Barack Hussein Obama II. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat (AS), Barack Hussein Obama II menang dengan perolehan suara 52,95%, 4 November 2008. Obama merupakan orang berkulit hitam pertama yang menjabat sebagai presiden AS.

Peristiwa itu merupakan salah satu peristiwa bersejarah pada 4 November. Selain itu, masih banyak peristiwa bersejarah pada 4 November yang terangkum dalam Sejarah Hari Ini, 4 November, yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

1576
Pasukan Spanyol berhasil merebut Kota Antwerp dari pasukan Belanda setelah melakukan pengepungan selama berhari-hari. Akibat pengepungan di masa Perang Delapan Puluh Tahun itu, hampir semua bangunan di Kota Antwerp rusak parah.

Panorama pantai di Pulau Corfu. (Wikimedia.org)
Panorama pantai di Pulau Corfu. (Wikimedia.org)

1798
Pasukan Kekaisaran Rusia bersama pasukan Kesultanan Ottoman mulai mengepung Pulau Corfu demi merebutnya dari Prancis. Pasukan Kekaisaran Rusia dan Kesultanan Ottoman akhirnya berhasil merebut pulau tersebut setelah melakukan pengepungan hingga 3 Maret 1799. Namun mulai 1864 hingga kini, Pulau Corfu menjadi wilayah kekuasaan Yunani.

1912
Pasukan Bulgaria menyerang pasukan pertahanan Kesultanan Ottoman di Catalca, Konstantinopel. Serangan itu memicu pertempuran yang berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Kesultanan Ottoman. Pasukan Bulgaria yang kehilangan lebih dari 3.000 tentaranya terpaksa mundur dari Konstantinopel.

1918
Italia dan Austria Hungaria menandatangani Perjanjian Gencatan Senjata Villa Giusti di Villa Giusti, Italia. Perjanjian yang ditandatangani di masa Perang Dunia I itu mengakhiri peperangan dua negara tersebut.

1944
Pasukan Pembebasan Makedonia berhasil membebaskan Kota Bitola di Makedonia dari cengkerman Jerman. Sebelumnya, Bitola telah dikuasai Jerman sejak 1941. Kini, setiap 4 November, orang-orang di Bitola merayakan hari pembebasan tersebut.

1956
Pasukan Uni Soviet memasuki wilayah Hungaria dan membawa tank untuk meredam para demonstran yang menuntut pembubaran pemerintah komunis Hungaria yang didukung Uni Soviet. Tank-tank itu pun digunakan untuk menembaki para demonstran dan mengakibatkan ribuan orang terbunuh. Aksi protes itu akhirnya benar-benar berhenti enam hari kemudian.

Luis Filipe Madeira Caeiro Figo. (Reuters)
Luis Filipe Madeira Caeiro Figo. (Reuters)

1972
Luis Filipe Madeira Caeiro Figo lahir di Almada, Portugal. Namanya lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berposisi sebagai penyerang. Figo pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Barcelona, Real Madrid, dan Inter Milan.

2008
Dalam pemilihan presiden di Amerika Serikat (AS), Barack Hussein Obama II menang dengan perolehan suara 52,95%. Obama lantas secara resmi dilantik sebagai presiden AS pada 20 Januari 2009. Obama merupakan orang berkulit hitam pertama yang menjabat sebagai presiden AS.

2010
Pesawat ATR-72-212 milik maskapai penerbangan Aero Caribbean yang terbang dari Port-au-Prince, Haiti dan hendak menuju Santiago de Cuba, Kuba jatuh di Guasimal, Sancti Spíritus, Kuba. Akibatnya, 61 penumpang dan 7 awak pesawat yang berada di pesawat tewas. Pihak berwenang menyatakan kecelakaan itu disebabkan cuaca buruk dan kesalahan awak pesawat.

2015
Bangunan pusat perbelanjaan di Lahore, Pakistan runtuh dan mengakuibatkan 45 orang tewas, sekitar 150 orang hilang, dan lebih dari 100 orang luka-luka. Runtuhnya bangunan itu diduga karena buruknya konstruksi bangunan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten