SOLOPOS.COM - Benteng Victoria, lokasi pertempuran antara APRIS dan RMS, 3 November 1950. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Pada 3 November 1950, Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) dengan pasukan Republik Maluku Selatan (RMS) untuk merebut Kota Ambon.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-307—hari ke-308 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kelender Gregorian, 3 November. Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 3 November yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini, 3 November:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1468
Wilayah Keuskupan Liege dibumihanguskan pasukan Burgundy pimpinan Charles I karena dianggap menentang peraturan yang diterapkan pihak Burgundy. Kini, Liege menjadi wilayah yang masuk dalam kekuasaan Belgia.

1812
Pasukan Rusia yang berjumlah 26.000 tentara bertempur melawan pasukan Prancis dengan jumlah 37.000 tentara di Vyazma, Rusia. Pertempuran yang dipicu upaya Rusia mengusir tentara Prancis dari Vyazma itu berakhir dengan kemenangan Rusia. Pasukan Prancis kehilangan sekitar 4.000 tentaranya yang tewas, sedangkan jumlah tentara Rusia yang tewas hanya sekitar 1.800.

1918
Sekitar 40.000 pelaut menduduki pelabuhan di Kiel, Jerman dan memicu Revolusi Jerman untuk menggulingkan Kekaisaran Jerman. Revolusi tersebut lantas berlangsung hingga 11 Agustus 1919 dan berakhir dengan runtuhnya Kekaisaran Jerman yang digantikan dengan Republik Weimar.

1935
Georgios II kembali naik takhta menjadi raja Yunani setelah sempat digulingkan dan mengasingkan diri ke Rumania sejak 1924. Sebelumnya, ia yang sudah memangku takhta sejak 27 September 1922 hingga digulingkan pada 25 Maret 1924 dan Kerajaan Yunani digantikan dengan Republik Hellenik Kedua. Setelah kembali berhasil menjadi Raja Yunani, Georgios II memimpin negara tersebut hingga akhir hayatnya pada 1 April 1947.

Gerhard Muller. (Thefamouspeople.com)
Gerhard Muller. (Thefamouspeople.com)

1945
Gerhard Muller lahir di Nordlingen, Jerman. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang berposisi sebagai striker. Muller hingga kini masih tercatat sebagai salah satu striker terproduktif di Liga Jerman sepanjang masa. Bersama Bayern Munchen, Muller telah mencetak 398 gol dari 453 penampilannya di Liga Jerman. Muller pensiun dari dunia sepak bola 1981 silam.

1950
Pertempuran antara Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat (APRIS) dengan pasukan Republik Maluku Selatan (RMS) meletus di dekat Benteng Victoria, Ambon. Dalam pertempuran tersebut, pimpinan pasukan APRIS Letnan Kolonel Slamet Riyadi gugur namun pasukannya berhasil merebut Benteng Victoria sekaligus seluruh Kota Ambon dari pasukan RMS.

1954
Film Gojira dirilis di Jepang dengan tokoh utama berupa monster fiksi bernama Godzilla atau Gojira. Monster tersebut lantas digunakan sebagai tokoh utama di beberapa film Godzilla versi bahasa Inggris.

1957
Seekor anjing untuk kali pertama diluncurkan ke orbit bumi. Anjing itu dikirm ke orbit bumi menggunakan Sputnik 2, pesawat ruang angkasa milik Rusia. Anjing yang diluncurkan itu menjadi hewan hidup pertama yang memasuki orbit Bumi.

1967
Pertempuran antara pasukan Vietnam Selatan dan Vietnam Utara meletus di Dak To, Kon Tum, Vietnam. Salah satu pertempuran di masa Perang Vietnam itu menimbulkan kerugian cukup besar bagi kubu Vietnam Utara yang kehilangan lebih dari 1.000 tentaranya, sedangkan Vietnam Selatan hanya kehilangan sekitar 500 tentaranya.

Terwongan Salang. (Wikimedia.org)
Terwongan Salang. (Wikimedia.org)

1982
Terwongan Salang yang menghubungkan Afganistan bagian utara dan Afganistan bagian selatan di Pegunungan Hindu Kush terbakar. Kerbakaran yang terjadi di terowongan padat lalu lintas itu menewaskan sekitar 2.000 orang. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut, namun beberapa pihak menduga sebab kebakaran itu berkaitan dengan pasukan Uni Soviet yang menuju Aganistan bagian selatan melalui terowongan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya