Sensasi Lewat Jembatan Sasak Bengawan Solo saat Ramai, Berasa Naik Kora-Kora

Melewati jembatan sasak di Bengawan Solo saat ramai dan air sungai naik benar-benar menantang dan memacu adrenalin karena jembatan mudah bergoyang.

 Jembatan sesek di Sewu, Jebres Solo menjadi pilihan warga setelah Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Solo ditutup pada Senin (26/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Jembatan sesek di Sewu, Jebres Solo menjadi pilihan warga setelah Jembatan Mojo, Pasar Kliwon, Solo ditutup pada Senin (26/9/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLOJembatan sasak yang melintang di Sungai Bengawan Solo dari Kampung Beton, Kelurahan Sewu, Jebres, Solo, ke Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo, mendadak ramai dua hari terakhir, Senin-Selasa (26-27/9/2022).

Penutupan Jembatan Mojo untuk perbaikan pelat lantai mulai Senin siang membuat banyak pengendara, terutama kendaraan roda dua, menyerbu jembatan sasak.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Melewati jembatan itu dengan berjalan kaki atau naik sepeda motor cukup menantang, memacu adrenalin, hingga bikin muntah bagi yang tidak kuat. Namun, tetap saja jembatan sasak menjadi pilihan ketimbang harus menempuh puluhan kilometer lewat Jembatan Bacem.

Belum lagi masih adanya potensi terjebak macet karena pasti banyak kendaraan yang lewat jalur alternatif tersebut. Selain memperpendek jarak dan waktu tempuh, lewat jembatan sasak di Bengawan Solo juga lebih irit biaya pembelian bahan bakar minyak (BBM).

Tarif penyeberangannya pun murah, hanya Rp2.000-Rp3.000 per motor sekali lewat. Solopos.com sempat menjajal lewat jembatan sasak itu pada Selasa (27/9/2022). Pertama dengan berjalan kaki dan selanjutnya naik sepeda motor.

Baca Juga:Ramai Pol! Pengelola Jembatan Sasak Bengawan Solo Raup hingga Rp8 Juta Sehari

Saat berjalan kaki, jembatan sasak terasa cukup stabil, tidak banyak bergoyang. Tali dan tabung berfungsi sebagai penyeimbang anyaman bambu di atasnya. Tampak jelas aliran Sungai Bengawan Solo yang saat itu cukup tenang, sehingga bisa dilewati dengan lancar.

Meski demikian pejalan kaki juga harus berhati-hati saat melintas di jembatan sasak Bengawan Solo itu karena jalur yang digunakan sama dengan jalur untuk sepeda motor. Apalagi pada waktu-waktu yang ramai.

Jalan Curam dan Licin saat Turun ke Jembatan Sasak

Saat menyeberang naik sepeda motor, pengalaman berbeda akan terasa, lebih menantang dan memacu adrenalin. Pengendara harus lebih berhati-hati karena turunan curam terutama dari arah Kampung Sewu ditambah pasir di sekitar tepi sungai membuat jalan menjadi sedikit licin.

Baca Juga: Jembatan Sasak Bengawan Solo Tak Hanya Dongkrak Ekonomi tapi Bikin Guyub Warga

Pengendara harus benar-benar mengerem dan turun perlahan-lahan menuju bibir jembatan. Di jembatan sasak, sepeda motor sebenarnya cukup stabil meskipun harus lewat secara perlahan.

Tantangan muncul apabila di belakang atau di depan ada sepeda motor yang melaju sedikit kencang sehingga membuat jembatan bergoyang. Dibutuhkan keseimbangan agar tidak terjatuh.

Apalagi jika aliran Sungai Bengawan Solo sedikit naik, jembatan sasak bergoyang dan tidak stabil. Sensasi seperti naik wahana kora-kora di pasar malam akan terasa dengan adrenalin yang terpacu. Benar-benar membuat jantung berdegup kencang.

Baca Juga: Tak Tahan Goyangan, Sejumlah Pengguna Jembatan Sesek Bengawan Solo Mual-Muntah

Jika takut atau ragu namun terpaksa melewati jembatan sasak karena tak ada pilihan lain, sebaiknya pengguna meminta bantuan warga yang siaga di tiap ujung jembatan. Mereka siap membantu pengguna melewati jembatan sasak.

Bahkan kadang mereka bersedia memboncengkan pengendara hingga mendorong atau menarik sepeda motor yang kesulitan naik dari bibir jembatan. Jasa ini gratis dan banyak warga yang akan membantu sehingga tidak perlu menunggu lama untuk melalui jembatan sasak.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Honorer K2 Lulus Tes 2013 Gelar Aksi di Pemkab Klaten, Tuntut Diangkat PNS

      Sekitar 100 tenaga honorer kategori 2 (K2) kembali menggeruduk Pemkab Klaten, Senin (5/12/2022).

      Kembangkuning dan Manggis Jadi Daerah Rawan I Pilkades Serentak Boyolali 2022

      Kapolres Boyolali, AKBP Asep Mauludin, mengungkapkan Polres Boyolali telah membagi tingkat kerawanan masing-masing desa dalam Pilkades Serentak 2022.

      Digelar Besok, Ini Kisi-Kisi Ujian CAT PPK di Boyolali

      Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin menyampaikan ada beberapa pengetahuan yang wajib diketahui sebagai calon petugas PPK seperti pengetahuan terkait kepemiluan dan pilkada, partai, dan wawasan kebangsaan.

      Gibran Ungkap Alasan Ubah Jl Diponegoro Solo Jadi Jl Ngarsapura: Untuk Branding

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut alasan munculnya wacana mengubah Jl Diponegoro menjadi Jl Ngarsapura untuk kepentingan branding wisata.

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.