): Siang-Malam bakal Hujan

Berikut ini tersaji prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini Jumat 20 Mei 2022 secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini (20/5/2022): Potensi Hujan Sore-Malam

Prakiraan cuaca Boyolali hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa  disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Siang Panas, Sore Hujan Deras

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 20 Mei 2022 disajikan secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Jumat (20/5/2022): Sore Waspada Hujan Lebat

Berikut ini bisa disimak prakiraan cuaca Solo hari ini Jumat 20 Mei 2022.

Jadi Tumpuan Pemulihan Ekonomi, UMKM Masih Saja Sulit Akses Kredit Bank

Para pembicara dalam KUR Fintech Festival 2022 di Solo Technopark kompak mengatakan UMKM saat ini masih sulit mendapat akses kredit bank untuk penguatan modal.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Ini (20/5/2022): Pagi Berawan, Siang Mulai Hujan

Informasi prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak secara lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Siang Hujan Ringan, Sore Lebat

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 20 Mei 2022: Awas Hujan Lebat Sore Hari

Informasi lengkap mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini Jumat 20 Mei 2022 bisa disimak dalam artikel ini.

Belum Ada Kasus, Lurah Di Solo Minta Warga Tetap Waspada Hepatitis Akut

Sejumlah lurah di Kecamatan Laweyan, Solo, mengimbau para ketua RT dan RW agar tetap mewaspadai penularan hepatitis akut meski belum ada kasus sejauh ini.

Punya Seribuan Hewan Kurban, Begini Langkah Lazismu Solo Antisipasi PMK

Lazismu Solo yang memiliki seribuan hewan kurban sapi dan kambing telah mengambil langkah antisipasi agar hewan kurban tersebut tidak terkena wabah PMK.

Banyak Pertanyaan Soal Pendaftaran PKL CFD, Ini Jawaban Disdag Solo

Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mendapatkan banyak pertanyaan dari para PKL yang ingin berjualan di area car free day atau CFD pada Minggu pagi.

Meriah! Pelaksanaan Karya Potensi Akademik di Disdikbud Wonogiri

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri menggelar Gelar Karya Potensi Akademik di area parkir indoor gedung B Disdikbud Wonogiri, Kamis (19/5/2022).

Kisah Calo Tiket Bioskop Era 1980-An di Solo: Film India Paling Ramai

Seorang warga Purbowardayan, Tegalharjo, Jebres, Solo, menceritakan saat dirinya menjadi calon tiket Bioskop Rama Theatre pada era 1980-an.

Mahasiswa Akper Patria Husada Surakarta KKN di Jotangan Klaten

Sebanyak 16 mahasiswa Akademi Keperawatan (Akper) Patria Husada Surakarta mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Jotangan, Kecamatan Bayat, Klaten, sejak Rabu (11/5/2022).