SOLOPOS.COM - Museum Radyapustaka Solo (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO — Museum Radyapustaka yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah, dicatat sebagai museum tertua di Indonesia, yang sejarahnya ada di bawah ini.

Bersumber dari situs resmi Visit Jawa Tengah, museum yang lokasinya berada di pusat kota Solo, yakni Jl Slamet Riyadi ini dibangun pada era pemerintahan Paku Buwono (PB) IX oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Museum ini didirikan pada 18 Oktober 1890 atau 132 tahun yang lalu. Pada awalnya, museum ini terletak di Dalem Kepatihan dan baru dipindah ke Gedung Museum Radyapustakan, Jl Slamet Riyadi 1913 pada 1 Januari 1913.

Mengutip cerita sejarah Museum Radyapustaka di situs resmi UPT Museum Solo, museum tertua di Indonesia awalnya bernama Paheman Radyapustaka. Radya berarti negara dan pustaka memiliki makna buku-buku.

Baca Juga: Pipis di Tempat Keramat Gunung Lawu, Tubuh Pendaki Ini Kaku Bak Mayat

Awal mulanya Museum Radyapustakan merupakan perkumpulan para pujangga/sastrawan di Solo hingga kemudian berkembang seperti saat ini.

Ketua Komite Museum Radyapustaka Solo Purnomo Subagyo mengamati miniatur kapal Rajamala Museum Radya Pustaka (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)
Ketua Komite Museum Radyapustaka Solo Purnomo Subagyo mengamati miniatur kapal Rajamala Museum Radya Pustaka (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Sebagai informasi, terdapat banyak koleksi yang bisa ditemukan di museum ini, meliputi arca, pusaka adat, wayang kulit, hingga buku-buku kuno.

Dikutip dari laman resmi Badan Otorita Borobudur, Museum Radyapustaka yang merupakan museum tertua di Indonesia ini juga memiliki banyak peninggalan lainnya yang bersifat skala nasional dan internasional. Beberapa contohnya, peninggalan tentang pergerakan dan perjuangan bagi para pemuda tanah Jawa untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Suami Via Vallen Ternyata Bukan Hanya dari Vokalis Band

Sedangkan untuk peninggalan internasional lainnya. yang sampai hari ini masih terjaga dengan istimewa adalah koleksi kotak musik yang terbuat dari negara Prancis, dengan berhiaskan bunga yang menancap di antara burung-burung kecil.

Bangunan museum tertua di Indonesia ini juga terbilang cukup unik karena banyak sekali meriam yang berbentuk roda. Meriam ini dapat ditemukan di sermabi bangunan museum. Konon katanya, meriam tersebut merupakan peninggalan di masa VOC.

Baca Juga: Kota Terkecil di Jawa Timur Ternyata Hanya Punya 3 Kecamatan

Tak hanya itu saja, di sini ada meriam-meriam kecil yang merupakan milik Keraton Kartasura serta arca-arca berbentuk Hinddu dan Buddha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya