Sejarah Hari Ini: 27 Januari 2011 Revolusi di Yaman Pecah

Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 27 Januari.

 Protes antipemerintah di Sana'a, Yaman, 3 Februari 2011. (Wikimedia.org)

SOLOPOS.COM - Protes antipemerintah di Sana'a, Yaman, 3 Februari 2011. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Revolusi Yaman pecah saat lebih dari 16.000 orang demonstran turun ke jalan di Sana’a, Yaman. Revolusi berlangsung sejak 27 Januari 2011 – 27 Februari 2012 dan berakhir dengan tergulingnya pemerintahan yang dipimpin Ali Abdullah Saleh.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-27 sesuai sistem Kelender Gregorian, 27 Januari.

PromosiSejarah Kecil Kekerasan Militer Belanda pada Era Perang Kemerdekaan

Berikut sejumlah peristiwa bersejarah pada 27 Januari yang dihimpun Solopos.com dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, dalam Sejarah Hari Ini:

1695

Mustafa II naik takhta sebagai sultan di Kesultanan Ottoman setelah sultan sebelumnya, Ahmed II, meninggal dunia. Mustafa II kemudian berkuasa hingga 1703 setelah secara sukarela turun takhta demi kepentingan saudaranya, Ahmed III, yang berambisi ingin menjadi penguasa di Ottoman.

1880

Thomas Alva Edison menerima hak paten untuk lampu pijar listrik pada 27 Januari. Dia berhasil menemukan lampu pijar listrik pada 1879. Kemudian pada 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York.

Yayasan National Geographic didirkan pada 27 Januari 1888

National Geographic sedang melakukan eksplorasi di laut Antartika. (Wikimedia.org)

1888

Yayasan National Geographic didirikan di Amerika Serikat pada tanggal 27 Januari oleh 33 orang yang tertarik meningkatkan pengetahuan geografi mereka. Gardiner Greene Hubbard menjadi presiden pertama dan kemudian digantikan oleh menantunya, Alexander Graham Bell. Yayasan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan umum tentang geografi dunia dan pada akhirnya mensponsori penerbitan majalah bulanan National Geographic.

Baca juga: Ibu Kota Baru Negara Ini Dijuluki Kota Hantu, Kok Bisa?

1939

Penerbangan perdana pesawat tempur Lockheed P-38 Lightning pada 27 Januari. P38 adalah pesawat tempur pengintai (reconnaissance aircraft) Perang Dunia II Amerika dibangun oleh Lockheed. Dikembangkan dengan persyaratan Amerika Serikat Army Air Corps, P-38 memiliki booming kembar khas dan satu, nacelle sentral yang berisi kokpit dan persenjataan.

1943

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) menyerang kawasan pembuatan kapal di Wilhelmshaven, Jerman menggunakan pesawat B-17 dan B-24. Serangan itu merupakann yang pertama dilakukan AS di wilayah Jerman semasa Perang Dunia II.

Diorama pengepungan Leningrad. (Wikimedia.org)
Diorama pengepungan Leningrad. (Wikimedia.org)

1944

Pengepungan Kota Leningrad di Uni Soviet yabng dilancarkan Jerman berkahir pada 27 Januari. Aksi pengepungan berlangsung selama 900 hari dan berakhir dengan mundurnya Jerman dari Leningrad. Kemudian pengepungan itu disebut-sebut sebagai pengepungan terbesar dan paling berdarah sepanjang sejarah lantaran menewaskan lebih dari 1 juta orang.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: 26 Januari 1564 Kemenangan Lithuania Atas Rusia

1945

Pasukan Uni Soviet tiba di Auschwitz-Birkenau, Polandia dan menemukan penampungan tawanan milik Jerman. Pasukan Uni Soviet kemudian membebaskan para tawanan. Penampungan Auschwitz-Birkenau diklaim sebagai penampungan dengan jumlah korban tewas terbanyak. Sebanyak 1,1 juta hingga 1,5 juta orang diperkirakan dieksekusi mati di penampungan itu.

1971

Ricky Ahmad Subagja lahir di Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada 27 Januari 1971. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain bulu tangkis yang berhasil meraih sejumlah prestasi. Selama berkarier sebagai pemain bulu tangkis, Ricky tercatat pernah meraih medali emas Olimpiade 1996, medali emas Asian Games 1994 dan 1998, Juara Dunia 1995, serta Juara All England 1995 dan 1996.

1973

Vietnam Utara, Vietnam Selatan, dan Amerika Serikat (AS) menandatangani Persetujuan Damai Paris di Paris, Prancis, untuik mengakhiri Perang Vietnam. Perjanjian itu memuat perdamaian Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, gencatan senjata, penyatuan Vietnam secara damai, serta penarikan pasukan AS dari Vietnam. Meski demikian, perang masih terus berlanjut sampai benar-benar berkakhir pada 30 April 1975.

1976

Maia Estianty lahir di Surabaya, Jawa Timur, 27 Januari 1976. Maia adalah seorang musisi dan pengusaha berkebangsaan Indonesia. Dari mantan suaminya, Ahmad Dhani, Maia dikaruniai tiga orang anak laki-laki. Yakni Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jallaludin Rumi, dan Abdul Qodir Jaelani.

1996

Untuk kali pertama, Hari Peringatan Holokaus Internasional diperingati di Jerman. Hari itu diperingati untuk mengenang genosida oleh Nazi Jerman yang diklaim telah menewaskan enam juta Yahudi, dua juta gipsi, dan 15.000 kaum homoseksual. Hari tersebut diperingati pada 27 Januari lantaran pada 27 Januari 1945, penampungan tawanan terbesar milik Nazi di Auschwitz-Birkenau, Polandia berhasil dibebaskan tentara Uni Soviet.

Baca juga: Serangan Udara terhadap Rutan di Yaman Renggut 90 Nyawa

2002

Gudang senjata di kawasan Lagos, Nigeria meledak dan memicu kebakaran besar pada 27 Januari. Ledakan itu disebabkan seorang yang tak sengaja menginjak plastik berisi bahan peledak. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 1.000 orang.

2008

Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, meninggal dunia pada usia 86 tahun dan dimakamkan di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng). H.M. Soeharto merupakan presiden Indonesia dengan masa jabataan paling lama, yakni dari hampir 32 tahun, dari 12 Maret 1967 hingga 1998.

2011

Revolusi Yaman pecah saat lebih dari 16.000 orang demonstran turun ke jalan di Sana’a, Yaman. Revolusi itu berlangsung hingga 27 Februari 2012 dan berakhir dengan tergulingnya pemerintahan yang dipimpin Ali Abdullah Saleh.

Bom Katedral Filipina
Sebuah bom meledak di Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel di Jolo, Sulu, Filipina. (Wikipedia.org)

2019

Sebuah bom meledak di Katedral Bunda Maria dari Gunung Karmel di Jolo, Sulu, Filipina. Tragedi ini terjadi pada hari Minggu pagi, 27 Januari 2019. Ledakan ini menewaskan sedikitnya 27 orang dan 77 orang terluka.

2021

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi 7 gempa di 7 wilayah berbeda yang terjadi sejak pukul 04.00 WIB hingga 20.00 WIB. Gempa terjadi di Pesisir Barat Lampung, Pacitan, Kupang, Gorontalo, Morowali, Pesisir barat, Lampung, Pesisir barat, Lampung dan Mamberamo, Papua.

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

20 Mei Hari Kebangkitan Nasional, Mengapa Tidak Tanggal Merah?

Berdasarkan Kepres No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) bukan tanggal merah atau hari libur nasional

Selamat Harkitnas! Begini Sejarah 20 Mei Jadi Hari Kebangkitan Nasional

20 Mei sebenarnya merupakan hari lahirnya sebuah organisasai bernama Boedi Oetomo atau Budi Utomo pada 20 Mei 1908 atau 37 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Media Jangan Telan Mentah-Mentah Hasil Survei

Pengamat politik Rocky Gerung mengkritik media yang menelan mentah-mentah hasil survei termasuk tingkat kepuasan terhadap Presiden Jokowi.

Sejarah Hari Ini: 20 Mei 1908 Berdirinya Budi Utomo Sebagai Harkitnas

Beragam peristiwa bersejarah di berbagai belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 20 Mei.

2 Survei Kepuasan Jokowi Jauh Beda, Rocky: Surveyor Sedang Cari Remah

Rocky Gerung menyoroti dua hasil survei terhadap tingkat kepuasan Presiden Jokowi yang saling bertolak belakang padahal dirilis hampir bersamaan.

Kenaikan TDL Pelanggan 3.000 VA Berpotensi Tambah Beban Industri

Rencana pemerintah menaikkan tarif dasar listrik abagi pelanggan 3.000 volt ampere (VA) disesalkan pelaku industri yang tengah berjuang untuk bangkit setelah dihajar pandemi Covid-19.

Kompolnas: Briptu Tajir HSB Lakukan Kejahatan Korporasi

Albertus Wahyurudhanto mengatakan kasus penambangan emas ilegal, baju bekas, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat oknum Polri Briptu HSB merupakan kejahatan korporasi.

Akun Medsos Pejabat Singapura Diserbu Pendukung UAS

Hal itu merupakan buntut dari deportasi yang dilakukan Singapura terhadap UAS pada Senin (16/5/2022) lalu.

Fahri Hamzah: Pejabat Singapura Idap Islamphobia

Fahri Hamzah menilai pejabat Singapura mengidap  islamophobia lantaran menolak Ustaz Abdul Somad (UAS) masuk ke negara tersebut, beberapa hari lalu.

Kejagung Segera Tangkap Semua Tersangka Mafia Minyak Goreng

Febrie menyebutkan tersangka Lin Che Wei sempat membagikan uang hasil kejahatan mafia minyak goreng ke sejumlah pihak.

Dicap Halu, Yusuf Mansur: Saya Sedang Mengajari Bangsa Ini Bermimpi

Yusuf Mansur mengatakan, dirinya sedang mengajari bangsa Indonesia bermimpi agar mencapai taraf kehidupan yang lebih baik. 

Tampil di Youtube Anak, Yusuf Mansur Sebut Dirinya Asal Ngomong

Yusuf Mansur mengaku dirinya bukan orang yang pandai, karenanya ia tidak banyak berpikir tapi banyak bertindak.

Menteri Muhadjir Sarankan UAS Jaga Lisan Agar Tak Diusir Singapura

Muhadjir Effendy menyarankan UAS untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti hati orang lain.

Terduga Pembunuh Perempuan Muda di Kebumen Ternyata Sang Kekasih

R diketahui tinggal di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, yang tidak lain merupakan kekasih korban.

Polisi Pengedar Narkoba Coba Bunuh Diri di Sel

Kepala Badan Nasional Narkotika Provinsi Kalimantan Barat, Budi Wibowo, membenarkan informasi adanya polisi yang mencoba bunuh diri.