Semarang-Pekalongan Terancam Tenggelam, DPRD Jateng Minta Pembangunan Pabrik di Pesisir Pantura Disetop

Anggota DPRD Jateng meminta pembangunan pabrik di kawasan pesisir pantura yang terancam tenggelam dihentikan.

 Ilustrasi banjir rob di Pekalongan, Jawa Tengah. (Antara Foto)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir rob di Pekalongan, Jawa Tengah. (Antara Foto)

Solopos.com, SEMARANG – Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng, Hadi Santoso, meminta lembaga eksekutif untuk mengkaji ulang rencana pembangunan proyek industri di kawasan pesisir pintura yang terancam tenggelam.

Upaya itu dilakukan sebagai salah satu cara mengantisipasi ancaman penurunan permukaan tanah di kawasan pesisir pantai utara (pantura).

PromosiKenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Penurunan tanah menjadi masalah serius di kawasan pesisir Jawa Tengah. Bahkan, pakar geodesi ITB, Heri Andreas, memprediksi penurunan tanah di kawasan pesisir membuat tiga wilayah Jateng di Kawasan pantura, yaitu Semarang, Demak, dan Pekalongan bakal tenggelam lebih dulu dibanding Jakarta.

Hadi menilai prediksi pakar ITB itu sebagai sebuah peringatan bagi pemerintah di Jateng untuk segera berbenah, salah satunya mengkaji tata pola dan struktur ruang di kawasan pesisir.

“Tata pola dan struktur ruang, khususnya untuk mengurangi tekanan dan beban tanah di kawasan pesisir harus mulai dilakukan. Hentikan pembangunan pabrik dan perumahan di lokasi yang risiko landsubsidence tinggi,” ujar Hadi kepada Semarangpos.com, Kamis (5/7/2021).

Baca juga: Semarang, Demak, & Pekalongan Diprediksi Tenggelam

Selain pembangunan pabrik, Hadi juga meminta pemerintah untuk lebih memanfaatkan sistem pemanfaatan air melalui jaringan pipa di kawasan industri yang banyak berdiri di kawasan pesisir pantura Jateng yang terancam tenggelam.

Menurutnya, pengambilan air tanah yang masif menjadi salah satu penyebab penurunan permukaan tanah atau land subsidence.

“Ini menjadi alarm bagi pemerintah agar melengkapi sistem pemanfaatan air di kawasan industri. Pantura harus nol pengambilan air tanah,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Hadi menambahkan ada kemungkinan pabrik-pabrik yang berdiri di kawasan industri sudah mulai menggunakan jaringan pipa untuk memenuhi kebutuhan air.

Baca juga: Wiiii… Mantan Atlet Badminton China Huang Hua Rival Susi Susanti Ternyata Tinggal di Klaten Hlo! Ini Profilnya

SPAM Regional Petanglong

Namun, tidak menutup kemungkinan pelaku industri di luar Kawasan pantura Jateng, seperti pabrik maupun hotel yang masih mengeksploitasi air tanah, dengan menggunakan sumur dalam.

Hadi menyebut masalah pengambilan air tanah sebenarnya sudah disiasati pemerintah dengan membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Petanglong di Desa Krompeng, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.

SPAM Regional Petanglong itu mampu memenuhi akses air minum aman bagi penduduk di kawasan pesisir yang tersebar di Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, dan Kota Pekalongan.

Baca juga: Profil Dodit Mulyanto, Komika Sukses Lulusan UNS Solo 

SPAM Petanglong memanfaatkan air dari Bendungan Jambangan dan Bendungan Kaliboyo sehingga memberi tambahan pasokan air baku bagi penduduk di tiga kabupaten tersebut.

“Selain itu kita juga harus mulai merawat lingkungan dengan menggalakkan penanaman mangrove agar kembali terbentuk garis pantai dan menangkal sedimen transport. Penanaman mangrove bisa mengisi daratan dan menjadikan ekosistem estuary semaki hijau dan kaya akan unsur-unsur yang menopang keberlangsungan kehidupan makhluk,” beber Hadi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.

Cegah Air Masuk, Pembangunan Tanggul Darurat di Tanjung Emas Dikebut

Pembangunan tanggul laut darurat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dikebut.

Ngeri! Begini Kronologi Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara

Begini kronolohi kejadian sekelompok warga menganiaya tiga pemuda hingga akhirnya satu korban meninggal dunia.

Banjir Rob, 4 Kapal Batal Bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Empat kapal gagal bongkar muat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, karena banjir rob yang menggenangi kawasan itu.

2 Pelaku Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara Dibekuk di Bekasi

Aparat Polres Jepara berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia di Desa Bandanpete, Kecamatan Nalumsari.

Demak, Konon Kota Pelabuhan Terkaya di Jalur Sutra Pesisir Jawa

Selain Semarang, Demak menjadi salah satu daerah pesisir Jawa yang terendam banjir rob sejak awal pekan ini, dimana daerah yang dahulunya kota pelabuhan terkaya di jalur sutra tersebut konon sangat terkenal karena menjadi simpul penting dalam lalu lintas perdagangan di jalur rempah. 

Pembagian Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Kota Semarang, Cek Yuk!

Berikut ini terdapat daftar pembagian wilaya zonasi SMA negeri di Kota Semarang dalam PPDB 2022 berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Ada Bengkel Gratis, Warga Terdampak Rob Semarang Hemat Ratusan Ribu

Posko bengkel service gratis yang berlokasi di sebelah Kelurahan Tanjung Emas, membuat warga tak perlu merogok kocek dalam untuk reparasi kerusakan motor akibat banjir rob.

Raih Medali di SEA Games, 2 Mahasiwa Udinus Dapat Uang Pembinaan

Dua mahasiswa Udinus Semarang, Dinda Putri Lestari, dan Reinaldy Atmanegara, sukses meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

3.600 Karung Pasir Disiapkan untuk Tutup Tanggul Jebol di Semarang

Sebanyak 3.600 karung pasir disiapkan untuk menutup lubang tanggul PT Lamicitra Nusantara, Semarang, yang jebol.

Cek Penanganan Banjir Rob di Semarang, Menteri PUPR Instruksikan Ini

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, meninjau langsung penanganan banjir rob di Kota Semarang yang terjadi sejak Senin (23/5/2022).

Salah Sasaran! Incar Babi Hutan, Pemburu di Banjarnegara Tembak Petani

Seorang pemburu babi hutan di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditangkap polisi setelah salah sasaran atau salah tembak petani pencari rumput.

BRI Buka Suara Soal Kasus Bansos Ditilap ASN di Kecamatan Ngaringan

BRI Cabang Purwodadi, akhirnya buka suara menggenai kasus dana bantuan sosial atau bansos yang diduga ditilap ASN di Kecamatan Ngaringan.