SOLOPOS.COM - Lee Chong Wei (Dok.)

Solopos.com, SOLO – Salah satu legenda bulu tangkis dunia, hari ini Jumat (21/10/2022), berulang tahun. Dia adalah mantan atlet tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei.

Ucapan ulang tahun untuk Lee Chong Wei datang dari BWF. Melalui akun Twitter mereka, BWF mengunggah video tentang beberapa momen Lee Chong selama kariernya di bulu tangkis.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

“Selamat ulang tahun untuk Lee Chong Wei yang hebat.” Tulis BWf melalui akun @bwfmedia, Jumat (21/10/2022).

Para pencinta bulu tangkis tentu tak asing dengan nama Lee Chong Wei. Mantan pebulu tangkis nomor satu dunia ini memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis setelah didiagnosa mengidap kanker hidung pada pertengahan 2019 lalu.

Tidak mudah bagi Lee Chong Wei membuat keputusan menggantung raket tersebut. “Ini keputusan sangat berat bagi saya karena saya benar-benar mencintai olahraga ini (bulu tagkis),” kata Lee saat mengumumkan pensiun pada 13 Juni 2019.

“Saya tidak punya penyesalan, yang lebih penting adalah kesehatan saya,” ungkapnya.

Saat memutuskan mundur, Lee Chong Wei berada di peringkat 191 dunia untuk tunggal putra. Lee Chong Wei adalah satu-satunya pemain bulu tangkis Malaysia yang memegang peringkat satu selama lebih dari setahun.

Baca Juga: Simak! Jadwal Pertandingan Denmark Open Hari Ini, Ada Apriyani/Siti Fadia

Dikutip dari berbagai sumber, selama berkarier di dunia bulu tangkis profesional Lee Chong Wei mengemas rekor 713 kali menang dan 135 kali kalah. Ia telah meraih 69 gelar selama kariernya.

Peringkat tertinggi Lee Chong Wei adalah nomor 1 dunia pada 29 Juni 2006. Ia aktif sebagai pebulu tangkis profesional pada tahun 2000 hingga 2019 atau dalam kurun 19 tahun.

Baca Juga: Hebat! Kenji, Atlet Asal Sragen Ini Tembus Tahap Kompetisi Audisi PB Djarum

LLee Chong Wei dikenal cukup akrab dengan legenda bulu tangkis asal Indonesia, Taufik Hidayat. Pada masa kejayaan mereka, Lee Chong Wei dan Taufik Hidayat merupakan anggota Fantastic Four tunggal putra dunia bersama Lin Dan (China) serta Peter Gade (Denmark).

Bahkan saking akrabnya, Lee Chong Wei pernah menyebut ingin bertukar gelar dengan Taufik. Lee pernah menjadi juara All England sedangkan Taufik pernah meraih gelar Kejuaraan Dunia.

Profil singkat Lee Chong Wei:
Nama: Lee Chong Wei

Negara: Malaysia

Tanggal lahir: 21 Oktober 1982 (usia 40)

Tempat lahir: Bagan Serai, Perak, Malaysia

Domisili: Kuala Lumpur, Malaysia

Tinggi badan: 172 cm

Berat badan: 68 kg

Aktif sebagai atlet: 2000–2019

Pensiun: 13 Juni 2019

Pegangan raket: Tangan kanan

Spesialis: Tunggal putra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya