SOLOPOS.COM - Ilustrasi ular kobra. (Reuters)

Solopos.com, KLATEN -- Ular kobra menyerang seorang perempuan asal Dukuh Jitengan, Desa Pogung, Kecamatan Cawas, Klaten, Ika Rismawati, 35, Rabu (18/12/2019) menjelang waktu Isya.

Awalnya Ika mendengar suara anak ayam menciap-ciap dari kandang di belakang rumahnya. Wanita itu menyangka ada anak ayam yang terjepit kandang.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

"Korban mau menolong dan tangannya menggapai anak ayam. Ternyata di sana ada ular hingga jari tangan sisi kanan korban dipatuk," kata Kepala Desa Pogung, Anggit Prasetya Kusuma, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (18/12/2019).

Mendengar kabar Ika dipatuk ular, warga berdatangan ke rumahnnya. Warga mencari keberadaan ular tersebut. Setelah ditemukan ular tersebut dibunuh lantaran khawatir mematuk warga lainnya.

Kecelakaan Karambol di Flyover Palur Karanganyar, 4 Mobil Rusak

Sementara Ika dilarikan ke RSU Islam Cawas guna mendapatkan perawatan. "Setelah dicek ternyata ular tersebut dalam kondisi sudah makan anak ayam," kata Anggit.

Anggit mengatakan Ika sudah disuntik serum antibisa ular dan hingga Rabu malam masih menjalani observasi. "Sudah konsultasi dengan dokter, korban dinyatakan dalam kondisi aman," jelas dia.

Heboh Video Istri Pukuli Suami Penderita Stroke, Polisi Langsung Bertindak

Danramil Cawas, Kapten Cpl. Tridjoko, mewakili Dandim Klaten, Letkol Kav Minarso, mengatakan jenis ular yang mematuk Ika adalah ular kobra. Panjang ular diperkirakan 1,5 meter. "Kami segera berkoordinasi untuk mengeluarkan imbauan ke warga agar meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati terhadap keberadaan ular kobra," jelas dia.

Camat Cawas, Sofyan, membenarkan belakangan ditemukan ular kobra bersarang di dekat permukiman warga khususnya wilayah Cawas. "Imbauan kami tetap waspada dengan tempat-tempat yang ada penumpukan baik kayu, rumput, atau tempat-tempat yang diperkirakan bisa untuk berlindung ular," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya