SOLOPOS.COM - Ilustraso mudik dengan kereta api. (JIBI/Solopos/Antara/Yustinus Agyl)

Solopos.com, JAKARTA — Program mudik gratis Lebaran 2022 dengan moda transportasi kereta api yang disediakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng disambut antusias warganya yang ada di perantauan, di wilayah Jabodetabek.

Hal ini terlihat pada hari pertama pendaftaran program mudik gratis dengan kereta api di Kantor Penghubung Jateng yang ada di Jakarta, Rabu (20/4/2022). Banyak warga Jateng yang selama ini bekerja di wilayah Jabodetabek datang untuk mendaftar program mudik gratis ini.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Pada Lebaran kali ini, Pemprov Jateng memang menggelar program mudik Lebaran gratis bagi warganya yang merantau di Jabodetabek. Selain menyediakan 118 bus, Pemprov Jateng juga menyelenggarakan mudik Lebaran gratis dengan kereta api.

Mudik lebaran gratis melalui kereta api akan digelar pada Jumat (29/4/2022). Empat gerbong Kereta Api Tawang Jaya dengan kapasitas lebih dari 300 tempat duduk, disiapkan untuk program mudik yang akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen. Pendaftaran mudik gratis kereta api dimulai Rabu ini hingga kuota yang disediakan terpenuhi.

Baca juga: Mudik Gratis Kereta Api dari Kemenhub Tak Sepenuhnya Bebas Biaya

“Senang sekali rasanya, mau pulang ke Banjarnegara ada mudik gratis ini. Program ini bagus ya, bisa membantu kami yang bekerja di Jakarta,” kata Teguh Suroso, dikutip dari laman Internet Pemprov Jateng, Rabu.

Hemat

Senada disampaikan Ruswanti, 50, warga asli Banyumas. Ruswanti begitu senang saat mengetahui ada program mudik gratis dari Pemprov Jateng.

“Senang sekali. Dengan keadaan seperti ini, perekonomian susah, ada bantuan mudik gratis dari Pemerintah Provinsi Jateng. Ya sangat beruntung,” ungkapnya.

Ruswanti mengatakan, untuk biaya mudik lebaran ke Bayumas membutuhkan uang Rp300.000 per orang. Padahal, ia biasa mudik bersama dua anaknya.

“Jadi sekali jalan bisa habis Rp900.000. Itu untuk tiketnya saja. Sekarang ada mudik gratis ini, uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya,” ucapnya tertawa.

Baca juga: Bus Mudik Gratis Klaten Terbanyak Kedua di Jateng, Nomor Satunya Mana?

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Provinsi Jateng, Emy Dyah Margiarekta, mengatakan masyarakat Jateng di Jabodetabek begitu antusias terhadap mudik gratis ini. Mereka bahkan sudah mendaftar jauh-jauh hari untuk bisa ikut program itu.

“Mangga yang belum mendaftar segera mendaftar. Bisa datang ke Kantor Badan Penghubung Jateng atau menghubungi nomor WA di 081318712523,” kata Emy.

Dia menerangkan, untuk pendaftaran mudik gratis via kereta api sudah dibuka pada Rabu. Sementara untuk mudik gratis menggunakan bus, pendaftaran sudah dibuka sejak 13 April lalu.

“Silakan mendaftar, dengan syarat KTP Jawa Tengah atau lahir di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Mudik Lebaran gratis ke Jateng dengan menggunakan bus akan digelar pada 28 April 2022. Pemudik rencananya akan dilepas langsung Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII. Sementara mudik gratis via kereta api akan diberangkatkan sehari setelahnya, yakni 29 April 2022 melalui Stasiun Pasar Senen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya