SOLOPOS.COM - Touring Yamaha Fazzio di Bogor. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Yamaha Fazzio Hybrid-Connected ternyata bukan skuter matik (skutik) biasa. Yamaha Fazzio ternyata juga nyaman digunakan untuk touring dalam durasi cukup lama.

Hal itu dibuktikan dengan touring selama kurang lebih dua jam sejauh 68 km di kawasan Bogor, Jawa Barat menggunakan skutik 125 cc tersebut. Ketua umum nasional Yamaha R25 Owner Indonesia (YROI) serta pengguna sepeda motor 250 cc, Dhani, penasaran menjajal performa teknologi Blue Core Hybrid pada Yamaha Fazzio Hybrid-Connected.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Ia mengungkapakn selain desainnya yang unik, performa Yamaha Fazzio cukup agresif dan juga lincah. Ia mengakui pula sepeda motor ini cukup bertenaga dan bandel di tanjakan.

“Perpaduan sistem pengereman depan belakang mantap, pas banget buat motor skutik 125 cc. Saat saya coba lewat jalan rusak dalam keadaan cepat di Gunung Geulis, motor tetap stabil dan nyaman, suspensinya juga lebih empuk dan handlingnya ringan,” ujar Dhani.

Baca Juga: Jadikan Yamaha Fazzio Kado Spesial Buat Istri, Suami Makin Dicintai

Ia mengakui Yamaha Fazzio juga irit, Menurutnya, Yamaha Fazzio Hybrid-Connected cocok banget untuk teman riding di dalam kota dan ke luar kota.

“Baru sekarang saya ketemu motor 125 cc yang nyaman, fiturnya lengkap, dan performanya mantap,” jelasnya

Ketua komunitas YRFI Bogor, Febri, yang juga gemar touring, turut memberikan respons positif terhadap Yamaha Fazzio. Meski desain bodi Yamaha Fazzio tampak kecil, ternyata cocok juga untuk ditunggangi orang berbadan besar untuk melakukan perjalanan jauh

“Saya biasa pakai Yamaha NMAX, karena sesuai postur tubuh saya yang besar ya, tapi pas tadi coba motor Fazzio yang bodynya lebih kecil ternyata nyaman juga dipakai touring. Posisi duduknya bikin nyaman, jadi touring selama dua jam juga enggak berasa, karena kaki enggak mentok dengan dashboard padahal badan saya besar,” ujar dia.

Baca Juga: 2.000 Unit Fazzio Hybrid-Connected Dipesan Konsumen di Jateng dan DIY 

Senada dengan Dhani, Febri mengakui mesin Yamaha Fazzio cukup bertenaga dan bandel di tanjankan curam saat melintasi Bukit Pelangi. Handling-nya dinilai cukup ringan sehingga lebih stabil untuk bermanuver. Jalan rusak pun tak mengurangi kestabilan Yamaha Fazzio.

Mesin

Memiliki desain berkelas yang membuat pengendaranya tampil lebih percaya diri, Yamaha Fazzio juga memiliki performa unggul dari sisi mesin dibanding sepeda motor lain di kelasnya. Teknologi terbaru Blue Core Hybrid membuat sepeda motor ini lebih bertenaga, ramah lingkungan, serta mendukung efisiensi bahan bakar.

Dengan tambahan tenaga listrik dari Electric Power Assist Start, membantu mesin meningkatkan tenaga pada akselerasi awal terutama saat membawa penumpang, banyak barang, dan jalan menanjak.

Baca Juga: Ajang SBL 2022, Kaum Muda Penasaran Yamaha Fazzio Hybrid-Connected

Selain performa, pengendara Yamaha Fazzio menjadi lebih nyaman dengan pijakan kaki luas sehingga mendukung posisi berkendara yang lebih rileks. Kenyamanan saat bermanuver didukung dengan ukuran ban depan dan ban belakang 12 inci dengan profil 110/70 yang membuat sepeda motor lebih stabil.

Yamaha Fazzio juga memiliki kapasitas tangki bensin 5,1 liter untuk mendukung perjalanan semakin menyenangkan dengan daya jelajah yang semakin jauh.

Selain diakui oleh para pengguna sepeda motor besar, kenyamanan Yamaha Fazzio untuk touring juga diakui pengguna sepeda motor Yamaha Fino sekaligus mantan ketua FOI, Nunu. Nunu mengakui di balik desainnya yang stylish dan berkelas, performa Yamaha Fazzio cukup mantap. Menurutnya, teknologi hybrid bikin mesin lebih responsif, terutama di jalanan terjal.

Handling-nya ringan buat manuver, lewat jalan berlubang tetap stabil, bahkan coba gaspol ditanjakan, mesin enggak teriak atau bunyi, padahal saya pernah coba kalau motor skutik 110 cc atau di kelasnya sudah bunyi-bunyi,” papar Nunu.

Baca Juga: Wajah Baru Yamaha Aerox Connected Version

Dia mengakui akselerasi Yamaha Fazzio cukup memuaskan serta konsumsi bahan bakar yang cukup irit membuatnya puas setelah touring. Melalui aplikasi Y-Connect, Nunu merasa lebih dimudahkan puila untuk memantau konsumsi bahan bakar.

“Desain, performa, dan fiturnya, seperti naik motor premium. Menurut saya, buat motor 125 cc Yamaha Fazzio bisa jadi pilihan motor paket lengkap dengan gaya perkotaan,” tambah Nunu.

Desain berkelas, teknologi Blue Core Hybrid, dan fitur canggih Yamaha Motorcycle Connect yang menghubungkan smartphone dengan motor Yamaha Fazzio melalui aplikasi Y-Connect secara real time, diharapkan dapat meningkatkan gaya hidup anak muda saat ini untuk tetap tampil berkelas saat berkendara sepeda motor.

Pengendara juga dapat tampil beda saat touring karena Yamaha Fazzio Hybrid-Connected menyediakan port aksesoris yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau karakter pengendara. Cover panel yang dapat disesuaikan dengan selera pengendara sebagai tanda kepemilikan motor juga menambah rasa percaya diri pengendara saat touring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya